PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DI KELAS VI SD NEGERI SRIDADI 04 MENGENAI SIFAT MAGNET

Penulis

  • Sugeng Riyanto

Abstrak

 

ABSTRAK

Untuk memperbaiki proses dan hasil  pembelajaran di kelas VI SD negeri Sridadi 04 mata Pelajaran  mengenai sisfat sifat magnet maka pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model .Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan Tindakan yaitu menggunakan Penelitian tidak Kelas (PTK). PTK yang digunakan dengan menggunakan 2 siklus belajar. Hasilnya menunjukan bahwa dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) dengan n metode demonstrasi  di SD Negeri Sridadi 04  pada topik Sifat sifat Magnet telah sesuai dengan capaian pembelajaran pembelajaran yang telah ditentukan

Kata kunci:  PTK, Problem Based Learning, metode demonstrasi

 

APPLICATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) LEARNING MODEL WITH A DEMONSTRATION METHOD TO IMPROVE SCIENCE LEARNING ACHIEVEMENT IN CLASS VI SD NEGERI SRIDADI 04 REGARDING MAGNETIC PROPERTIES

ABSTRACT

To improve the learning process and outcomes in class VI of Sridadi 04 State Elementary School, subject regarding the properties of magnetism, learning is carried out using the Problem Based Learning (PBL) model. This research uses an action approach, namely using non-classroom research (PTK). PTK is used using 2 learning cycles. The results show that using the PBL (Problem Based Learning) model with the demonstration method at SD Negeri Sridadi 04 on the topic of Magnetic Properties is in accordance with the learning outcomes that have been determined.

Keywords: PTK, Problem Based Learning, demonstration method

 

Referensi

Abdullah dan Ridwan (2008 : 2). Implementasi Problem Based Learning (Pbl) Pada Proses Pembelajaran Di Bptp Bandung. Tersedia di : http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._TEKNIK_ELEKTRO/ 197211131999031-ADE_GAFAR_ABDULLAH/Makalah_dan_Artikel _yang _sudah _dipublikasikan_%289_files%29/Artikel-02.pdf

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Allen, N.J. dan J.P. Meyer. 1991. The Measurement and Antecedents of Affective, Continuance and Normative Commitment to the Organizational. Journal of Occupational Psychology.Vol 1 hal. 1- 18.

Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka. Cipta

Bakri, Hasrul. 2009. “Peningkatan Minat Belajar Praktek Menggulung Trafo Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Siswa SMK Negeri 3 Makassar”. Jurnal MEDTEK, Vol. 1, No. 1, April 2009: Diterbitkan

Darmodjo, Hendro dan Jenny R.E. Kaligis. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud

Glazer. (2001). Problem Based Instruction. In M. Orey (ED), Emerging Perspective on learning, teching, and technology. (online) terdapat. http//www.coe.uga.edu/epltt/ProblemBasedInstruct.htm.

Kellough, R. D. (1992). Teaching in the Middle and Secondary. Schools 4th. USA: Macmillan Publishing Company.

Tan, O.S. (2008). Problem-based learning and creativity. Singapore: Cengage Learning.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-04

Terbitan

Bagian

Articles