PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II SDN 1 WINDUHAJI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BENDA KONKRET
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengalikan bilangan cacah siswa kelas II B SDN 1 Winduhaji dengan menggunakan media benda konkret. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan selama dua siklus dengan melibatkan 20 siswa. Pada siklus pertama, media benda konkret berupa kelereng diterapkan, dan pada siklus kedua diganti dengan permen. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam ketuntasan siswa, dengan persentase meningkat dari 65% pada siklus pertama menjadi 85% pada siklus kedua. Rata-rata nilai siswa mengalami kenaikan dari 78 menjadi 78,5. Intervensi ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap perkalian bilangan cacah.
Kata kunci: Matematika, bilangan cacah, perkalian, media benda konkret, penelitian tindakan kelas, siswa kelas II SD.
IMPROVING MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES IN GRADE II SDN 1 WINDUHAJI THROUGH THE USE OF CONCRETE OBJECT MEDIA
ABSTRACT
This study aims to improve the ability to multiply the number of students of grade II B SDN 1 Winduhaji by using concrete object media. Classroom action research was conducted over two cycles involving 20 students. In the first cycle, a concrete object medium in the form of marbles is applied, and in the second cycle it is replaced with candy. The results showed a significant improvement in student completeness, with the percentage increasing from 65% in the first cycle to 85% in the second cycle. The average score of students increased from 78 to 78.5. This intervention succeeded in increasing students' understanding of numerical multiplication.
Keywords: Mathematics, numerals, multiplication, concrete object media, classroom action research, grade II elementary school students.
Referensi
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Harjanto. 2006. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Heruman. 2012. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ibrahim dan Suparni. 2012. Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya.Yogyakarta: Suka Press UIN Sunan Kalijaga.
Ibrahim, R. dan Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Rostina Sundayana. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sarkiyah. 2010. Pembelajaran Matematika Materi Perkalian dengan Menggunakan Media Konkret (Skripsi). Solo: UNS.
Suryani, Nunuk dan Agung, Leo. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.
Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.