PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SD NEGERI KARANGBOKONG 01 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU ANGKA
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization, yang diterapkan dengan penggunaan media pembelajaran kartu angka terhadap peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Karangbokong 01 sebanyak 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi teknik observasi dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam keaktifan dan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan menggunakan media pembelajaran kartu angka. Peningkatan rata-rata nilai siswa tercatat sebesar 85 pada siklus I, meningkat menjadi 94 pada siklus II. Selain itu, terdapat peningkatan dalam presentase keaktifan siswa dan hasil belajar pada siklus II dibandingkan dengan siklus I, yang naik dari 83,5% menjadi 96,25%. Hal ini menandakan bahwa penggunan media pembelajaran seperti kartu angka, dapat merangsang keterlibatan siswa dan meningkatkan hasil pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar.
Kata kunci: Team Assisted Individualization , keaktifan belajar, hasil belajar, kartu angka.
IMPROVING THE LEARNING OUTCOMES OF 5TH GRADE STUDENTS AT SD NEGERI KARANGBOKONG 01 THROUGH THE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION LEARNING MODEL WITH NUMBER CARD LEARNING MEDIA
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of the Team Assisted Individualization learning model, which is applied with the use of number card learning media to increase learning activeness and learning outcomes of elementary school students. This research uses the type of classroom action research (PTK). The sample of this research was 5th grade students of SD Negeri Karangbokong 01 as many as 15 students. This research was conducted with two cycles involving planning, implementation, observation, and reflection. The instruments used to collect data included observation techniques and written tests. The results showed that there was a significant increase in student activeness and learning outcomes after the application of the Team Assisted Individualization learning model using number card learning media. The increase in the average student score was recorded at 85 in cycle I, increasing to 94 in cycle II. In addition, there was an increase in the percentage of student activeness and learning outcomes in cycle II compared to cycle I, which rose from 83.5% to 96.25%. This indicates that the use of learning media such as number cards, can stimulate student engagement and improve math learning outcomes at the primary school level.
Keywords: : Team Assisted Individualization, learning activeness, learning outcomes, number cards.
Referensi
Fadlilah, M. F., Purwanto, S., & El Hakim, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbatuan Video Interaktif dalam Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 172 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(2), 14-26.
Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28-42.
Hastuti, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted IndividualizationTerhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa pada Materi Pelajaran Bilangan Bulat di Kelas VIISMP Negeri1Sianjur Mulamula TP 2020/2021.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.
Nurmasari, L. (2020). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Team Assisted Individualization pada Siswa Kelas V. Jurnal Profesi Keguruan, 6(2), 126-137.
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.
Sari, I. K., Larasati, H. A., Prameswari, A., Al Abid, A., & Amaliyah, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Dalam Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SDN 2 Kaliputu. PROCEEDING UMSURABAYA.
Taufik, A., & Riyadi, M. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Tangram Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 5(2), 85-98.
Ummah, S. K. (2021). Media Pembelajaran Matematika (Vol. 1). UMMPress.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.