PENINGKATAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA KELAS 3 SD NEGERI BANTARKAWUNG 03 MELALUI PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan
yang diterapkan dengan penggunaan media pembelajaran pipet dan gelas ukur terhadap peningkatan kemampuan kolaborasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Negeri Bantarkawung 03 sebanyak 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi observasi dan tes tulis, serta disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi pada siswa sekolah dasar secara signifikan. Peningkatan rata-rata nilai siswa tercatat sebesar 72 pada siklus I, meningkat menjadi 83 pada siklus II, ini artinya pembelajaran yang dilakukan selama dua siklus ini mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 15,28%. Selain itu, hasil observasi juga menunjukkan bahwa siswa lebih aktif, antusias, dan termotivasi dalam pembelajaran tata surya dengan menggunakan PjBL. Hal ini dapat dilihat dari presentase keaktifan siswa yang meningkat dari 80% menjadi 92,5% pada siklus II. Hal ini menandakan bahwa penggunan media pembelajaran yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, dapat merangsang keterlibatan siswa dan meningkatkan hasil pembelajaran matematika.
Kata kunci: Project based learning, kemampuan kolaborasi, matematika, pecahan sederhana
IMPROVEMENT OF COLLABORATION SKILLS OF 3RD GRADE STUDENTS AT SD BANTARKAWUNG 03 THROUGH A PROJECT-BASED LEARNING APPROACH IN LEARNING MATHEMATICS
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of the project-based learning (PjBL) model on the collaboration skills of elementary school students. Applied with the use of pipette learning media and measuring cups to improve the collaboration skills of elementary school students. This research uses the type of classroom action research (PTK). The subjects of this research were 3rd grade students of SD Negeri Bantarkawung 03 as many as 16 students. This research was conducted in two cycles involving planning, implementation, observation, and reflection. The instruments used to collect data include observation and written tests, and are presented in tabular form. The results showed that the application of project-based learning model can significantly improve collaboration skills in elementary school students. The increase in the average student score was recorded at 72 in cycle I, increasing to 83 in cycle II, this means that the learning carried out during these two cycles has increased the average score by 15.28%. In addition, the observation results also showed that students were more active, enthusiastic, and motivated in learning the solar system using PjBL. This can be seen from the percentage of student activeness which increased from 80% to 92,5% in cycle II. This indicates that the use of learning media that is relevant to everyday life can stimulate student involvement and improve math learning outcomes.
Keywords: : project based learning, collaboration skills, mathematics, simple fractions.
Referensi
Ansya, Y. A. U. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 3(1), 43-52.
Diana, H. A., & Saputri, V. (2021). Model project based learning terintegrasi STEAM terhadap kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir kritis siswa berbasis soal numerasi. Numeracy, 8(2), 113-127.
Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 12(2), 28-43.
Magdalena, I., Agustin, E. R., & Fitria, S. M. (2024). Konsep Model Pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(1), 1-10.
Muhali, M. (2019). Pembelajaran inovatif abad ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25-50.
Ovartadara, M. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2667-2678.
Rianda, K., & Sayekti, S. P. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Psikomotorik Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 214-223.
Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh penerapan problem based learning (pbl) dan project based learning (pjbl) terhadap kemampuan pemecahan masalah berdasarkan self efficacy siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335-346.
Taufik, A., & Riyadi, M. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Tangram Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 5(2), 85-98.
Wati, M., Syamsuddin, A., & Rukli, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Mobile Learning Terhadap Kemampuan Kolaborasi Matematika Siswa Kelas IV SD. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 5(1), 56-64.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.