MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETRAMPILAN,DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXUAL TEACHER LEARNING (CTL) KOMPETENSI DASAR MELAKSANAKAN HAK ANAK DI RUMAH DAN DI SEKOLAH KELAS 1 SEMESTER DUA SD NEGERI WINDUAJI 02 KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES

Penulis

  • Dian Widiastuti

Abstrak

 

ABSTRAK

Dari hasil penelitian yang berjudul. Meningkatkan aktivitas, ketrampilan,dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran contexual teacher learning (CTL) kompetensi dasar melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah Kelas 1 semester dua sd negeri winduaji 02 Kecamatan paguyangan kabupaten brebes didapatkan hasil sebagai berikut Pendekataan  Cotextual Teacher Learning (CTL)  dengan mengguakan Metode Role Playing yang menarik dapat meningkatkan aktivitas, prestasi, dan ketrampilan siswa dengan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan bukti nilai rata-rata Pra Siklus 59.60, Siklus I 69,40 dan Siklus II 72,40. Penggunaan media gambar yang menarik  dapat meningkatkan aktivitas, prestasi, dan ketrampilan siswa dengan aktif  dalam belajar dengan bukti aktivitas dalam rentang nilai 0-110 pada Pra Siklus 53, Siklus I 84 dan Siklus II 106. Bermain dalam kelompok yang melibatan siswa secara langsung dapat meningkatkan aktivitas, prestasi, dan ketrampilan siswa dengan aktif dalam rentang nilai 0-40 Pra Siklus 17, Siklus I 31 dan Siklus II 39.

Kata kunci: kontektual learning  .role playing, Winduaji.

 

IMPROVE STUDENT ACTIVITIES, SKILLS, AND LEARNING OUTCOMES THROUGH CONTEXUAL TEACHER LEARNING (CTL) BASIC COMPETENCIES IMPLEMENTING CHILDREN'S RIGHTS AT HOME AND

AT SCHOOL

CLASS 1 SEMESTER TWO SD STATE WINDUAJI 02

PAGUYANGAN SUB-DISTRICT, BREBES REGENCY

 

ABSTRACT

From the results of research entitled. Improving students' activities, skills and learning outcomes through contextual teacher learning (CTL) basic competencies in implementing children's rights at home and at school Class 1 second semester of SD Negeri Winduaji 02 Paguyangan District, Brebes Regency, obtained the following results. Cotextual Teacher Learning (CTL) Approach by using an interesting Role Play Method, it can increase students' activities, achievements and skills by actively participating in learning activities with evidence of an average score for Pre Cycle 59.60, Cycle I 69.40 and Cycle II 72.40. The use of attractive image media can increase students' activity, achievement and skills in actively learning with evidence of activity in the value range 0-110 in Pre-Cycle 53, Cycle I 84 and Cycle II 106. Playing in groups that involve students directly can improve active student activities, achievements and skills in the value range 0-40 Pre Cycle 17, Cycle I 31 and Cycle II 39.

Keywords: contextual learning .role playing, Winduaji.

 

Referensi

B. Uno, Hamzah. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi. Aksara.

Dahlan, M.D. 1990. Model-Model Mengajar. Bandung: Diponegoro.

Darmawan, Wawan. 2013. Penerapan Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP/MTS Kelas VII Pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Jakarta: UIN Jakarta

Darsono, Max. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22, 23, 24, tahun 2006. Jakarta.

Dinn Wahyudin, Supriadi, Ishak Abduhak. 2006. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hambali, Julius, dkk. 1996. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hasibuan, ‘Hasibuan, M. I. (2015). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 2(01).’, Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 2.01 (2015)

Heryanto, N. & A. Hamid. (2004). Statistik Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

I.G.A.K Wardani, Kuswaya Wihardi, Noehi Nasution. 2006. Penelitian Tindakan

Kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

I.G.A.K Wardani, Siti Julaeha, Ngadi Warsinah. 2007. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Kamus Pusat Bahasa offline, ver 1,1

Lestari dkk. 2007. Materi Pokok Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas terbuka

M. Khafid Suyati. 2004. Matematika 1 SD. Jakarta: Erlangga.

Moejiono, Moh. Dimyati. 1991/1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Muhibin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyani Sumantri, Johan Permana. 1998/1999. Strategi Belajar Mengajar. Semarang: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru SD.

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam. KBK. Malang: Universitas Negeri Malang

Supriadi. 1998. Mengangkat Citra Dan Martabat Guru, Yogyakarta: Adicita.

Tim Bina Karya Guru. 2007. Terampil Berhitung Matematika 1 SD. Jakarta: Erlangga.

Udin, S. Winataputra. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Universitas Terbuka.

Winataputra, Udin S., dkk. (2007). Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles