UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI MATERI MEMBANDINGKAN SIFAT KEMAMPUAN MENGHANTAR PANAS DARI BERBAGAI BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN
Abstrak
ABSTRAK
Setelah dilaksanakan penelitian Tindak kelas yang dilakukakan di SD Negeri Paguyangan 02 tahun ajaran 2022/2023 , dengan tujuan untuk meperbaiki proseh dan hasil pembelajaran dikelah VI pada mata pelajaran IPA materi Penghantaran panas dengan menggunakan metode ekperimen, didapatkan hasil yang baik. berdasarkan analisis terhadap data penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan di SDN Paguyangan 02 dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPA kelas VI materi Penghantaran panas mengalami peningkatan diantaranya adalah : (1) Perolehan nilai rata- rata hasil belajar siswa yang meningkat menjadi 88, (2) pembelajaran menjadi tuntas dengan capaian 96,6%, (3) Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran setelah penerapan metode eksperimen meningkat menjadi 92,5% dengan kategori sangat baik. (4) Aktivitas guru dalam proses pembelajaran setelah penerapan metode eksperimen meningkat, menjadi 90,9% dengan kategori sangat baik
Kata kunci: metode, eksperimen , IPA, hasil belajar
EFFORTS TO IMPROVE SCIENCE ACTIVITIES AND LEARNING OUTCOMES OF GRADE VI STUDENTS MATERIAL COMPARING THE NATURE OF THE ABILITY TO CONDUCT HEAT FROM VARIOUS OBJECTS THROUGH EXPERIMENTAL METHODS
ABSTRACT
After carrying out classroom follow-up research which was carried out at SD Negeri Paguyangan 02 for the 2022/2023 academic year, with the aim of improving the learning process and outcomes in class VI in the science subject material Heat conduction using experimental methods, good results were obtained. Based on the analysis of classroom action research data that has been carried out at SDN Paguyangan 02, it can be concluded that the application of the experimental method can improve the process and learning outcomes of class VI science, the heat conduction material has increased, including: (1) The average score for student learning outcomes has increased. became 88, (2) learning was completed with an achievement of 96.6%, (3) Student activity in the learning process after applying the experimental method increased to 92.5% in the very good category. (4) Teacher activity in the learning process after implementing the experimental method increased to 90.9% in the very good category
Key words: method, experiment, science, learning outcomes
Referensi
Carin dan sund. 1993. Metodologi pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi aksara.
Djamarah, S.B 1995 Stategi Belajar Mengajar, Banjarmasin : Rineka Cipta
Mulyani Sumantri dan Johar Permana. 1999. Strategi Pembelajaran. Jakarta. : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Mulyasa, E.. 2012. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,
Nuryani, Rustaman dkk, 2010. Materi dan pembelajaran IPA SD.Jakarta.Universitas. Terbuka.
Rochiati Wiriaatmadja, 2007. Metode Penelitian TIndakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya
Roestiyah NK., Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta
Suyono, Hariyanto.. 201. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,
Syaiful, Sagala. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Trianto. 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka Karya,
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.