PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARA MENGHITUNG LUAS SEGI BANYAK SEDERHANA, LUAS LINGKARAN, DAN VOLUME PRISMA SEGITIGA DI KELAS V SD NEGERI KALENPANDAN KABUPATEN BREBES

Penulis

  • Elis Widiowati

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian tindak kelas (PTK)   yang berjudul . Penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajara menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga di kelas v sd negeri kalenpandan Kabupaten brebes telah selesai dilaksnakan. Dengan tujuan untuk memeperbaiki proses pembelajaran sehingga tujaundan pencapaian dari pembelajaran bisa selesai dan tuntas sesuai dengan standar yang telah ditentuka. Sampel dari penelitian ini berjumlah  21 orang. Hasilnya menunjukan  dimana Pelaksanaaan perbaikan berjalan cukup baik dengan dibuktikan hasil observasi dengan nilai 3, 71 pada siklus 1, dan meningkat menjadi 4,14 pada siklus 2.  Prestasi belajar siswa meningkat dari 60,53 sebelum siklus meningkat menjadi 73,68 pada siklus 1 dan menjadi 87,89 pada siklus 2. Ketuntasan klasikal sebelum siklus sebesar 15,73 %menjadi 72,73 % pada siklus 1 dan meningkat menjadi 94,73 % pada siklus 2.  Prestasi belajar siswa meningkat melalui aktivitas perbaikan meliputi : a) penggunaan bahasa yang mudah dipahami b) pemanfaatan alat peraga, c) penggunaan metode yang bervariasi, d) adanya tanya jawab atau dialog dengan siswa tentang materi, e)  diadakan latihan soal.

Kata kunci:  Problem based Learning, hasil belajar Matematika

 

THE USE OF LEARNING MEDIA TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES CALCULATES THE AREA OF SIMPLE MULTIFACETS, THE AREA OF A CIRCLE, AND THE VOLUME OF A TRIANGULAR PRISM IN CLASS V OF SD NEGERI KALENPANDAN

KABUPATEN BREBES

 

ABSTRACT

Class action research (PTK) entitled . The use of learning media to improve learning outcomes, calculating the area of ​​simple polygons, the area of ​​a circle, and the volume of a triangular prism in class V of SD Negeri Kalenpandan, Brebes Regency has been completed. With the aim of improving the learning process so that the goals and achievements of learning can be completed and completed in accordance with predetermined standards. The sample from this research consisted of 21 people. The results show that the implementation of improvements is going quite well as evidenced by the results of observations with a value of 3.71 in cycle 1, and increasing to 4.14 in cycle 2. Student learning achievement increased from 60.53 before the cycle increased to 73.68 in cycle 1 and to 87.89 in cycle 2. Classical completeness before the cycle was 15.73% to 72.73% in cycle 1 and increased to 94.73% in cycle 2. Student learning achievement increased through improvement activities including: a) use of appropriate language easy to understand b) use of teaching aids, c) use of varied methods, d) question and answer or dialogue with students about the material, e) practice questions are held.

Keywords: Problem based Learning, Mathematics learning outcomes

 

Referensi

Suherman, Erman, dkk.(2001). Strategi Pembelajaran Matematika. Kontemporer. Bandung: JICA-UPI

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Paimin.(1998). MatematikaDasar[online].Tersedia : www. Matematikaonline.com. (7 September 2013) Raharjo, Marsudi. M.Sc. (2004) Peluang.DiklatInstruksi/ PengembanganMatematikaJenjangDasar.Yogyakarta :Tidakditerbitkan

Muslich, Masnur. (2009). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu. Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Arsyad, Azhar (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo utama

Arief S Sadiman, dkk. 2008. Media pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo. Persada

Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. (2002). Media Pembelajaran,Jakarta: Ciputat Pres. Agung

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-04

Terbitan

Bagian

Articles