Curran.(2012). Langkah-langkah Model Pembelajaran Make-a match. Pekanbaru: Tim FKIP UNRI. Eka Sri Andayani, budiyono (2014). Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Dengan Media Garis Bilangan Di Sekolah Dasar. JPGSD.Volume 02 Nom
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas 6 SD Negeri Sitanggal 04 melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi rangkaian Listrik sederhana. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan fokus pada peningkatan capaian pembelajaran siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan bantuan media pembelajaran konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa secara signifikan.
Kata kunci: Ilmu Pengetahuan Alam, Problem Based Learning, SD Negeri Sitanggal 04, Rangkaian Listrik Sederhana, Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas.
THE APPLICATION OF PBL WITH A DEMONSTRATION METHOD TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES IN GRADE 6 SD NEGERI SITANGGAL 04 BREBES
ABSTRACT
This study aims to improve the quality of Natural Science (IPA) learning in grade 6 of SD Negeri Sitanggal 04 through the application of the Problem-Based Learning (PBL) model on the topic of simple electrical circuits. The research used the Classroom Action Research (PTK) method with a focus on improving student learning outcomes. The results show that the implementation of the PBL model with the assistance of concrete learning media can significantly improve students' IPA learning outcomes.
Keywords: Natural Science, Problem-Based Learning, SD Negeri Sitanggal 04, Simple Electrical Circuits, Learning, Classroom Action Research.
Referensi
Adawiyah, R. A. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD NEGERI 02 KALILANGKAP. JGuruku: Jurnal Penelitian Guru, 1(2), 121-133.
Agus Suprijono. 2009. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Materi Eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 1-7
Arends dalam Trianto. karakteristik model Problem Based Learning (PBL). http://blog.unsri.ac.id/widyastuti/pendidikan/pendekatan-pembelajaranberbasis-masalah-problem-based-learning-dan-pendekatan-pembelajaranberbasis-konteks-contextual-teaching-and-learning/mrdetail/14376/
Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi guru matematika dalam mengembangkan kompetensi matematis siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157-166
Kertya, I. G. (2022). Implementasi Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4).
Meilia, M., & Murdiana. (2019). Pendidik harus Melek Kompetensi dalam Menghadapi Pendidikan Abad ke-21. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, Volume 2, No 1.
Nuryana, S., Syifa, L., Farah, A. I., & Hanik, E. U. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Materi Tata Surya di MI NU Tamrinus Shibyan Pladen. YASIN, 1(2), 283-295.
Ridwan C. 2009. Problem Based Learning. (http://ridwan13.wordpress.com)
Suardana, P. (2019). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar permainan tolak peluru. Journal of Education Action Research, 3(3), 270-277.
Sudikin dkk. 2008. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Depdiknas.
Sugandi, D., Syach, A., & Febriyanto, D. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Pesawat Sederhana. Jurnal Tahsinia, 2(1), 37-50.
Utami, I. H., & Hasanah, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam penerapan pembelajaran tematik di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Pionir: jurnal pendidikan, 8(2)
Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Winataputra, U.S. dkk. (1993). Strategi Belajar Mengajar. IPA. Jakarta Bandung: Pionir Jaya
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rokhani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.