PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE MAKE A MATCH DI KELAS VI SD KARANGDEMPEL 02

Penulis

  • Ghani Trimulyo

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian yang berjudul  Peningkatan Hasil Belajar matematika Materi Operasi Hitung campuran Bilangan Bulat menggunakan model Cooperative Learning type Make A Mach  di kelas VI  SD Negeri Karangdempel 02  dengan tujuan memperbaiki hasil pembelajaran yang masuh jauh dari ketuntasan minimum. Hasilnya penelitian berkesimpulan yaitu dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model Make-a match memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung bilangan bulat siswa kelas VI SD Negeri Karangdempel 02  Kab.  Brebes  Tahun Pelajaran 2022/2023 yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa yang mencapai 95,8% dengan nilai  rata rata akhir 82   .

Kata kunci:  model, kooperatif, make a mach, matematika

 

IMPROVING MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES OF INTEGER MIXED CALCULATION OPERATION MATERIAL USING THE COOPERATIVE LEARNING TYPE MAKE A MATCH MODEL IN CLASS VI SD KARANGDEMPEL 02

ABSTRACT

The research entitled Improving Mathematics Learning Outcomes Operational Material for Counting Mixed Whole Numbers uses the Make A Mach type Cooperative Learning model in class VI of SD Negeri Karangdempel 02 with the aim of improving learning outcomes which are still far from minimum completeness. The results of the research concluded that from the results of learning activities that had been carried out over two cycles, and based on all the discussions and analyzes that had been carried out it could be concluded that cooperative learning with the Make-a match model had a positive impact in improving mathematics learning outcomes regarding integer arithmetic operations for class VI students. SD Negeri Karangdempel 02 Kab. Brebes Academic Year 2022/2023 which was marked by an increase in student learning completeness which reached 95.8% with a final average score of 82

Keywords model, cooperative, make a mach, mathematics

 

Referensi

Curran.(2012). Langkah-langkah Model Pembelajaran Make-a match. Pekanbaru: Tim FKIP UNRI.

Eka Sri Andayani, budiyono (2014). Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Dengan Media Garis Bilangan Di Sekolah Dasar. JPGSD.Volume 02 Nomor 03 Tahun 2014. file:///C:/Users/USER/Downloads/12181-Article%20Text-15834-1-10-20150629.pdf

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni (2009). “Cooperative Learning”. Bandung : Alfabeta.

Karso, dkk. 2009. Pendidikan Matematika I. Jakarta : UT (Universitas Terbuka).

Lie, Anita (2007). “Cooperative Learning”. Jakarta : Grasindo.

Nyimas Aisyah dkk. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta. Dirjen Pendidikan Tinggi ± Depdiknas

Rusman, (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012) ,

Rusman.(2012). Model – Model Pembelajaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada

Wahab, (2012). Model Pembelajaran Make-a match. Diambil 15 Juli 2012, dari Wbungs education.blogspot.com

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-03

Terbitan

Bagian

Articles