PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DI SDN PAGUYANGAN 02 KAB. BREBES
Abstrak
ABSTRAK
Pendidikan adalah aspek yang krusial dalam perkembangan individu dan masyarakat. Salah satu subjek yang sering kali dianggap sulit dan menantang oleh banyak siswa adalah matematika (FE Mahendra dkk, 2023). Hal ini disebabkan karena pembelajaran konvensional yang didominasi oleh guru sehingga siswa terbiasa mendapatkan informasi atau pengetahuan terkait materi pelajaran tanpa melalui proses menemukan informasi. Perlu adanya model pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa dalam membangun pengetahuan sendiri dalam Pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan desain eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Paguyangan 02. Teknik pengumpulan data meliputi penilaian sikap menggunakan lembar observasi dan rubrik, penilaian pengetahuan menggunakan soal tes kognitif dan penilaian ketrampilan menggunakan lembar observasi dan rubrik. Teknik analisis data menggunakan perhitungan Uji Gain dengan menghitung peningkatan hasil belajar kognitif. Perhitungan nilai diperoleh dari gabungan nilai pengetahuan, sikap dan keterampilan dengan menghitung persentase ketuntasan di atas KKM. Berdasarkan Hasil penelitian diperoleh nilai terendah pada sebelum menggunakan model pembelajaran PjBL yaitu 40, sedangkan nilai tertingginya yaitu 85. Rata-rata Nilai sebelum menerapkan model PjBL yaitu 68. Setelah diterapkan model PjBL diperoleh nilai terendah siswa yaitu 60, sedangkan nilai tertingginya yaitu 100, dan diperoleh nilai rata-rata yaitu 91. Siswa mencapai ketuntasan Minimum (KKM) mencapai 33 siswa dari 35 siswa. Hasil perhitungan Gain diperoleh hasil N-gain = 0.76 efektif (tinggi), hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar dengan kategori peningkatan tinggi. Implikasi penelitian dengan menerapkan model PJBL berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dan kreativitas, siswa lebih mudah memahami konsep matematika dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: project-based learning, kemampuan berpikir kreatif matematis.
IMPROVING STUDENT LEARNING OUTCOMES AND CREATIVITY THROUGH A PROJECT BASED LEARNING MODEL AT SDN PAGUYANGAN 02 KAB. BREBES
ABSTRACT
Education is a crucial aspect in the development of individuals and society. One subject that is often considered difficult and challenging by many students is mathematics (FE Mahendra et al, 2023). This is because conventional learning is dominated by teachers so that students are used to getting information or knowledge related to subject matter without going through the process of finding information. There is a need for a learning model that can facilitate students in building their own knowledge in mathematics lessons. This research aims to analyze the effect of using the project based learning (PjBL) learning model on student learning outcomes and creativity. This research is quantitative research with data collection using an experimental design. The population in this study were sixth grade students at SD Negeri Paguyangan 02. Data collection techniques included assessing attitudes using observation sheets and rubrics, assessing knowledge using cognitive test questions and assessing skills using observation sheets and rubrics. The data analysis technique uses Gain Test calculations by calculating the increase in cognitive learning outcomes. The value calculation is obtained from a combination of knowledge, attitude and skills scores by calculating the percentage of completion above the KKM. Based on the research results, the lowest score obtained before using the PjBL learning model was 40, while the highest score was 85. The average score before applying the PjBL model was 68. After applying the PjBL model, the lowest score obtained by students was 60, while the highest score was 100, and The average score obtained was 91. Students achieved Minimum Completeness (KKM) reaching 33 students out of 35 students. The results of the Gain calculation showed that N-gain = 0.76 effective (high), it can be concluded that the application of the PjBL model can improve learning outcomes in the high improvement category. The research implications of applying the PJBL model have an effect on improving learning outcomes and creativity, students more easily understand mathematical concepts in the learning process.
Keywords: project-based learning, mathematical creative thinking skills.
Referensi
FE Mahendra dkk (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan.
https://uniflor.ac.id/e-journal/index.php/JPM/article/view/3041
Martati B (2022) Penerapan Project Based Learning dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal.um-Surabaya.ac.id
https://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/14907
Rahmawati D & Yulia Maftuhah Hidayat. (2022) Pengaruh Multimedia Berbasis Website Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal Cendekia
https://www.jcup.org/index.php/cendekia/article/view/1465
Rani dkk. (2021) Pengaruh Metode PjBL Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS
Sri eko W (2020) Upaya Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pokok Jaring-Jaring Kubus Dan Balok Dengan Menggunakan Metode Bongkar Pasang Pada Siswa Kelas Iv Semester di SDN Yosowilangun Kidul 03 Tahun Pelajaran 2017/2018 https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JMM/article/view/636
Widhayanti A & Muhammad Abduh (2021) Penggunaan media audiovisual berbantu Power Point untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/975
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.