MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SUKASETIA PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG SUMBER DAYA ALAM DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukasetia pada mata pelajaran IPA tentang sumber daya alam. Dilakukan dengan menganalisis dan mendeskripsikan langkah-langkah serta dampak penggunaan media pembelajaran video dalam proses dan hasil belajar. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sukasetia tahun pelajaran 2021/2022 terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan, jadi jumlah seluruhnya adalah 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (evaluasi tertulis) dan observasi. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa yaitu berjumlah 9 orang (90%) dari jumlah siswa mencapai hasil belajar di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran IPA sub materi “Sumber Daya Alam” adalah 65,00. Sebelum dilakukan tindakan, dari 10 siswa, 4 siswa mencapai ketuntasan (40%) dan 6 siswa (60%) belum mencapai ketuntasan. Setelah dilakukan tindakan siklus 1 siswa yang mencapai ketuntasan 7 siswa (70%) dan belum tuntas 3 siswa (30%). Setelah tindakan siklus 2, siswa yang mencapai ketuntasan yaitu 9 siswa (90%) dan belum tuntas 1 siswa (10%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran video dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang sumber daya alam.
Kata kunci: Media pembelajaran video, hasil belajar.
IMPROVING THE LEARNING OUTCOMES OF GRADE IV STUDENTS OF SDN SUKASETIA IN SCIENCE SUBJECTS ABOUT NATURAL RESOURCES WITH VIDEO LEARNING MEDIA
ABSTRACT
This research aims to improve the learning outcomes of fourth grade students at SDN Sukasetia in science subjects regarding natural resources. This is done by analyzing and describing the steps and impacts of using video learning media in the learning process and outcomes. This research is a type of Classroom Action Research (PTK) with the research subjects being class IV students at SDN Sukasetia for the 2021/2022 academic year consisting of 5 male students and 5 female students, so the total number is 10 students. Data collection techniques use tests (written evaluation) and observation. The indicator of the success of this research is marked by the increase in student learning outcomes, namely 9 people (90%) of the total number of students achieved learning outcomes above the Minimum Completeness Criteria (KKM). Minimum Completion Criteria for the science subject sub-material "Natural Resources" is 65.00. Before the action was taken, out of 10 students, 4 students had achieved completeness (40%) and 6 students (60%) had not achieved completeness. After carrying out the actions in cycle 1, 7 students (70%) achieved completeness and 3 students (30%) did not complete it. After the 2nd cycle of action, 9 students (90%) achieved completeness and 1 student (10%) did not complete it. The research results show that the use of video learning media can improve student learning outcomes in science subjects about natural resources.
Keywords: Video learning media, learning outcomes.
Referensi
Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Farida Rahmawati, Ragil Idam Widiato Atmojo, 2021 Analisis Media Digital VideoPembelajaran Abad 21Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA, Jurnal Basicedu Volume 5, Nomor 6 Tahun 2021 Halaman 6271-6279
Iru La. 2012. Analisis penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, Dan Model-Model Pembelajaran. Bantul: Multi Presindo
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Mayang Ayu Sunami, Aslam, 2021 Pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting tehadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar,Jurnal Basicedu,Volume 5 Nomor 4 Tahun 2021 Halaman 1940-1945
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Supriatna. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung : UPI PRESS
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Jogjakarta : Pustaka Belajar
Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta Kencna Perdana Media Group
Umar, Aryad. 2007. IPS Terpadu Untuk Sekolah Dasar Kelas 4. Jakarta: Erlangga
Zahrotun. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.