PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI JEMASIH 02 BREBES

Penulis

  • Efa Hanifah

Abstrak


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Jemasih 02 Brebes  dengan penerapan model kooperatif tipe think pair share. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Jemasih 02 Brebes  dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, tes dan dokumentasi. Penelitian menggunakan tekhnik analisis data kualitatif dan tekhnik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil analis data dapat diketahui hasil presentase ketuntasan siswa pada siklus I 75% dengan kategori sangat cukup . Sedangkan pada siklus II  presentase ketuntasan siswa sebesar 95% dengan kategori sangat baik. Pada siklus II keterampilan membaca pemahaman siswa juga mengalami peningkatan rata-rata sebesar 25% dari pelaksanaan siklus I. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V Jemasih 02 Brebes  .

Kata Kunci : Model Kooperatif Think Pair Share, Keterampilan Membaca Pemahaman dan Sekolah Dasar.

 

IMPROVING CHILDREN'S READING COMPREHENSION SKILLS THROUGH THE APPLICATION OF THE THINK PAIR SHARE LEARNING MODEL IN GRADE V OF JEMASIH 02 BRIBES STATE ELEMENTARY SCHOOL

ABSTRACT

This research aims to improve the reading comprehension skills of fifth grade students at Jemasih 02 Brebes State Elementary School by implementing a think pair share type cooperative model. The subjects in this research were teachers and students of class V Jemasih 02 Brebes State Elementary School with a total of 20 students. This research was carried out in two cycles, each cycle consisting of one meeting. Data collection in this research uses documentation, tests and documentation. The research uses qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques. Based on the results of data analysis, it can be seen that the percentage of student completion in cycle I was 75% in the very sufficient category. Meanwhile, in cycle II, the percentage of student completion was 95% in the very good category. In cycle II, students' reading comprehension skills also experienced an average increase of 25% compared to the implementation of cycle I. So it can be concluded that the implementation of the think pair share type cooperative model can improve the reading comprehension skills of class V Jemasih 02 Brebes students.

Keywords: Cooperative Think Pair Share Model, Reading Comprehension Skills and Elementary Scho

 

Referensi

Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni (2009). “Cooperative Learning”. Bandung : Alfabeta.

Istarani. 2012. 58 Model PembelajaranInovatifReferensi Guru DalamMenentukan Model Pembelajaran. Medan: Media Persada.

Lie, Anita (2007). “Cooperative Learning”. Jakarta : Grasindo.

Razak, Abdul. 2005. Membaca Pemahaman teori Dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Autobiografi

Resti Aulia, Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Anak Tunarungu, dalam jurnal Ilmiah Pendidika khusus, (Padang : Universitas Negeri Padang, Vol. 1, No. 2, 2012

Rusman, (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012) ,

Rusman.(2012). Model – Model Pembelajaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada

Yunus Abidin, Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter, (Bandung: Refeka Aditama, 2012)

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-04

Terbitan

Bagian

Articles