PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA DIORAMA PADA MATERI RANTAI MAKANAN

Penulis

  • Trian Raziman

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar pada materi rantai makanan melalui penerapan model PiBL dengan media diorama. Media diorama penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi rantai makanan. Dengan menggunakan media diorama pembelajaran menjadi lebih interaktif, menyenangkan, dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan berbagai keterampilan.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dibagi ke dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Partisipan pada penelitian ini ialah 18 siswa kelas V di SD Negeri Cipaku Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya. Peneliti juga menjadikan guru selaku partisipan yang mendukung dan mempraktikkan tindakan penelitian dalam memperoleh data tambahan. Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca di setiap siklus. Peningkatan hasil yang signifikan dari pra siklus 56,18 siklus I mencapai rata-rata 66,94 sampai siklus II dengan rata-rata 81,06 Berdasarkan hasil temuan penelitian, maka peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model PjBL dengan media diorama mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi rantai makanan.

Kata kunci: PjBL, Media Diorama, Hasil belajar.

 

IMPROVING STUDENT LEARNING OUTCOMES THROUGH THE APPLICATION OF DIORAMA MEDIA ON FOOD CHAIN MATERIAL

 

ABSTRACT

This research aims to enhance the learning outcomes of fifth-grade elementary school students on the topic of food chains through the application of Project-Based Learning (PjBL) model using diorama as a media. Diorama media is crucial in improving students' learning outcomes on the food chain topic. By utilizing diorama media, the learning process becomes more interactive, enjoyable, and provides opportunities for students to develop various skills. This study employs a classroom action research divided into two cycles, with each cycle consisting of one meeting and four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The participants in this research are 18 fifth-grade students at SD Negeri Cipaku, Bojongasih Subdistrict, Tasikmalaya Regency. The teacher also serves as a participant, supporting and implementing the research actions to gather additional data. The research findings indicate an improvement in reading skills in each cycle. A significant increase in results is observed from the pre-cycle (56.18) to cycle I with an average of 66.94, reaching cycle II with an average of 81.06. Based on the research findings, the researcher concludes that the implementation of the PjBL model using diorama as a media is capable of enhancing students' learning outcomes on the food chain topic.

Keywords: PjBL, Diorama Media, Learning outcomes.

 

Referensi

Cahyadi, Anita. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SDN 2 Talesan dengan Penerapan Model Pembelajaran PJBL Melalui Media Diodrama. Jurnal JARLITBANG Pendidikan, Volume.9Nomor.2–Desember2023. https://jurnal.wonogirikab.go.id/jarlitbang/article/view/151/110

Darmisih, Siswanto, E., & Prakoso, A. F. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Base Learning di SMA Negeri 4 Bojonegoro. Islamika Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1018–1029. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/islamika.v5i3.3527

Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Fardiana, N., Sari, T. T., & Kadarisman. (2023). Pengembangan Media Diorama Sains pada Materi Rantai Makanan Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ellak Laok IV, Vol. 3, No. 1e-ISSN: 2807-1034pp. 44-53. Retrived from http://journal.unugiri.ac.id/index.php/jurmia

Handayani, L. (2022). Project Based Learning dengan Strategi PTK (Praktik Tugas Kelompok) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa Kelas VII di SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 9(2), 289–293. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v9i2.4961

Kettanun, C. (2015). Project-based Learning and Its Validity in a Thai EFL Classroom. Procedia -Social and Behavioral Sciences, 192, 567–573. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.094

Miftah dkk., (2018). Pengembangan Media Diorama pada Pembelajaran Tematik Terintegrasi Tema Indahnya Negeriku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa: Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 20 No.2. Retrivied from http://jurnal.uns.ac.id/paedagogia

Suari,N. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 2(3), 241-247. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index

Winanti, Septika. (2015). Pengembangan Media Puzzle Rantai Makanan untuk Mata Pelajaran IPA di SD: E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, Vol. IV, Nomor 1. Retrieved from https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fiptp/article/view/140

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-04

Terbitan

Bagian

Articles