PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE MAKE A MATCH DI KELAS VI SD KARANGDEMPEL 02
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian yang berjudul Peningkatan Hasil Belajar matematika Materi Operasi Hitung campuran Bilangan Bulat menggunakan model Cooperative Learning type Make A Mach di kelas VI SD Negeri Karangdempel 02 dengan tujuan memperbaiki hasil pembelajaran yang masuh jauh dari ketuntasan minimum. Hasilnya penelitian berkesimpulan yaitu dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model Make-a match memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung bilangan bulat siswa kelas VI SD Negeri Karangdempel 02 Kab. Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023 yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa yang mencapai 95,8% dengan nilai rata rata akhir 82 .
Kata kunci: model, kooperatif, make a mach, matematika
IMPROVING MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES OF INTEGER MIXED CALCULATION OPERATION MATERIAL USING THE COOPERATIVE LEARNING TYPE MAKE A MATCH MODEL IN CLASS VI SD KARANGDEMPEL 02
ABSTRACT
The research entitled Improving Mathematics Learning Outcomes Operational Material for Counting Mixed Whole Numbers uses the Make A Mach type Cooperative Learning model in class VI of SD Negeri Karangdempel 02 with the aim of improving learning outcomes which are still far from minimum completeness. The results of the research concluded that from the results of learning activities that had been carried out over two cycles, and based on all the discussions and analyzes that had been carried out it could be concluded that cooperative learning with the Make-a match model had a positive impact in improving mathematics learning outcomes regarding integer arithmetic operations for class VI students. SD Negeri Karangdempel 02 Kab. Brebes Academic Year 2022/2023 which was marked by an increase in student learning completeness which reached 95.8% with a final average score of 82
Keywords model, cooperative, make a mach, mathematics
Referensi
Curran.(2012). Langkah-langkah Model Pembelajaran Make-a match. Pekanbaru: Tim FKIP UNRI.
Eka Sri Andayani, budiyono (2014). Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Dengan Media Garis Bilangan Di Sekolah Dasar. JPGSD.Volume 02 Nomor 03 Tahun 2014. file:///C:/Users/USER/Downloads/12181-Article%20Text-15834-1-10-20150629.pdf
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni (2009). “Cooperative Learning”. Bandung : Alfabeta.
Karso, dkk. 2009. Pendidikan Matematika I. Jakarta : UT (Universitas Terbuka).
Lie, Anita (2007). “Cooperative Learning”. Jakarta : Grasindo.
Nyimas Aisyah dkk. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta. Dirjen Pendidikan Tinggi ± Depdiknas
Rusman, (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012) ,
Rusman.(2012). Model – Model Pembelajaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada
Wahab, (2012). Model Pembelajaran Make-a match. Diambil 15 Juli 2012, dari Wbungs education.blogspot.com
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.