PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGJONGKENG 01

Penulis

  • Ahmad Yamin

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap  kemampuan berpikir ktitis siswa pada materi hubungan saling ketergantungan antar komponen biotik-abiotik dapat memengaruhi kestabilan suatu ekosistem di lingkungan sekitarnya seluruh siswa kelas V SD Negeri Karangjongkeng 01 tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini terdapat 1 kelas eksperimen yaitu V sebanyak 20 siswa Dalam penelitian ini sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive  sampling, desain penelitiannya adalah PTK Model Mc Taggart. Instrumen penelitian menggunakan soal-soal tes uraian dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis lebih efektif dibandingkan penggunaan model konvensional  pada materi hubungan saling ketergantungan antar komponen biotik-abiotik dapat memengaruhi kestabilan suatu ekosistem di lingkungan sekitarnya.

Kata kunci:  Berpikir kritis,  Problem Based Learning

APPLICATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) LEARNING MODEL TO IMPROVE SCIENCE LEARNING ACHIEVEMENT IN GRADE V STUDENTS OF SD NEGERI KARANGJONGKENG 01

ABSTRACT

his research aims to obtain information regarding the effectiveness of the Problem Based Learning (PBL) learning model on students' critical thinking abilities in the material of the interdependence relationship between biotic-abiotic components which can influence the stability of an ecosystem in the surrounding environment for all class V students at SD Negeri Karangjongkeng 01 for the 2022 academic year. /2023. The sample in this study was 1 experimental class, namely V, with 20 students. In this study, the sample was taken using a purposive sampling technique, the research design was the Mc Taggart PTK Model. The research instrument used descriptive test questions and questionnaires. The results of the research show that the use of the Problem Based Learning (PBL) model for critical thinking skills is more effective than the use of conventional models on the subject of interdependent relationships between biotic-abiotic components which can influence the stability of an ecosystem in the surrounding environment.

Keywords: Critical thinking, Problem Based Learning

 

Referensi

Arends,R.I. 2008. Learning To Teach (belajar untuk mengajar).Yogyakarta :Pust

aka pelajar

Fisher, A. 2008. Berpikir Kritis : Sebuah Pengantar. Erlangga.

Harjanto . 2010. Perencanaan pengajaran. Jakarta. Rineka cipta

Ibnu,Tukiran.B.A. 2014. Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif dan

kontekstual: konsep landasan dan implementasinya pada kurikulum 2013

(kurikulum tematik integratif / KTI). Jakarta. Prenada media group

Isjoni. 2010. Cooperative Learning : Efektifitas Pembelajaran kelompok. Bandung. Alfabeta

Komalasari,K. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung. :PT. Refika Aditama

Soyomukti,N. 2013. Teori- teori pendidikan : (neoliberal, marxis-sosialis, postmo

dern). Jogjakarta. Ar-ruzz media

Sugiyono . 2013. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D ). Bandung. Alfabeta

Triwahyuni,dian dkk.2015.Penerapan Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Aktifitas Siswa Pokok Bahasan Archaebacteria Dan Eubacteria Pada Siswa Kelas X SMA Pawyatan Daha.(Online).Tersedia: http://biology.umm.ac.id/files/file/212219%20Diyan%20Triwahyuni%20.pdf (13 januari 2016)

Yoswita,fertika dkk.2013. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Lear

ning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. (Online). Tersedia:http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/4237/2697 (13 januari 2016)

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-04

Terbitan

Bagian

Articles