EFEKTIVITAS MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DI SD NEGERI MUNDU 01
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media flashcard dalam meningkatkan minat belajar bahasa Indonesia dengan pendekatan problem-based learning di SD Negeri Mundu 01. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain siklus. PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas dengan memberikan tindakan yang sengaja dimunculkan dan melakukan refleksi terhadap hasilnya. Media flashcard adalah alat bantu belajar yang berisi poin-poin penting yang dapat dipakai untuk mengingat atau menjawab pertanyaan. Problem based learning (PBL) adalah metode pembelajaran yang mengajak siswa untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan pengetahuan dan keterampilan mereka. Sampel penelitian terdiri dari 27 siswa kelas 1 SD Negeri Mundu 01. Instrumen penelitian berupa angket minat belajar dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada tingkat keaktifan belajar dan minat belajar siswa pada Siklus II dibandingkan Siklus I, meningkat dari 74,47% menjadi 86,15% pada siklus II. Oleh karena itu, penggunaan media flashcard dengan pendekatan problem-based learning tidak hanya meningkatkan keaktifan belajar dan minat belajar siswa terhadap materi bahasa Indonesia, tetapi juga memperkuat interaksi antar siswa, menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih aktif dan partisipatif.
Kata kunci: media flashcard, minat belajar, problem based learning.
THE EFFECTIVENESS OF FLASHCARD MEDIA IN INCREASING INTEREST IN LEARNING INDONESIAN USING A PROBLEM-BASED LEARNING APPROACH AT MUNDU 01 STATE ELEMENTARY SCHOOL.
ABSTRACT
This study aims to determine the effectiveness of flashcard media in increasing interest in learning Indonesian with a problem-based learning approach at SD Negeri Mundu 01. This study uses a classroom action research method (PTK) with a cycle design. PTK is research conducted by teachers to improve the learning process in the classroom by providing actions that are deliberately raised and reflecting on the results. Flashcard media is a learning tool that contains important points that can be used to remember or answer questions. Problem Based Learning (PBL) is a learning method that invites students to solve real-world problems using their knowledge and skills. The research sample consisted of 27 students of grade 1 SD Negeri Mundu 01. The research instruments were a questionnaire of interest in learning and a test of learning outcomes. The results showed a significant increase in the level of students' learning activity and interest in Cycle II compared to Cycle I, from 74.47% to 86.15% in Cycle II. Therefore, the use of flashcard media with a problem-based learning approach not only increases students' learning activeness and interest in Indonesian language materials, but also strengthens interactions among students, creating a more active and participatory learning environment.
Keywords: flashcard media, learning interest, problem-based learning.
Referensi
Alvita, A., & Airlanda, G. S. (2021). Pengembangan flashcard untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan pada siswa kelas I mata pelajaran bahasa inggris di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5712-5721.
Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan media flashcard untuk mengenalkan matematika permulaan pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2008-2016.
Nadira, O. (2023). Penggunaan Media Flash Card Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 1 di MI Ma'arif Nu Ciberem Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).
Okdiansyah, O., Satria, T. G., & Aswarliansyah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri 4 Srikaton. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(03), 148-154.
Parawansa, K. I., Haryanto, S., & Mulyani, P. S. (2022). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Klesman: Indonesia. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan, 2(2), 72-78.
Soleha, R. S., Enawar, E., Fadhillah, D., & Sumiyani, S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal: Jurnal Ilmiah Pembelajaran dan Pengembangan Diri, 2(1), 58-62.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.