PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARA MENGHITUNG LUAS SEGI BANYAK SEDERHANA, LUAS LINGKARAN, DAN VOLUME PRISMA SEGITIGA DI KELAS V SD NEGERI KALENPANDAN KABUPATEN BREBES
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian tindak kelas (PTK) yang berjudul . Penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajara menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga di kelas v sd negeri kalenpandan Kabupaten brebes telah selesai dilaksnakan. Dengan tujuan untuk memeperbaiki proses pembelajaran sehingga tujaundan pencapaian dari pembelajaran bisa selesai dan tuntas sesuai dengan standar yang telah ditentuka. Sampel dari penelitian ini berjumlah 21 orang. Hasilnya menunjukan dimana Pelaksanaaan perbaikan berjalan cukup baik dengan dibuktikan hasil observasi dengan nilai 3, 71 pada siklus 1, dan meningkat menjadi 4,14 pada siklus 2. Prestasi belajar siswa meningkat dari 60,53 sebelum siklus meningkat menjadi 73,68 pada siklus 1 dan menjadi 87,89 pada siklus 2. Ketuntasan klasikal sebelum siklus sebesar 15,73 %menjadi 72,73 % pada siklus 1 dan meningkat menjadi 94,73 % pada siklus 2. Prestasi belajar siswa meningkat melalui aktivitas perbaikan meliputi : a) penggunaan bahasa yang mudah dipahami b) pemanfaatan alat peraga, c) penggunaan metode yang bervariasi, d) adanya tanya jawab atau dialog dengan siswa tentang materi, e) diadakan latihan soal.
Kata kunci: Problem based Learning, hasil belajar Matematika
THE USE OF LEARNING MEDIA TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES CALCULATES THE AREA OF SIMPLE MULTIFACETS, THE AREA OF A CIRCLE, AND THE VOLUME OF A TRIANGULAR PRISM IN CLASS V OF SD NEGERI KALENPANDAN
KABUPATEN BREBES
ABSTRACT
Class action research (PTK) entitled . The use of learning media to improve learning outcomes, calculating the area of simple polygons, the area of a circle, and the volume of a triangular prism in class V of SD Negeri Kalenpandan, Brebes Regency has been completed. With the aim of improving the learning process so that the goals and achievements of learning can be completed and completed in accordance with predetermined standards. The sample from this research consisted of 21 people. The results show that the implementation of improvements is going quite well as evidenced by the results of observations with a value of 3.71 in cycle 1, and increasing to 4.14 in cycle 2. Student learning achievement increased from 60.53 before the cycle increased to 73.68 in cycle 1 and to 87.89 in cycle 2. Classical completeness before the cycle was 15.73% to 72.73% in cycle 1 and increased to 94.73% in cycle 2. Student learning achievement increased through improvement activities including: a) use of appropriate language easy to understand b) use of teaching aids, c) use of varied methods, d) question and answer or dialogue with students about the material, e) practice questions are held.
Keywords: Problem based Learning, Mathematics learning outcomes
Referensi
Suherman, Erman, dkk.(2001). Strategi Pembelajaran Matematika. Kontemporer. Bandung: JICA-UPI
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Paimin.(1998). MatematikaDasar[online].Tersedia : www. Matematikaonline.com. (7 September 2013) Raharjo, Marsudi. M.Sc. (2004) Peluang.DiklatInstruksi/ PengembanganMatematikaJenjangDasar.Yogyakarta :Tidakditerbitkan
Muslich, Masnur. (2009). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu. Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Arsyad, Azhar (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo utama
Arief S Sadiman, dkk. 2008. Media pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo. Persada
Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. (2002). Media Pembelajaran,Jakarta: Ciputat Pres. Agung
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.