PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SDN KARANGSARI
Abstrak
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SDN KARANGSARI
Edy Mulyanto
SD Negeri Karangsari
ABSTRAK
Pembelajaran matematika, selama ini terbentuk kesan umum bahwa pembelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan juga menakutkan bagi siswa. Hal ini terbukti bahwa hasil belajar siswa masih rendah pada Pelajaran matematika. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah PTK. Setelah dilakukan melalui model Problem Based Learning di SDN Karangsari tahun ajaran 2023/2024 kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 35 peserta didik pada materi pengukuran satuan panjang dengan tujuan untuk memperbaiki pembelajaran sesuai dengan tujuan dan capaian . Hasil Penelitian Menunjukan bahwa KKM untuk rata rata ditentukan sebesar 85 (tinggi) dan capaiannya adalah 80% (tinggi). Hasil akhirnya menunjukan bahwa penggunaan model PBL dianggap bisa menyelesaikan masalah pembelajaran matematika SD Negeri Karangsari, dengan capaian akhir pada siklus ke II , rata rata klasikal 88 dan capaian ketuntasan 100%. Hal ini karena Model Problem Based Learning a).mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan suatu masalah b). Meningkatkan belajar berkolaborasi dan komunikatif dalam memecahkan suatu masalah. c). Meningkatkan kreativitas guru dalam proses pembelajaran d). Membuat siswa terbiasa menghadapi masalah terutama terhadap kehidupan nyata, e).Menumbuhkan motivasi, keberanian, rasa percaya diri, dan semangat siswa dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: matematika, PBL Satuan Panjang.
IMPROVING STUDENT LEARNING OUTCOMES IN MATHEMATICS LESSONS THROUGH A PROBLEM-BASED LEARNING MODEL AT SDN KARANGSARI
ABSTRACT
Learning mathematics, so far there has been a general impression that learning mathematics is a difficult and scary subject for students. This is proven that student learning outcomes are still low in mathematics lessons. The research method in this research is PTK. After carrying out the Problem Based Learning model at SDN Karangsari for the 2023/2024 class IV academic year with a total of 35 students on length unit measurement material with the aim of improving learning in accordance with the goals and achievements. Research results show that the average KKM is determined at 85 (high) and the achievement is 80% (high). The final results show that the use of the PBL model is considered to be able to solve the mathematics learning problems of Karangsari State Elementary School, with the final achievement in the second cycle, a classical average of 88 and a completeness achievement of 100%. This is because the Problem Based Learning Model a). develops students' critical thinking skills in solving a problem b). Improve collaborative and communicative learning in solving a problem. c). Increasing teacher creativity in the learning process d). Make students accustomed to facing problems, especially in real life, e). Develop students' motivation, courage, self-confidence and enthusiasm in the learning process.
Keywords: mathematics, PBL Units of Length.
Referensi
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78.
Kambey, W. M., Santa, K., & Togas, P. V. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(2), 195-208.
Kusumah, et. All. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Indeks. Marra, R., Jonassen, D. H., Palmer, B., & Luft, S. (2014). Why problembased learning works: Theoretical foun-dations. Journal on Excellence in College Teaching, 25(3&4), 221-238
Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 4 sd melalui model pembelajaran problem based learning. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120-125.
Sabah, Akbar. K. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) pada siswa Kelas 5 SD Negeri Ledok 04 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013.
Simone, Christina De. (2014). Problem- Based Learning in Teacher Education: Trajectories of Change. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 4,No. 12; October 2014
Yuliana, L., Kusumah, M., & dalam Kusumah, D. (2016). Langkah-Langkah Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Negeri Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.