PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PBL PADA SISWA KELAS II SDN PAHLAWAN KOTA TASIKMALAYA

Penulis

  • Iis Suhardi

Abstrak


ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Pahlawan Kota Tasikmalaya. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang berada dibawah KKM. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika melalui model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas II SDN Pahlawan Kota Tasikmalaya. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama dua siklus dengan setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pahlawan Kota Tasikmalaya dengan subjek penelitian sejumlah 16 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Objek penelitian adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Metode pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika mengalami peningkatan walaupun masih ada beberapa siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Hal ini ditunjukkan berdasarkan data rata-rata siklus I ke siklus II meningkat dari 72,29 menjadi 88,96 Dengan diperoleh persentase ketuntasan belajar dari 50% meningkat menjadi 86%. Maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas II SDN Pahlawan Kota Tasikmalaya.

Kata kunci:  Hasil Belajar, Model Problem Based Learning (PBL), Matematika.

IMPROVING MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES THROUGH THE PBL MODEL IN GRADE II STUDENTS OF SDN PAHLAWAN KOTA TASIKMALAYA

 

ABSTRACT

This research is motivated by the low mathematics learning outcomes of second-grade students at SDN Pahlawan Kota Tasikmalaya, as indicated by student achievement below the Minimum Mastery Criteria (KKM). The study employs a classroom action research design with the aim of describing the improvement of mathematics learning outcomes through the Problem Based Learning (PBL) model in second-grade students at SDN Pahlawan Kota Tasikmalaya. The research consists of two cycles, with each cycle conducted over two meetings. The study takes place at SDN Pahlawan Kota Tasikmalaya, involving 16 female students and 12 male students as research subjects. The research object is the improvement of student learning outcomes using the Problem Based Learning (PBL) model. Data collection methods include observation, tests, and documentation, while data analysis involves both qualitative and quantitative descriptive techniques. The results indicate an improvement in mathematics learning outcomes, although some students have not yet achieved mastery. The average data from Cycle I to Cycle II increased from 72.29 to 88.96, with the percentage of mastery increasing from 50% to 86%. In conclusion, the Problem Based Learning (PBL) model is effective in enhancing mathematics learning outcomes for second-grade students at SDN Pahlawan Kota Tasikmalaya.

Keywords: Learning Outcomes, Problem Based Learning (PBL) Model, Mathematics.

 

Referensi

Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Fadjri, M. (2017). Kemampuan Berpikir Matematika Dalam Konteks Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar. Letters Of Mathematics Education Vol. III No. 2, 3.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Vol. 7 No. 1, 40-47.

Hamalik, O. (2013). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Mulyasa. (2015). Guru dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding

Pendidikan Dasar, Vol. 1 No. 1, 135-142.

Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidikan Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 14 No. 2, 144-151.

Sudijono, A. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Depok: PT Rajagrafindo Persada. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sitem Pendidikan Nasional

Wulan, D. R. (2022). Buku Panduan Guru Matematika Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-04

Terbitan

Bagian

Articles