Curran.(2012). Langkah-langkah Model Pembelajaran Make-a match. Pekanbaru: Tim FKIP UNRI. Eka Sri Andayani, budiyono (2014). Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Dengan Media Garis Bilangan Di Sekolah Dasar. JPGSD.Volume 02 Nom

Penulis

  • Rokhani

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas 6 SD Negeri Sitanggal 04 melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi rangkaian Listrik sederhana. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan fokus pada peningkatan capaian pembelajaran siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan bantuan media pembelajaran konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa secara signifikan.

Kata kunci:  Ilmu Pengetahuan Alam, Problem Based Learning, SD Negeri Sitanggal 04, Rangkaian Listrik Sederhana, Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas.

THE APPLICATION OF PBL WITH A DEMONSTRATION METHOD TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES IN GRADE 6 SD NEGERI SITANGGAL 04 BREBES

ABSTRACT

This study aims to improve the quality of Natural Science (IPA) learning in grade 6 of SD Negeri Sitanggal 04 through the application of the Problem-Based Learning (PBL) model on the topic of simple electrical circuits. The research used the Classroom Action Research (PTK) method with a focus on improving student learning outcomes. The results show that the implementation of the PBL model with the assistance of concrete learning media can significantly improve students' IPA learning outcomes.

Keywords: Natural Science, Problem-Based Learning, SD Negeri Sitanggal 04, Simple Electrical Circuits, Learning, Classroom Action Research.

Referensi

Adawiyah, R. A. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD NEGERI 02 KALILANGKAP. JGuruku: Jurnal Penelitian Guru, 1(2), 121-133.

Agus Suprijono. 2009. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Materi Eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 1-7

Arends dalam Trianto. karakteristik model Problem Based Learning (PBL). http://blog.unsri.ac.id/widyastuti/pendidikan/pendekatan-pembelajaranberbasis-masalah-problem-based-learning-dan-pendekatan-pembelajaranberbasis-konteks-contextual-teaching-and-learning/mrdetail/14376/

Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi guru matematika dalam mengembangkan kompetensi matematis siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157-166

Kertya, I. G. (2022). Implementasi Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4).

Meilia, M., & Murdiana. (2019). Pendidik harus Melek Kompetensi dalam Menghadapi Pendidikan Abad ke-21. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, Volume 2, No 1.

Nuryana, S., Syifa, L., Farah, A. I., & Hanik, E. U. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Materi Tata Surya di MI NU Tamrinus Shibyan Pladen. YASIN, 1(2), 283-295.

Ridwan C. 2009. Problem Based Learning. (http://ridwan13.wordpress.com)

Suardana, P. (2019). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar permainan tolak peluru. Journal of Education Action Research, 3(3), 270-277.

Sudikin dkk. 2008. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Depdiknas.

Sugandi, D., Syach, A., & Febriyanto, D. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Pesawat Sederhana. Jurnal Tahsinia, 2(1), 37-50.

Utami, I. H., & Hasanah, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam penerapan pembelajaran tematik di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Pionir: jurnal pendidikan, 8(2)

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winataputra, U.S. dkk. (1993). Strategi Belajar Mengajar. IPA. Jakarta Bandung: Pionir Jaya

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-04

Terbitan

Bagian

Articles