UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI MATERI MEMBANDINGKAN SIFAT KEMAMPUAN MENGHANTAR PANAS DARI BERBAGAI BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN

Penulis

  • Jhoni Hery Susanto

Abstrak

 

ABSTRAK

Setelah dilaksanakan penelitian Tindak kelas yang dilakukakan di SD Negeri Paguyangan 02 tahun ajaran 2022/2023  , dengan tujuan untuk meperbaiki proseh dan hasil pembelajaran dikelah VI pada mata pelajaran IPA  materi Penghantaran panas dengan menggunakan metode ekperimen, didapatkan hasil yang baik. berdasarkan analisis terhadap data penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan di SDN Paguyangan 02 dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan proses dan  hasil belajar IPA kelas VI materi Penghantaran panas mengalami peningkatan diantaranya adalah  : (1) Perolehan nilai rata- rata hasil belajar siswa yang meningkat menjadi 88, (2) pembelajaran menjadi tuntas dengan capaian 96,6%,  (3) Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran setelah penerapan metode eksperimen meningkat menjadi 92,5% dengan kategori sangat baik. (4) Aktivitas guru dalam proses pembelajaran setelah penerapan metode eksperimen meningkat, menjadi 90,9% dengan kategori sangat baik

Kata kunci:  metode, eksperimen , IPA, hasil belajar

 

EFFORTS TO IMPROVE SCIENCE ACTIVITIES AND LEARNING OUTCOMES OF GRADE VI STUDENTS MATERIAL COMPARING THE NATURE OF THE ABILITY TO CONDUCT HEAT FROM VARIOUS OBJECTS THROUGH EXPERIMENTAL METHODS

ABSTRACT

After carrying out classroom follow-up research which was carried out at SD Negeri Paguyangan 02 for the 2022/2023 academic year, with the aim of improving the learning process and outcomes in class VI in the science subject material Heat conduction using experimental methods, good results were obtained. Based on the analysis of classroom action research data that has been carried out at SDN Paguyangan 02, it can be concluded that the application of the experimental method can improve the process and learning outcomes of class VI science, the heat conduction material has increased, including: (1) The average score for student learning outcomes has increased. became 88, (2) learning was completed with an achievement of 96.6%, (3) Student activity in the learning process after applying the experimental method increased to 92.5% in the very good category. (4) Teacher activity in the learning process after implementing the experimental method increased to 90.9% in the very good category

Key words: method, experiment, science, learning outcomes

 

Referensi

Carin dan sund. 1993. Metodologi pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi aksara.

Djamarah, S.B 1995 Stategi Belajar Mengajar, Banjarmasin : Rineka Cipta

Mulyani Sumantri dan Johar Permana. 1999. Strategi Pembelajaran. Jakarta. : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Mulyasa, E.. 2012. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,

Nuryani, Rustaman dkk, 2010. Materi dan pembelajaran IPA SD.Jakarta.Universitas. Terbuka.

Rochiati Wiriaatmadja, 2007. Metode Penelitian TIndakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya

Roestiyah NK., Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta

Suyono, Hariyanto.. 201. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,

Syaiful, Sagala. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Trianto. 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka Karya,

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-04

Terbitan

Bagian

Articles