PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERIK SISWA KELAS 3 SD NEGERI 2 SITUMANDALA MELALUI PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN PIPET DAN GELAS UKUR
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem-based learning (PBL) yang diterapkan dengan penggunaan media pembelajaran pipet dan gelas ukur terhadap peningkatan kemampuan numerik siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Negeri 2 Situmandala sebanyak 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi teknik observasi dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep matematika dan keterampilan numerik siswa setelah penerapan PBL dengan menggunakan media pembelajaran pipet dan gelas ukur. Peningkatan rata-rata nilai siswa tercatat sebesar 75 pada siklus I, meningkat menjadi 83 pada siklus II. Selain itu, terdapat peningkatan dalam presentase keaktifan siswa dan kemampuan numerik pada siklus II dibandingkan dengan siklus I, yang naik dari 81% menjadi 95,5%. Hal ini menandakan bahwa penggunan media pembelajaran kontekstual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari, seperti pipet dan gelas ukur, dapat merangsang keterlibatan siswa dan meningkatkan hasil pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar.
Kata kunci: Problem based learning, kemampuan numerik, pipet dan gelas ukur.
IMPROVEMENT OF NUMERICAL SKILLS OF 3RD GRADE STUDENTS AT SD NEGERI 2 SITUMAN THROUGH PROBLEM-BASED LEARNING WITH PIPETTE AND MEASURING CUP LEARNING MEDIA
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of the problem-based learning (PBL) model applied with the use of pipette and measuring cup learning media on improving the numerical skills of grade 3 students at SD Negeri 2 Situmandala. This research uses the type of classroom action research (PTK). The sample of this research was fifth grade students of SD Negeri 2 Situman as many as 16 students. This research was conducted in two cycles involving planning, implementation, observation, and reflection. The instruments used to collect data included observation techniques and written tests. The results showed that there was a significant increase in students' understanding of mathematical concepts and numerical skills after the implementation of PBL using pipette and measuring cup learning media. An increase in the average student score was recorded at 75 in cycle I, increasing to 83 in cycle II. In addition, there was an increase in the percentage of student activeness and comprehension ability in cycle II compared to cycle I, which rose from 81% to 95,5%. This indicates that the use of contextual learning media relevant to everyday life, such as pipettes and measuring cups, can stimulate student engagement and improve math learning outcomes at the primary school level.
Keywords: : problem based learning, numerical skills, pipette and measuring cup.
Referensi
Andani, M. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau Dari Self-Esteem Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Koperasi Pontianak (Doctoral dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK).
Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional guru dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64-73.
Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67-72.
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167-175.
Megawati, E., & Megawanti, P. (2022). Pengaruh Kemampuan Numerik terhadap Penalaran Logis Mahasiswa Pendidikan Matematika. Fakt. J. Ilm. Kependidikan, 9(3).
Nisa, K., Nursyahidah, F., Saputra, H. J., & Junaidi, A. (2023). Model Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 948-955.
Purna, I. N., Ardana, I. M., & Dantes, N. (2021). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pengendalian Kemampuan Numerik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 160-168.
Taufik, A., & Riyadi, M. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Tangram Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 5(2), 85-98.
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43-48.
Yuniar, R., Nurhasanah, A., Hakim, Z. R., & Yandari, I. A. V. (2022). Peran guru dalam pelaksanaan model Pbl (Problem Based Learning) Sebagai penguatan keterampilan berpikir kritis. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1134-1150.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.