PENINGKATAKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP GAYA GRAVITASI MENGGUNAKAN METODE PERCOBAAN DAN MEDIA KONGKRET PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI TARABAN 02 KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES
Abstrak
ABSTRAK
Setelah dilaksanakan penelitian PTK dengan judul Peningkatakan prestasi, aktivitas dan keterampilan Belajar siswa tentang konsep gaya gravitasi Menggunakan metode percobaan dan media kongkret Pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam Kelas v semester 2 sekolah dasar negeri Taraban 02 kecamatan Paguyangan Kabupaten brebes Melalui metode eksperimen / percobaan prestasi belajar siswa meningkat dengan bukti nilai rata – rata pra siklus 50,9 siklus I 59,5 dan siklus II 88,1. Melalui media kongkret aktifitas belajar siswa meningkat dengan bukti pra-siklus 32%, siklus I 53% dan siklus II 66%. Melalui pendekatan pemecahan masalah keterampilan siswa meningkat dengan bukti nilai pra-siklus 41%, siklus I 86% dan siklus II 96%, hal ini karena dengan menggunakan metode eksperimen peserta didik akan memudahkan memahami konsep, hukum serta kausalitas yang terjadi dalam kehidupannya. .
Kata kunci: metode, eksperimen, pengetahuan alam, Taraban
IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT ABOUT THE CONCEPT OF GRAVITATIONAL FORCE USING EXPERIMENTAL METHODS AND CONCRETE MEDIA IN NATURAL SCIENCE SUBJECTS
CLASS V TARABAN STATE ELEMENTARY SCHOOL 02 PAGUYANGAN SUB-DISTRICT, BREBES REGENCY
ABSTRACT
After carrying out PTK research with the title Improving achievement, activities and skills. Students learn about the concept of gravitational force Using experimental methods and concrete media. In natural science subjects, Class V, semester 2, Taraban 02 state elementary school, Paguyangan sub-district, Brebes Regency. Through the experimental/experiment method, learning achievement. students increased with evidence of an average pre-cycle score of 50.9, cycle I 59.5 and cycle II 88.1. Through concrete media, student learning activities increased with evidence from pre-cycle 32%, cycle I 53% and cycle II 66%. Through a problem solving approach, students' skills increase with evidence of a pre-cycle score of 41%, cycle I 86% and cycle II 96%, this is because by using the experimental method it will be easier for students to understand the concepts, laws and causality that occur in their lives. .
Key words: method, experiment, natural knowledge, Taraban
Referensi
Andayani, dkk. 2007. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta. Universitas Terbuka
Bahri Syaiful. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam keluarga. Jakarta: PT. Reneka Cipta.
Dimyati, Mujiono . 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Penerbit Rineka Cipta
Hadiat, dkk. 2004. Sains 3 Kelas 5 SD. Jakarta. Balai Pustaka,
Hermawan, Asep, Henry, dkk. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Universitas Terbuka.
Ibnu Subekti 2017, Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Observasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Di Mi Mathla`Ul Anwar, Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 1438 H/2017 M. http://repository.radenintan.ac.id/3066/1/SKRIPSI.pdf
Iskandar, M. Srini. 1997. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: DIKTI
Roestiyah. (2012) Strategi Belajar Mengajar.Jakarta. Rineka Cipta.
Roso Kemala. 2006. Jelajah IPA Kelas 5 SD. Jakarta, Yudistira.
Sagala, Syaiful. (2014). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Samatowa, Usman. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.
Sumantri, Mulyani, Nana, Syaodih. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta. Pusat Penerbitan Ubiversitas Terbuka.
Wardani I.G.A.K, Wihardit, Kuswaya, dkk. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.