PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KATA DALAM MEMBACA PERMULAAN SD NEGERI KEMURANG KULON 01
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kartu kata dalam membaca permulaan SD Negeri Kemurang Kulon 01. Variabel bebas dari penelitian ini yaitu media kartu kata dan variabel terikatnya yaitu kemampuan membaca permulaan. Metode penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Designs yang digunakan yaitu One Group Pretest Posttest. Observasi digunakan untuk mencatat perilaku siswa dengan indikator yang telah disiapkan, sedangkan tes dilakukan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Hasil penelitian ini membuktikan adanya pengaruh media pembelajaran kartu kata dalam membaca permulaan. Hal ini dibuktikan pada persentase nilai ketuntasan siswa dari 70% menjadi 80% dan ketuntasan diskusi kelompok dari 60% menjadi 75%. Sehingga, terdapat pengaruh media pembelajaran kartu kata yang signifikan dalam membaca permulaan.
Kata kunci: Kartu Kata, Membaca Permulaan.
THE INFLUENCE OF WORD CARD LEARNING MEDIA IN BEGINNING READING
SD STATE OF KEMURANG KULON 01
ABSTRACT
This research aims to determine the influence of word card learning media in initial reading at SD Negeri Kemurang Kulon 01. The independent variable of this research is word card media and the dependent variable is initial reading ability. This research method uses Pre-Experimental Designs, namely One Group Pretest Posttest. Observations are used to record student behavior with indicators that have been prepared, while tests are carried out to determine students' understanding of the material they have studied. The results of this study prove the influence of word card learning media in beginning reading. This is proven by the percentage of student completeness scores from 70% to 80% and group discussion completeness from 60% to 75%. So, there is a significant influence of word card learning media in beginning reading.
Keywords: Word Cards, Beginning Reading.
Referensi
Farhah, Atiya. 2022 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.363
Sari, Pratama, Citra. 2023 Universitas Negeri Yogyakarta citra.pratama@student.uny.ac.id
Dewayani, Sopie. 2017. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia 2021, Bahasa Indonesia, Aku Bisa! “Menghidupkan Literasi di Ruang Kelas”. Yogyakarta: Penerbit PT Kanisius.
Dharwisesa, dkk., 2020; Wicaksono, 2017. Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dalam kehidupan sehari-hari sangat penting bagi masyarakat Indonesia.
Tarigan, 2013. Keterampilan berbahasa meliputi empat komponen keterampilan yaitu “keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis” .
Artini, Sukama. 2019. Penggunaan model pembelajaran yang variatif, akan memberikan pengaruh pada penguasaan kompetensi siswa dalam muatan Bahasa Indonesia.
Tarigan, Hendry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Gading, I Ketut , dkk. 2019. Universitas Pendidikan Ganesha
DOI : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/21417
Rofah, Arizka Nurur dan Ima Mulyawati. 2022. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
DOI : https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3583
Kusumaningtyas, Nur Farida , dkk. 2022. Universitas Mataram
DOI : https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/2373
Pratiwi, Cerianing Putri. 2020. Universitas PGRI Madiun
DOI : http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i1
Dwiastuti, Styaning Dyah, dkk. 2023. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
DOI : https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1740
Fajaryanti, Mare Asia, dkk. 2023. Universitas Ahmad Dahlan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.