PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS 3 SD NEGERI PENGEBATAN 06 MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT DAN VIDEO

Penulis

  • Hania Mayasari
  • Azin Taufik
  • Uun Sahunah

Abstrak

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa Indonesia pada siswa kelas 3 SD Negeri Pengebatan 06 melalui pembelajaran diferensiasi menggunakan media Power Point dan video. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 3 sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi teknik observasi dan tes tulis untuk mengukur kemampuan komunikasi Bahasa Indonesia siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan komunikasi siswa pada Siklus II dibandingkan Siklus I, meningkat dari 75% menjadi 87% pada siklus II. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan media Power Point dan Video berhasil menciptakan suasana belajar yang interaktif, mendukung berbagai gaya belajar siswa, dan memberikan variasi dalam pengajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, pendekatan ini dapat dianggap sebagai strategi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar.

Kata kunci:  media power point dan video, kemampuan komunikasi, berdiferensiasi.

 

 

IMPROVING THE COMMUNICATION SKILLS OF INDONESIAN LANGUAGE IN 3RD GRADE STUDENTS OF PENGEBATAN 06 ELEMENTARY SCHOOL THROUGH DIFFERENTIATED LEARNING USING POWER POINT MEDIA AND VIDEO

 

ABSTRACT

This study aims to improve Indonesian communication skills in 3rd grade students of SD Negeri Pengebatan 06 through differentiated learning using Power Point media and videos. The type of research used is classroom action research (PTK) conducted over 2 cycles consisting of 4 meetings, with the research subjects being 3rd grade elementary school students. This research was conducted in two cycles, with each cycle consisting of planning, implementation, observation, and reflection. The instruments used to collect data include observation techniques and written tests to measure students' Indonesian communication skills. The results showed a significant increase in students' communication skills in Cycle II compared to Cycle I, increasing from 75% to 87% in cycle II. The implementation of differentiated learning with Power Point and Video media succeeded in creating an interactive learning atmosphere, supporting students' various learning styles, and providing variety in Indonesian language teaching. Therefore, this approach can be considered as an effective strategy to improve Indonesian communication skills at the primary school level.

Keywords: power point dan video media, communication skills, berdiferensiasi.

 

Referensi

Afelia, Y. D., Utomo, A. P., & Sulistyaningsih, H. (2024). Implementasi Model Problem Based learning (PBL) Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas X SMA. Jurnal Biologi, 1(2), 1-11.

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35-44.

Batubara, H. H. (2020). Media pembelajaran efektif. Semarang: Fatawa Publishing, 3.

Farhana, I. (2023). Merdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka: Memahami Konsep Hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran di Kelas. Penerbit Lindan Bestari.

Heryana, N., Kom, M., Junaidin, M. P., Nugroho, I., Metha Fahriani, S. S. T., Nurlaila, M. P., ... & Kom, M. (2023). KONSEP DASAR MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. Cendikia Mulia Mandiri.

Kurniasih, E. S., & Priyanti, N. (2023). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Kemampuan Literasi Baca, Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 398-498.

Lisnawati, L., Kuntari, S., & Hardiansyah, M. A. (2023). Peran Guru dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi. AS-SABIQUN, 5(6), 1677-1693.

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54.

Taufik, A., & Riyadi, M. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Tangram Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 5(2), 85-98.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-04

Terbitan

Bagian

Articles