PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar matematika pada siswa kelas VI dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di SD Negeri Sidamulya 01 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning akan meningkatkan hasil belajar siswa karena penerapan model PBL dengan media konkret dapat menjadi upaya dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sidamulya 01 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes dengan subjek penelitian kelas VI yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus memiliki tahap- tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Hasil penelitian ini menunjuk Skor rata-rata setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning mengalami peningkatan yakni dari 66,44% menjadi 92,36%. Begitu pula ketuntasan belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Menurut hasil observasi terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II. Kemampuan menganalisis juga meningkat secara signifikan. Hal ini dikarenakan siswa sudah terbiasa.
Kata kunci: hasil belajar, problem-based learning.
APPLICATION OF PROBLEM-BASED LEARNING MODEL IN IMPROVING MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
ABSTRACT
This study aims to Improve Mathematics Learning Outcomes in Grade VI Students by using the Problem Based Learning learning model at SD Negeri Sidamulya 01 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. With the application of the Problem Based Learning learning model, it will improve student learning outcomes because the application of the PBL model with concrete media can be an effort to improve mathematics learning outcomes. This research was carried out at SD Negeri Sidamulya 01 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes with class VI research subjects totaling 13 students. This study used a type of Classroom Action Research (PTK). Each cycle has stages, namely planning, implementation, observation and evaluation, and reflection. The results of this study show that the average score after applying the Problem Based Learning learning model has increased, from 66,44% to 92.36%. Likewise, the completeness of student learning has increased from cycle I and cycle II. According to the observations, there was an increase from cycle I and cycle II. The ability to analyze has also improved significantly. This is because students are used to it.
Keywords: Learning Outcomes, Problem-Based Learning.
Referensi
Aidah, S. N., & Indonesia, T. P. K. (2021). Cara Efektif Penerapan Metode dan Model
Pembelajaran (Vol. 54). Penerbit KBM Indonesia.
Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32.
Ayuningsih, D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2).
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.
Hasmyati, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Materi Bola Basket Siswa Kelas VIII-6 SMP Negeri 24 Makassar. In Seminar Nasional LP2M UNM (Vol. 2, No. 1).
Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Sukses mengimplementasikan kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal sakinah, 2(1), 14-23.
Mirnawati, L., B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigationterhadapkreativitas Mahasiswa Semester I Pgsd Um Surabaya pada Matakuliah Pengantar Manajemen Pendidikan. Jurnal Pendidikan 6 (1): 84-85.
Mubin, F. (2020). Pengertian, Unsur, Prinsip dan Ruang Lingkup Perencanaan Pendidikan. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/q24jz.
Rahman, T. (2018). Aplikasi model-model pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas. Semarang: CV. Pilar Nusantara
Ramadhani, R. (2016). Pengembangan Perangkat pembelajaran matematika yang berorientasi pada model Problem Based Learning. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif- Inovatif, 7(2), 116-122.
Rosmala, A. (2021). Model-model pembelajaran matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusman. (2015). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suminah, S., Gunawan, I., & Murdiyah, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa melalui Pendekatan Behavior Modification. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(2), 221-230.
Surya, Y. F. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38-53.
Widayanti, R., & Nur'aini, K. D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-23.
Yasa, P. A. E. M., & Bhoke, W. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap
Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SD. Journal of Education Technology, 2(2), 70-75.
Yuniawardani, V., & Mawardi, M. (2018). Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran matematika dengan model problem based learning kelas IV SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 1(2), 24-32.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.