EFEKTIVITAS PEMANFAATAN WEB INTERAKTIF DI LAMAN PORTAL RUMAH BELAJAR KEMENDIKBUD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DI SDN 1 MAPARAH
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pemanfaatan web interaktif di laman portal rumah belajar kemendikbud dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di SDN 1 Maparah. Kemampuan berpikir tingkat tinggi yang di ukur dalam penelitian ini yaitu pada aspek menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan menciptakan (C6). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang kurang, Salah satu penyebabnya yaitu karena pemilihan media pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa tidak dapat memahami materi pembelajaran secara menyeluruh. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan menggunakan non-equivalent design. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebesar 180 siswa dengan jumlah total 6 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas IV sebagai kelas kontrol dan kelas V sebagai kelas eksperimen. Pemilihan sampel tersebut menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data pada penelitian ini yaitu melalui pretest dan posttest pada kedua kelas sampel dan dilakukan satu kali. Adapun temuan umum pada penelitian ini yaitu terdapat peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan berupa penggunaan web interaktif di laman portal rumah belajar kemendikbud. Sementara itu, temuan khusus pada penelitian ini yaitu terdapat peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas eksperimen pada aspek menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), menciptakan (C6) setelah diberikan perlakuan berupa penggunaan web interaktif di laman portal rumah belajar kemendikbud. Berdasarkan hasil temuan umum dan temuan khusus maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan web interaktif di laman portal rumah belajar kemendikbud efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di SDN 1 Maparah.
Kata kunci: Web Interaktif, Pretest-Posttest, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.
THE EFFECTIVENESS OF UTILIZING INTERACTIVE WEB ON THE RUMAH BELAJAR PORTAL PAGE OF THE MINISTRY OF EDUCATION AND CULTURE IN IMPROVING HIGHER ORDER THINKING SKILLS AT SDN 1 MAPARAH
ABSTRACT
This study aims to see the effectiveness of interactive web utilization on the Rumah Belajar Kemendikbud portal page in improving the higher order thinking skills of SDN 1 Maparah students. The higher-order thinking skills measured in this study are in the aspects of analyzing (C4), evaluating (C5), and creating (C6). This study was motivated by the lack of students' higher-order thinking skills, one of which was due to the selection of inappropriate learning media so that students could not understand the learning material thoroughly. This study used a quasi-experimental method using a non-equivalent design. The population in this study were 18- students with a total of 6 classes. The samples used in this study were class IV as the control class and class V as the experimental class. The sample selection used cluster random sampling technique. Data collection in this study was through pretest and posttest in both sample classes and was conducted once. The general finding in this study is that there is an increase in higher order thinking skills in the experimental class after being given treatment in the form of using an interactive web on the Rumah Belajar Kemendikbud portal page. While the specific findings in this study are that there is an increase in the higher-level thinking ability of experimental class students in the aspects of analyzing (C4), evaluating (C5), creating (C6) after being given treatment in the form of using an interactive web on the Rumah Belajar Kemendikbud portal page. Based on the results of general findings and specific findings, it can be concluded that the use of interactive web on the Rumah Belajar Kemendikbud portal page is effective in improving the high order thinking skills of students of SDN 1 Maparah.
Keywords: Interactive Web, Pretest-Posttest, High Order Thinking Skills.
Referensi
Annuuru, T. A., Johan, R. C., & Ali, M. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pelajaran ilmu pengetahuan alam peserta didik sekolah dasar melalui model pembelajaran treffinger. Educational Technologia, 1(2).
Arifin, Zainal. (2014). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Azwar, S. (2012). Reliabiltas dan Validitas. Edisi 4. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Brookhart, Susan. (2010). How To Asses Higher Order Thinking Skill Your Classroom. USA: ASCD Pubs.
Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing. A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Dewantara, P., Kurniawan, A., & Ramlan. (2022). Perancangan Website Interaktif Untuk Memperkenalkan Seni Beladiri Maenpo Cikalongan Kepada Remaja di Cianjur. FAD, 17-17.
Febrina, R. (2016). Konsep pendidikan Menurut ibn khaldūn dan john locke (Bachelor's thesis, Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Renaldo, A. (2022, August). Perancangan Website Interaktif Mengenai Gedung Joang 45 Jakarta. In Seminar Nasional Institut Kesenian Jakarta (IKJ) (Vol. 1, No. 1).
Rahayu, I. I. (2016). Efektivitas pembelajaran kooperatif terhadap kepercayaan diri dalam meningkatkan kemampuan berfikir evaluatif-kreatif pada siswa SMK Islam 1 Durenan Trenggalek (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Ruwaida, H. (2019). Proses kognitif dalam taksonomi bloom revisi: analisis kemampuan mencipta (c6) pada pembelajaran fikih di mi miftahul anwar desa banua lawas. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 51-76.
Rusman. (2012). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer mengembangkan profesionalisme abad 21. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Marlina, B. (2019). Fitur Sumber Belajar Pada Portal Rumah Belajar Kemdikbud Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 12 Tanah Abang. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 6(2).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.