IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR PADA MATERI PENGUKURAN SUDUT
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrifsikan efektifitas dari penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap materi pengukuran sudut dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Metode PBL digunakan sebagai pendekatan utama untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang terdiri dari empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 14 siswa kelas 5 di SD Nageri Waru 02. Setiap siklus melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, dan tes pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PBL pada materi pengukuran sudut efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. Pada siklus pertama, terjadi peningkatan secara signifikan pada presentase pemahaman siswa setelah diimplementasikan PBL meningkat dari 75% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II. Dari data tersebut terlihat peningkatan yang signifikan dalam keterlibatan siswa dan peningkatan kemampuan pemahaman mereka terhadap materi pengukuran sudut setelah penerapan PBL.
Kata kunci: problem based learning, kemampuan pemahaman, pengukuran sudut.
IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED LEARNING TO IMPROVE STUDENTS' UNDERSTANDING ABILITY IN ELEMENTARY SCHOOL MATHEMATICS LEARNING ON ANGLE MEASUREMENT MATERIAL
ABSTRACT
This study aims to describe the effectiveness of the use of Problem Based Learning (PBL) learning method in improving students' understanding of angle measurement material in mathematics learning at elementary school. The PBL method is used as the main approach to provide a more interactive and contextual learning experience. The research method used was classroom action research (PTK) with two cycles consisting of four meetings. The research subjects consisted of 14 grade 5 students at SD Nageri Waru 02. Each cycle involved planning, implementation, and evaluation of the results to get a comprehensive picture. Data were collected through classroom observation, and comprehension tests. The results showed that the implementation of PBL on angle measurement material was effective in improving students' comprehension skills. In the first cycle, there was a significant increase in the percentage of students' understanding after the implementation of PBL increased from 75% in cycle I to 87% in cycle II. The data showed a significant increase in students' engagement and improvement in their understanding of the angle measurement material after the implementation of PBL.
Keywords: problem based learning, comprehension ability, angle measurement.
Referensi
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu metode pembelajaran untuk mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik. Widya Accarya, 12(1), 61-69.
Hikmah, M. (2020). Penerapan metode project based learning untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar pemrograman dasar siswa. Jurnal teknodik, 27-38.
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Metode PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 13-18.
Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL:(Problem Based Learning). Media Sahbat Cendekia.
Manurung, A. S., Fahrurrozi, F., Utomo, E., & Gumelar, G. (2023). Implementasi berpikir kritis dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 120-132.
Miranda, S., & Fachrudin, F. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Pengukuran Sudut Menggunkaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Di Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(6).
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.
Susilo, D. A., Marsitin, R., & Pranata, K. B. (2023). Penerapan Pembelajaran Media Pohon Matematika Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa IPA SMA. Pi: Mathematics Education Journal, 6(2), 98-107.
Taufik, A., & Riyadi, M. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Tangram Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 5(2), 85-98.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.