MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETRAMPILAN,DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXUAL TEACHER LEARNING (CTL) KOMPETENSI DASAR MELAKSANAKAN HAK ANAK DI RUMAH DAN DI SEKOLAH KELAS 1 SEMESTER DUA SD NEGERI WINDUAJI 02 KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES
Abstrak
ABSTRAK
Dari hasil penelitian yang berjudul. Meningkatkan aktivitas, ketrampilan,dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran contexual teacher learning (CTL) kompetensi dasar melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah Kelas 1 semester dua sd negeri winduaji 02 Kecamatan paguyangan kabupaten brebes didapatkan hasil sebagai berikut Pendekataan Cotextual Teacher Learning (CTL) dengan mengguakan Metode Role Playing yang menarik dapat meningkatkan aktivitas, prestasi, dan ketrampilan siswa dengan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan bukti nilai rata-rata Pra Siklus 59.60, Siklus I 69,40 dan Siklus II 72,40. Penggunaan media gambar yang menarik dapat meningkatkan aktivitas, prestasi, dan ketrampilan siswa dengan aktif dalam belajar dengan bukti aktivitas dalam rentang nilai 0-110 pada Pra Siklus 53, Siklus I 84 dan Siklus II 106. Bermain dalam kelompok yang melibatan siswa secara langsung dapat meningkatkan aktivitas, prestasi, dan ketrampilan siswa dengan aktif dalam rentang nilai 0-40 Pra Siklus 17, Siklus I 31 dan Siklus II 39.
Kata kunci: kontektual learning .role playing, Winduaji.
IMPROVE STUDENT ACTIVITIES, SKILLS, AND LEARNING OUTCOMES THROUGH CONTEXUAL TEACHER LEARNING (CTL) BASIC COMPETENCIES IMPLEMENTING CHILDREN'S RIGHTS AT HOME AND
AT SCHOOL
CLASS 1 SEMESTER TWO SD STATE WINDUAJI 02
PAGUYANGAN SUB-DISTRICT, BREBES REGENCY
ABSTRACT
From the results of research entitled. Improving students' activities, skills and learning outcomes through contextual teacher learning (CTL) basic competencies in implementing children's rights at home and at school Class 1 second semester of SD Negeri Winduaji 02 Paguyangan District, Brebes Regency, obtained the following results. Cotextual Teacher Learning (CTL) Approach by using an interesting Role Play Method, it can increase students' activities, achievements and skills by actively participating in learning activities with evidence of an average score for Pre Cycle 59.60, Cycle I 69.40 and Cycle II 72.40. The use of attractive image media can increase students' activity, achievement and skills in actively learning with evidence of activity in the value range 0-110 in Pre-Cycle 53, Cycle I 84 and Cycle II 106. Playing in groups that involve students directly can improve active student activities, achievements and skills in the value range 0-40 Pre Cycle 17, Cycle I 31 and Cycle II 39.
Keywords: contextual learning .role playing, Winduaji.
Referensi
B. Uno, Hamzah. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi. Aksara.
Dahlan, M.D. 1990. Model-Model Mengajar. Bandung: Diponegoro.
Darmawan, Wawan. 2013. Penerapan Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP/MTS Kelas VII Pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Jakarta: UIN Jakarta
Darsono, Max. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22, 23, 24, tahun 2006. Jakarta.
Dinn Wahyudin, Supriadi, Ishak Abduhak. 2006. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hambali, Julius, dkk. 1996. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hasibuan, ‘Hasibuan, M. I. (2015). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 2(01).’, Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 2.01 (2015)
Heryanto, N. & A. Hamid. (2004). Statistik Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
I.G.A.K Wardani, Kuswaya Wihardi, Noehi Nasution. 2006. Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
I.G.A.K Wardani, Siti Julaeha, Ngadi Warsinah. 2007. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Kamus Pusat Bahasa offline, ver 1,1
Lestari dkk. 2007. Materi Pokok Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas terbuka
M. Khafid Suyati. 2004. Matematika 1 SD. Jakarta: Erlangga.
Moejiono, Moh. Dimyati. 1991/1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Muhibin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyani Sumantri, Johan Permana. 1998/1999. Strategi Belajar Mengajar. Semarang: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru SD.
Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam. KBK. Malang: Universitas Negeri Malang
Supriadi. 1998. Mengangkat Citra Dan Martabat Guru, Yogyakarta: Adicita.
Tim Bina Karya Guru. 2007. Terampil Berhitung Matematika 1 SD. Jakarta: Erlangga.
Udin, S. Winataputra. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Universitas Terbuka.
Winataputra, Udin S., dkk. (2007). Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.