PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI JEMASIH 02 BREBES
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Jemasih 02 Brebes dengan penerapan model kooperatif tipe think pair share. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Jemasih 02 Brebes dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, tes dan dokumentasi. Penelitian menggunakan tekhnik analisis data kualitatif dan tekhnik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil analis data dapat diketahui hasil presentase ketuntasan siswa pada siklus I 75% dengan kategori sangat cukup . Sedangkan pada siklus II presentase ketuntasan siswa sebesar 95% dengan kategori sangat baik. Pada siklus II keterampilan membaca pemahaman siswa juga mengalami peningkatan rata-rata sebesar 25% dari pelaksanaan siklus I. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V Jemasih 02 Brebes .
Kata Kunci : Model Kooperatif Think Pair Share, Keterampilan Membaca Pemahaman dan Sekolah Dasar.
IMPROVING CHILDREN'S READING COMPREHENSION SKILLS THROUGH THE APPLICATION OF THE THINK PAIR SHARE LEARNING MODEL IN GRADE V OF JEMASIH 02 BRIBES STATE ELEMENTARY SCHOOL
ABSTRACT
This research aims to improve the reading comprehension skills of fifth grade students at Jemasih 02 Brebes State Elementary School by implementing a think pair share type cooperative model. The subjects in this research were teachers and students of class V Jemasih 02 Brebes State Elementary School with a total of 20 students. This research was carried out in two cycles, each cycle consisting of one meeting. Data collection in this research uses documentation, tests and documentation. The research uses qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques. Based on the results of data analysis, it can be seen that the percentage of student completion in cycle I was 75% in the very sufficient category. Meanwhile, in cycle II, the percentage of student completion was 95% in the very good category. In cycle II, students' reading comprehension skills also experienced an average increase of 25% compared to the implementation of cycle I. So it can be concluded that the implementation of the think pair share type cooperative model can improve the reading comprehension skills of class V Jemasih 02 Brebes students.
Keywords: Cooperative Think Pair Share Model, Reading Comprehension Skills and Elementary Scho
Referensi
Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni (2009). “Cooperative Learning”. Bandung : Alfabeta.
Istarani. 2012. 58 Model PembelajaranInovatifReferensi Guru DalamMenentukan Model Pembelajaran. Medan: Media Persada.
Lie, Anita (2007). “Cooperative Learning”. Jakarta : Grasindo.
Razak, Abdul. 2005. Membaca Pemahaman teori Dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Autobiografi
Resti Aulia, Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Anak Tunarungu, dalam jurnal Ilmiah Pendidika khusus, (Padang : Universitas Negeri Padang, Vol. 1, No. 2, 2012
Rusman, (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012) ,
Rusman.(2012). Model – Model Pembelajaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada
Yunus Abidin, Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter, (Bandung: Refeka Aditama, 2012)
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.