PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGENAI PERKALIAN MELALUI METODE COOPERATIF SCRIPT DI KELAS II SD
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di SD Negeri Pesantunan 04 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes pada pembelajaran matematika melalui peningkatan mengenai perkalian melalui metode Cooperatif Script. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Pesantunan 04 sebanyak 18 anak. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan kondisi awal sebelum tindakan dengan hasil setelah tindakan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dalam ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan. Dalam ranah pengetahuan hasil belajar meningkat dari persentase ketuntasan 39% dengan nilai rata-rata kelas 58,61 menjadi 88% dengan nilai rata-rata kelas 75,00. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran dengan metode Cooperative Scrip memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Peningkatan Belajar Matematika Melalui Metode Cooperatif Script.
IMPROVED MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES
REGARDING MULTIPLICATION THROUGH THE COOPERATIVE SCRIPT METHOD IN GRADE II ELEMENTARY SCHOOL
ABSTRACT
This study aims to improve the learning outcomes of grade II students at SD Negeri Pesantunan 04, Wanasari District, Brebes Regency in mathematics learning through improving multiplication through the Cooperative Script method. The subjects of this study were grade II students of SD Negeri Pesantunan 04 as many as 18 children. Data analysis is carried out using comparative descriptive analysis, which compares the initial conditions before the action with the results after the action. The results showed an increase in learning outcomes in the realm of knowledge, attitudes and skills. In the realm of knowledge, learning outcomes increased from a completion percentage of 39% with an average of 58,61 to 88% with a grade average of 75,00. So it can be concluded that learning with the Cooperative Scrip method has a positive impact on improving the achievement of student learning outcomes.
Keywords: Improvement of Mathematics Learning Through Cooperative Script Method.
Referensi
Arikunto,Suhartini.(2003) Penelitian Tindakan Kelas .Jakarta: Bumi Aksara
Bell-Gredler,M.E. 1996. Learning and Instruction. New York :Macmillan Publishing.
Departemen Pendidikan Nasional , 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : PB.Cipta Jaya.
Departemen Pendidikan Nasional , 2004.Undang-Undang N0 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Balai Pustaka.
Gagne,RM.Briggs,LJ.,andWager,W.W. 1992. Principles of Instructional Design. Orlando: Holt Rinihart and Wiston.
Hopkins . 2011. A Teachers Guide To Classroom Researh. New York: McGrawHill-Open University Pres.
Houston . 2011. Supervisiory and Teacher.Berkeley CA: McCutchan.
Lestari, Eko Puji. 2002. Pengaruh Strategi Pembelajaran Penemuan Terbimbing melalui Diskusi terhapad Peningkatan Pola Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa untuk Pokok Bahasan Dinamika Gerak Lurus.Skripsi.Surabaya :Universitas Negeri Surabaya.
Wiyani. 2011.Penerapan Metode CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Kemuning Lor 01 Arjasa Jember. Jurnal Pendidikan Widya Tama No 21 /2011. Semarang: LPMP.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Lia Widiastuti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.