PENINGKATAKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP GAYA GRAVITASI MENGGUNAKAN METODE PERCOBAAN DAN MEDIA KONGKRET PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI TARABAN 02 KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES

Penulis

  • Suhono

Abstrak

 

ABSTRAK

Setelah dilaksanakan penelitian PTK  dengan judul Peningkatakan prestasi, aktivitas dan keterampilan Belajar siswa tentang konsep gaya gravitasi Menggunakan metode percobaan dan media kongkret Pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam Kelas v semester 2 sekolah dasar negeri Taraban 02 kecamatan Paguyangan  Kabupaten brebes Melalui metode eksperimen / percobaan prestasi belajar siswa meningkat dengan bukti nilai rata – rata pra siklus 50,9 siklus I 59,5 dan siklus II 88,1. Melalui media kongkret aktifitas belajar siswa meningkat dengan bukti pra-siklus 32%, siklus I 53% dan siklus II 66%. Melalui pendekatan pemecahan masalah keterampilan siswa meningkat dengan bukti nilai pra-siklus 41%, siklus I 86% dan siklus II 96%, hal ini karena dengan menggunakan metode eksperimen peserta didik akan memudahkan memahami konsep, hukum serta kausalitas yang terjadi dalam kehidupannya.  .

Kata kunci:  metode,  eksperimen, pengetahuan alam, Taraban

 

IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT ABOUT THE CONCEPT OF GRAVITATIONAL FORCE USING EXPERIMENTAL METHODS AND CONCRETE MEDIA IN NATURAL SCIENCE SUBJECTS

CLASS V TARABAN STATE ELEMENTARY SCHOOL 02 PAGUYANGAN SUB-DISTRICT, BREBES REGENCY

ABSTRACT

After carrying out PTK research with the title Improving achievement, activities and skills. Students learn about the concept of gravitational force Using experimental methods and concrete media. In natural science subjects, Class V, semester 2, Taraban 02 state elementary school, Paguyangan sub-district, Brebes Regency. Through the experimental/experiment method, learning achievement. students increased with evidence of an average pre-cycle score of 50.9, cycle I 59.5 and cycle II 88.1. Through concrete media, student learning activities increased with evidence from pre-cycle 32%, cycle I 53% and cycle II 66%. Through a problem solving approach, students' skills increase with evidence of a pre-cycle score of 41%, cycle I 86% and cycle II 96%, this is because by using the experimental method it will be easier for students to understand the concepts, laws and causality that occur in their lives. .

Key words: method, experiment, natural knowledge, Taraban

 

Referensi

Andayani, dkk. 2007. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta. Universitas Terbuka

Bahri Syaiful. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam keluarga. Jakarta: PT. Reneka Cipta.

Dimyati, Mujiono . 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Penerbit Rineka Cipta

Hadiat, dkk. 2004. Sains 3 Kelas 5 SD. Jakarta. Balai Pustaka,

Hermawan, Asep, Henry, dkk. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Universitas Terbuka.

Ibnu Subekti 2017, Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Observasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Di Mi Mathla`Ul Anwar, Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 1438 H/2017 M. http://repository.radenintan.ac.id/3066/1/SKRIPSI.pdf

Iskandar, M. Srini. 1997. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: DIKTI

Roestiyah. (2012) Strategi Belajar Mengajar.Jakarta. Rineka Cipta.

Roso Kemala. 2006. Jelajah IPA Kelas 5 SD. Jakarta, Yudistira.

Sagala, Syaiful. (2014). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Samatowa, Usman. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Sumantri, Mulyani, Nana, Syaodih. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta. Pusat Penerbitan Ubiversitas Terbuka.

Wardani I.G.A.K, Wihardit, Kuswaya, dkk. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-04

Terbitan

Bagian

Articles