ANALISIS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VI SD NEGERI LARANGAN 01 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan kemampuan penalaran siswa kelas 6 di SD Negeri Larangan 01 pada materi pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas 6 SD Negeri Larangan 01. Fokus penelitian mencakup keaktifan belajar dan kemampuan penalaran siswa dengan menggunakan tes tulis sebagai instrumen penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tulis. Data dianalisis secara desktiptif dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada keaktifan belajar dan kemampuan penalaran siswa. Pada siklus I, tercatat peningkatan sebesar 75,15%, yang kemudian meningkat menjadi 83,5% pada siklus II. Hasil ini mencerminkan peningkatan sebesar 8,35% secara keseluruhan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat efektif meningkatkan keaktifan belajar dan kemampuan penalaran siswa.
Kata kunci: problem based learning, bahasa Indonesia, kemampuan penalaran.
ANALYSIS OF THE USE OF PROBLEM-BASED LEARNING METHODS IN IMPROVING THE REASONING ABILITY OF STUDENTS IN CLASS VI OF BAN 01 STATE ELEMENTARY SCHOOL IN INDONESIAN LANGUAGE LEARNING
ABSTRACT
This study aims to analyze the effect of using the Problem Based Learning (PBL) learning method on improving the reasoning ability of 6th grade students at SD Negeri Larangan 01 on Indonesian language learning materials. The type of research used is Classroom Action Research (PTK). This research was conducted in the even semester of the 2022/2023 school year. The subjects of this research were 26 6th grade students of SD Negeri Larangan 01. The focus of the research included learning activeness and students' reasoning skills using written tests as research instruments. Data collection techniques used observation and written tests. The data were analyzed descriptively and presented in tabular form. The results showed a significant increase in students' learning activeness and reasoning ability. In cycle I, an increase of 75.15% was recorded, which then increased to 83.5% in cycle II. These results reflect an increase of 8.35% overall. Thus, it can be concluded that the application of Problem Based Learning model in Indonesian subject can effectively improve students' learning activeness and reasoning ability.
Keywords: : problem based learning, Indonesian language, reasoning ability.
Referensi
Dewi, D. T. (2020). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 1-14.
Fadli, M., Mirunnisa, M., & Muhsin, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Biomafika, 1(1), 10-16.
Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di kelas v sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2492-2500.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11.
Nisa, K., Nursyahidah, F., Saputra, H. J., & Junaidi, A. (2023). Model Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 948-955.
Nurhayati, N., Mardiana, N., & Rianti, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Problem Based Learning (PBL) pada Pelajaran Bahasa Indonesia guna Meningkatkan Terampil Membaca dan Menulis Lanjut di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 88-95.
Puspitasari, R. P., Sutarno, S., & Dasna, I. W. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(4), 503-511.
Siswanti, A. B., & Indrajit, R. E. (2023). Problem Based Learning. Penerbit Andi.
Taufik, A., & Riyadi, M. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Tangram Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 5(2), 85-98.
Yuniar, R., Nurhasanah, A., Hakim, Z. R., & Yandari, I. A. V. (2022). Peran guru dalam pelaksanaan model Pbl (Problem Based Learning) Sebagai penguatan keterampilan berpikir kritis. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1134-1150.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.