PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGJONGKENG 01
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir ktitis siswa pada materi hubungan saling ketergantungan antar komponen biotik-abiotik dapat memengaruhi kestabilan suatu ekosistem di lingkungan sekitarnya seluruh siswa kelas V SD Negeri Karangjongkeng 01 tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini terdapat 1 kelas eksperimen yaitu V sebanyak 20 siswa Dalam penelitian ini sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, desain penelitiannya adalah PTK Model Mc Taggart. Instrumen penelitian menggunakan soal-soal tes uraian dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis lebih efektif dibandingkan penggunaan model konvensional pada materi hubungan saling ketergantungan antar komponen biotik-abiotik dapat memengaruhi kestabilan suatu ekosistem di lingkungan sekitarnya.
Kata kunci: Berpikir kritis, Problem Based Learning
APPLICATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) LEARNING MODEL TO IMPROVE SCIENCE LEARNING ACHIEVEMENT IN GRADE V STUDENTS OF SD NEGERI KARANGJONGKENG 01
ABSTRACT
his research aims to obtain information regarding the effectiveness of the Problem Based Learning (PBL) learning model on students' critical thinking abilities in the material of the interdependence relationship between biotic-abiotic components which can influence the stability of an ecosystem in the surrounding environment for all class V students at SD Negeri Karangjongkeng 01 for the 2022 academic year. /2023. The sample in this study was 1 experimental class, namely V, with 20 students. In this study, the sample was taken using a purposive sampling technique, the research design was the Mc Taggart PTK Model. The research instrument used descriptive test questions and questionnaires. The results of the research show that the use of the Problem Based Learning (PBL) model for critical thinking skills is more effective than the use of conventional models on the subject of interdependent relationships between biotic-abiotic components which can influence the stability of an ecosystem in the surrounding environment.
Keywords: Critical thinking, Problem Based Learning
Referensi
Arends,R.I. 2008. Learning To Teach (belajar untuk mengajar).Yogyakarta :Pust
aka pelajar
Fisher, A. 2008. Berpikir Kritis : Sebuah Pengantar. Erlangga.
Harjanto . 2010. Perencanaan pengajaran. Jakarta. Rineka cipta
Ibnu,Tukiran.B.A. 2014. Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif dan
kontekstual: konsep landasan dan implementasinya pada kurikulum 2013
(kurikulum tematik integratif / KTI). Jakarta. Prenada media group
Isjoni. 2010. Cooperative Learning : Efektifitas Pembelajaran kelompok. Bandung. Alfabeta
Komalasari,K. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung. :PT. Refika Aditama
Soyomukti,N. 2013. Teori- teori pendidikan : (neoliberal, marxis-sosialis, postmo
dern). Jogjakarta. Ar-ruzz media
Sugiyono . 2013. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D ). Bandung. Alfabeta
Triwahyuni,dian dkk.2015.Penerapan Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Aktifitas Siswa Pokok Bahasan Archaebacteria Dan Eubacteria Pada Siswa Kelas X SMA Pawyatan Daha.(Online).Tersedia: http://biology.umm.ac.id/files/file/212219%20Diyan%20Triwahyuni%20.pdf (13 januari 2016)
Yoswita,fertika dkk.2013. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Lear
ning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. (Online). Tersedia:http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/4237/2697 (13 januari 2016)
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.