PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KATA DALAM MEMBACA PERMULAAN SD NEGERI KEMURANG KULON 01

Penulis

  • Aris Handayani

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kartu kata dalam membaca permulaan SD Negeri Kemurang Kulon 01. Variabel bebas dari penelitian ini yaitu media kartu kata dan variabel terikatnya yaitu kemampuan membaca permulaan. Metode penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Designs yang digunakan yaitu One Group Pretest Posttest. Observasi digunakan untuk mencatat perilaku siswa dengan indikator yang telah disiapkan, sedangkan tes dilakukan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Hasil penelitian ini membuktikan adanya pengaruh media pembelajaran kartu kata dalam membaca permulaan. Hal ini dibuktikan pada persentase nilai ketuntasan siswa dari 70% menjadi 80% dan ketuntasan diskusi kelompok dari 60% menjadi 75%. Sehingga, terdapat pengaruh media pembelajaran kartu kata yang signifikan dalam membaca permulaan.

Kata kunci: Kartu Kata, Membaca Permulaan.

 

THE INFLUENCE OF WORD CARD LEARNING MEDIA IN BEGINNING READING

SD STATE OF KEMURANG KULON 01

 

ABSTRACT

This research aims to determine the influence of word card learning media in initial reading at SD Negeri Kemurang Kulon 01. The independent variable of this research is word card media and the dependent variable is initial reading ability. This research method uses Pre-Experimental Designs, namely One Group Pretest Posttest. Observations are used to record student behavior with indicators that have been prepared, while tests are carried out to determine students' understanding of the material they have studied. The results of this study prove the influence of word card learning media in beginning reading. This is proven by the percentage of student completeness scores from 70% to 80% and group discussion completeness from 60% to 75%. So, there is a significant influence of word card learning media in beginning reading.

Keywords: Word Cards, Beginning Reading.

 

Referensi

Farhah, Atiya. 2022 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.363

Sari, Pratama, Citra. 2023 Universitas Negeri Yogyakarta citra.pratama@student.uny.ac.id

Dewayani, Sopie. 2017. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia 2021, Bahasa Indonesia, Aku Bisa! “Menghidupkan Literasi di Ruang Kelas”. Yogyakarta: Penerbit PT Kanisius.

Dharwisesa, dkk., 2020; Wicaksono, 2017. Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dalam kehidupan sehari-hari sangat penting bagi masyarakat Indonesia.

Tarigan, 2013. Keterampilan berbahasa meliputi empat komponen keterampilan yaitu “keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis” .

Artini, Sukama. 2019. Penggunaan model pembelajaran yang variatif, akan memberikan pengaruh pada penguasaan kompetensi siswa dalam muatan Bahasa Indonesia.

Tarigan, Hendry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Gading, I Ketut , dkk. 2019. Universitas Pendidikan Ganesha

DOI : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/21417

Rofah, Arizka Nurur dan Ima Mulyawati. 2022. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI : https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3583

Kusumaningtyas, Nur Farida , dkk. 2022. Universitas Mataram

DOI : https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/2373

Pratiwi, Cerianing Putri. 2020. Universitas PGRI Madiun

DOI : http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i1

Dwiastuti, Styaning Dyah, dkk. 2023. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI : https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1740

Fajaryanti, Mare Asia, dkk. 2023. Universitas Ahmad Dahlan

DOI : https://doi.org/10.20961/jkc.v11i2.78624

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-04

Terbitan

Bagian

Articles