PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PEMBAGIAN BERSUSUN DI KELAS IV SD NEGERI KARANGSARI BREBES
Abstrak
ABSTRAK
Setelah dilakukan penelitian yang berjudul penggunaan model pembelajaran Problem based Learning (PBL) di SD Negeri Karangsari Brebes tahun ajaran 2023/2024 kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 34 peserta didik pada materi pembeagian bersusun dengantujuan untuk memperbaiki pembelajaran sesuai dengan tujuan dan capaian . KKM untuk rata rata ditentukan sebesar 80 (tinggi) dan capaiannya adalah 85% (tinggi). Hasil akhirnya menunjukan bahwa penggunaan model PBL dianggap cbisa menyelesaikan masalah pembelajaran matematika SD Negeri Karangsari, dengan capaian akhir pada siklus ke II , rata rata klasikal 88 dan capaian ketuntasan 100%. Hal ini karena Model Problem Based Learning mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan suatu masalah b). Meningkatkan belajar berkolaborasi dan komunikatif dalam memecahkan suatu masalah. c). Meningkatkan kreativitas guru dalam proses pembelajaran d). Membuat siswa terbiasa menghadapi masalah terutama terhadap kehidupan nyata, e). Menumbuhkan motivasi, keberanian, rasa percaya diri, dan semangat siswa dalam proses pembelajaran
Kata kunci: matematika, PBL Pembagian bersusun.
THE USE OF THE PBL LEARNING MODEL TO IMPROVE MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES IN STACKED DIVISION MATERIAL IN GRADE IV SD NEGERI KARANGSARI BREBES
ABSTRACT
After conducting research entitled the use of the Problem Based Learning (PBL) learning model at the Karangsari Brebes State Elementary School for the 2023/2024 class IV academic year with a total of 21 students using structured divisional material with the aim of improving learning in accordance with the goals and achievements. The KKM for the average is determined at 80 (high) and the achievement is 85% (high). The final results show that the use of the PBL model is considered to be able to solve mathematics learning problems at Karangsari State Elementary School, with the final achievement in the second cycle, a classical average of 88 and a completeness achievement of 100%. This is because the Problem Based Learning Model develops students' critical thinking skills in solving a problem b). Improve collaborative and communicative learning in solving a problem. c). Increasing teacher creativity in the learning process d). Make students accustomed to facing problems, especially in real life, e). Develop students' motivation, courage, self-confidence and enthusiasm in the learning process
Keywords: mathematics, PBL Multilevel division
Referensi
Barrows, Howard S., & Tamblyn, M.D. Robyn. (1980). Problem-Based Learning An Approach to Medical Education. Springer Publishing Company. New York
Barrows, Howard S., & Tamblyn, M.D. Robyn. (1980). Problem-Based Learning An Approach to Medical Education. Springer Publishing Company. New York
Kusumah, et. All. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Indeks. Marra, R., Jonassen, D. H., Palmer, B., & Luft, S. (2014). Why problembased learning works: Theoretical foun-dations. Journal on Excellence in College Teaching, 25(3&4), 221-238
Kusumah, et. All. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Indeks.
Marra, R., Jonassen, D. H., Palmer, B., & Luft, S. (2014). Why problem- based learning works: Theoretical foun-dations. Journal on Excellence in College Teaching, 25(3&4), 221-238
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Simone, Christina De. (2014). Problem- Based Learning in Teacher Education: Trajectories of Change. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 4,No. 12; October 2014
Simone, Christina De. (2014). ProblemBased Learning in Teacher Education: Trajectories of Change. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 4,No. 12; October 2014.
Wardhani, Sri dkk. 2010. Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SD. Yogyakarta: PPPPTK.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.