HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SD NEGERI LUWUNGGEDE 01 KECAMATAN TANJUNG
Abstrak
ABSTRAK
Penulis mengadakan Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa melalui studi awal pada mata pelajaran Matematika materi konsep bilangan di kelas IV SD Negeri Luwunggede 01 dengan hasil nilai prestasi belajar siswa kurang optimal, yaitu tingkat ketuntasan belajar hanya mencapai 22,7% atau 5 siswa saja yang tuntas dari jumlah 22 siswa dengan nilai rata-rata 55,9 dari KKM 70 yang ditetapkan penulis. Permasalahan dalam Penelitian ini adalah bagaimana menggunakan kartu bilangan pada pembelajaran matematika dengan materi konsep bilangan. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil Penelitian pada siklus I siswa yang belum tuntas belajar 7 siswa atau 31,8% dan yang telah tuntas belajar 15 siswa atau 68,2%, dengan nilai rata-rata kelas 67,3 Hasil Penelitian pada siklus II siswa yang belum tuntas belajar tinggal 2 siswa atau 9 % dan yang telah tuntas belajar 20 siswa atau 80,5%, dengan nilai rata- rata kelas 80,5. Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa aktifitas yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran yang di upayakan dengan baik ternyata menghasilkan prestasi belajar yang baik pula. Terbukti dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan prestasi belajar yang signifikan. Berarti Pembelajaran dengan menggunakan kartu bilangan yang dilengkapi metode bervariasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa,khususnya di kelas IV SD Negeri Dukuhturi 07 pada mata pelajaran matematika dengan materi konsep bilangan.
Kata kunci: Matematika, kartu bilangan, PTK, prestasi, meningkat.
RESULTS OF IMPROVING GRADE IV MATHEMATICS LEARNING THROUGH CLASSROOM ACTION RESEARCH AT SD NEGERI LUWUNGGEDE 01 TANJUNG DISTRICT
ABSTRACT
The author conducted this research against the background of low student learning achievement through an initial study of mathematics subjects on number concept material in class IV SD Negeri Luwunggede 01 with the results of less than optimal student learning achievement scores, namely the level of learning completeness only reached 22.7% or 5 students who completed out of 22 students with an average score of 55.9 from the KKM 70 set by the author. The problem in this study is how to use number cards in learning math with number concept material. This research was carried out with two cycles, each cycle consisting of two meetings and four stages, namely planning, action, observation and reflection. Research results in cycle I students who have not completed learning 7 students or 31.8% and who have completed learning 15 students or 68.2%, with an average class score of 67.3 Research results in cycle II students who have not completed learning are only 2 students or 9% and who have completed learning 20 students or 80.5%, with an average class score of 80.5. From the explanation above, it can be concluded that the activities carried out by the teacher in learning that are well attempted turn out to produce good learning achievements as well. Evidently from cycle I and cycle II there was a significant increase in learning achievement. This means that learning by using number cards equipped with varied methods can improve student learning achievement, especially in class IV SD Negeri Dukuhturi 07 in mathematics subjects with number concept material.
Keywords: Mathematics, number cards, PTK, achievement, increase.
Referensi
Sugiarto, Drs, 2008, Materi Bintek MatematikaGuru SD Tingkat Propinsi Jawa Tengah, Semarang, LPMP
Tim karya Guru, 2007. Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas V Jakarta: Erlangga
Johnson B, Elaine. 2006.Contextual Teaching and Learning. MLC California
Trianto. 2009. Mendesain Metode Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, landasan dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana
Aris, Shoimin.2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Arikunto, Suharsimi. 2012.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Faizah M. Nur , 2014. PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN DI KELAS IV SD NEGERI 2 MUARA. JUPENDAS, Vol. 1, No. 2, September 2014. https://media.neliti.com/media/publications/71198-ID-none.pdf
Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat,. Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian (1st ed.). Bandung: CV. Wacana Prima
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.