PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA DIORAMA PADA MATERI RANTAI MAKANAN
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar pada materi rantai makanan melalui penerapan model PiBL dengan media diorama. Media diorama penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi rantai makanan. Dengan menggunakan media diorama pembelajaran menjadi lebih interaktif, menyenangkan, dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan berbagai keterampilan.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dibagi ke dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Partisipan pada penelitian ini ialah 18 siswa kelas V di SD Negeri Cipaku Kecamatan Bojongasih Kabupaten Tasikmalaya. Peneliti juga menjadikan guru selaku partisipan yang mendukung dan mempraktikkan tindakan penelitian dalam memperoleh data tambahan. Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca di setiap siklus. Peningkatan hasil yang signifikan dari pra siklus 56,18 siklus I mencapai rata-rata 66,94 sampai siklus II dengan rata-rata 81,06 Berdasarkan hasil temuan penelitian, maka peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model PjBL dengan media diorama mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi rantai makanan.
Kata kunci: PjBL, Media Diorama, Hasil belajar.
IMPROVING STUDENT LEARNING OUTCOMES THROUGH THE APPLICATION OF DIORAMA MEDIA ON FOOD CHAIN MATERIAL
ABSTRACT
This research aims to enhance the learning outcomes of fifth-grade elementary school students on the topic of food chains through the application of Project-Based Learning (PjBL) model using diorama as a media. Diorama media is crucial in improving students' learning outcomes on the food chain topic. By utilizing diorama media, the learning process becomes more interactive, enjoyable, and provides opportunities for students to develop various skills. This study employs a classroom action research divided into two cycles, with each cycle consisting of one meeting and four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The participants in this research are 18 fifth-grade students at SD Negeri Cipaku, Bojongasih Subdistrict, Tasikmalaya Regency. The teacher also serves as a participant, supporting and implementing the research actions to gather additional data. The research findings indicate an improvement in reading skills in each cycle. A significant increase in results is observed from the pre-cycle (56.18) to cycle I with an average of 66.94, reaching cycle II with an average of 81.06. Based on the research findings, the researcher concludes that the implementation of the PjBL model using diorama as a media is capable of enhancing students' learning outcomes on the food chain topic.
Keywords: PjBL, Diorama Media, Learning outcomes.
Referensi
Cahyadi, Anita. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SDN 2 Talesan dengan Penerapan Model Pembelajaran PJBL Melalui Media Diodrama. Jurnal JARLITBANG Pendidikan, Volume.9Nomor.2–Desember2023. https://jurnal.wonogirikab.go.id/jarlitbang/article/view/151/110
Darmisih, Siswanto, E., & Prakoso, A. F. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Base Learning di SMA Negeri 4 Bojonegoro. Islamika Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1018–1029. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/islamika.v5i3.3527
Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Fardiana, N., Sari, T. T., & Kadarisman. (2023). Pengembangan Media Diorama Sains pada Materi Rantai Makanan Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ellak Laok IV, Vol. 3, No. 1e-ISSN: 2807-1034pp. 44-53. Retrived from http://journal.unugiri.ac.id/index.php/jurmia
Handayani, L. (2022). Project Based Learning dengan Strategi PTK (Praktik Tugas Kelompok) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa Kelas VII di SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 9(2), 289–293. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v9i2.4961
Kettanun, C. (2015). Project-based Learning and Its Validity in a Thai EFL Classroom. Procedia -Social and Behavioral Sciences, 192, 567–573. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.094
Miftah dkk., (2018). Pengembangan Media Diorama pada Pembelajaran Tematik Terintegrasi Tema Indahnya Negeriku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa: Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 20 No.2. Retrivied from http://jurnal.uns.ac.id/paedagogia
Suari,N. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 2(3), 241-247. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index
Winanti, Septika. (2015). Pengembangan Media Puzzle Rantai Makanan untuk Mata Pelajaran IPA di SD: E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, Vol. IV, Nomor 1. Retrieved from https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fiptp/article/view/140
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.