PENERAPAN MODEL PBL METODE DEMONSTRASI DAN LATIHAN SOAL (DRILL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENENTUKAN SIFAT DAN UNSUR BANGUN RUANG PELAJARAN MATEMΑΤΙΚΑ SD NEGERI JAMASIH 03 SEMESTER 2 KELAS IV KABUPATEN BREBES KECAM

Penulis

  • Muniroh Muniroh

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan materi peserta didik pada pelajaran Matematika di SD Negeri Jamasih 03, khususnya pada Kompetensi Dasar "Menentukan sifat dan unsur bangun ruang, menentukan kesimetrian bangun datar serta menggunakannya dalam pemecahan soal." Peningkatan penguasaan, pemanfaatan, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan tujuan utama pendidikan nasional. Oleh karena itu, guru di SD Negeri Jamasih 03 berusaha melakukan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan prestasi peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SD Negeri Jamasih 03 pada kelas VI. Subjek penelitian adalah 15 peserta didik dengan kemampuan beragam. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan penilaian unjuk kerja. Data tersebut dianalisis secara deskriptif komparatif, membandingkan hasil belajar antara kondisi awal, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran melalui dua siklus mampu meningkatkan penguasaan materi peserta didik. Pada siklus I, terjadi peningkatan nilai rata-rata peserta didik sebesar 9,39 poin dan ketuntasan belajar mencapai 72,72%. Siklus II menunjukkan peningkatan lebih lanjut dengan nilai rata-rata peserta didik naik sebesar 3,28 poin dan ketuntasan belajar mencapai 87,88%. Penerapan metode demonstrasi dan kerja kelompok, serta penggunaan alat peraga, mampu meningkatkan keaktifan peserta didik, respon positif terhadap pembelajaran, dan hasil evaluasi yang memuaskan. Meskipun demikian, penelitian ini mengindikasikan bahwa terus diperlukan upaya perbaikan lebih lanjut untuk mencapai ketuntasan belajar 100%. Diperlukan pembelajaran yang konkret dan memadai sesuai dengan tahap perkembangan operasional konkret peserta didik SD, sesuai dengan teori Jean Piaget.

Kata kunci: peningkatan prestasi, PTK, metode demostrasi, kompetensi dasar.

 

APPLICATION OF THE PBL MODEL DEMONSTRATION METHOD AND PRACTICE QUESTIONS (DRILL) TO IMPROVE STUDENT ACTIVITIES AND LEARNING OUTCOMES IN DETERMINING THE NATURE AND ELEMENTS OF BUILDING A LESSON ROOM MATEMΑΤΙΚΑ SD NEGERI JAMasih 03 SEMESTER 2 CLASS IV BREBES REGENCY SUB-DISTRICT OF DEPENDENCY

 

ABSTRACT

This research is motivated by the low mastery of student material in Mathematics at SD Negeri Jamasih 03, especially in the Basic Competencies "Determining the properties and elements of building spaces, determining the symmetry of flat shapes and using them in problem solving." Improving the mastery, utilization, and development of science and technology is the main goal of national education. Therefore, teachers at SD Negeri Jamasih 03 try to improve learning to improve student achievement. This research was conducted using the Classroom Action Research (PTK) method at SD Negeri Linggapura 04 Tonjong District in class VI. The research subjects were 15 students with diverse abilities. Data collection was done through written tests and performance assessments. The data was analyzed descriptively comparative, comparing learning outcomes between initial conditions, cycle I, and cycle II. The results showed that learning improvement through two cycles was able to improve students' mastery of the material. In cycle I, there was an increase in students' average score by 9.39 points and learning completeness reached 72.72%. Cycle II showed further improvement with the students' average score increasing by 3.28 points and learning completeness reaching 87.88%. The application of the demonstration and group work methods, as well as the use of teaching aids, was able to increase student activeness, positive responses to learning, and satisfactory evaluation results. Nevertheless, this study indicates that further improvement is needed to achieve 100% learning completeness. Concrete and adequate learning is needed according to the concrete operational development stage of elementary school students, in accordance with Jean Piaget's theory.

.

Keywords: achievement improvement, PTK, demonstration method, basic competencies.

 

Referensi

PENERAPAN MODEL PBL METODE DEMONSTRASI DAN LATIHAN SOAL (DRILL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENENTUKAN SIFAT DAN UNSUR BANGUN RUANG PELAJARAN MATEMΑΤΙΚΑ SD NEGERI JAMASIH 03 SEMESTER 2 KELAS IV KABUPATEN BREBES KECAMATAN KETANGGUNGAN

Muniroh

(SD Negeri Jamasih 03)

muniroh09@guru.sd.belajar.id

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan materi peserta didik pada pelajaran Matematika di SD Negeri Jamasih 03, khususnya pada Kompetensi Dasar "Menentukan sifat dan unsur bangun ruang, menentukan kesimetrian bangun datar serta menggunakannya dalam pemecahan soal." Peningkatan penguasaan, pemanfaatan, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan tujuan utama pendidikan nasional. Oleh karena itu, guru di SD Negeri Jamasih 03 berusaha melakukan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan prestasi peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SD Negeri Jamasih 03 pada kelas VI. Subjek penelitian adalah 15 peserta didik dengan kemampuan beragam. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan penilaian unjuk kerja. Data tersebut dianalisis secara deskriptif komparatif, membandingkan hasil belajar antara kondisi awal, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran melalui dua siklus mampu meningkatkan penguasaan materi peserta didik. Pada siklus I, terjadi peningkatan nilai rata-rata peserta didik sebesar 9,39 poin dan ketuntasan belajar mencapai 72,72%. Siklus II menunjukkan peningkatan lebih lanjut dengan nilai rata-rata peserta didik naik sebesar 3,28 poin dan ketuntasan belajar mencapai 87,88%. Penerapan metode demonstrasi dan kerja kelompok, serta penggunaan alat peraga, mampu meningkatkan keaktifan peserta didik, respon positif terhadap pembelajaran, dan hasil evaluasi yang memuaskan. Meskipun demikian, penelitian ini mengindikasikan bahwa terus diperlukan upaya perbaikan lebih lanjut untuk mencapai ketuntasan belajar 100%. Diperlukan pembelajaran yang konkret dan memadai sesuai dengan tahap perkembangan operasional konkret peserta didik SD, sesuai dengan teori Jean Piaget.

Kata kunci: peningkatan prestasi, PTK, metode demostrasi, kompetensi dasar.

APPLICATION OF THE PBL MODEL DEMONSTRATION METHOD AND PRACTICE QUESTIONS (DRILL) TO IMPROVE STUDENT ACTIVITIES AND LEARNING OUTCOMES IN DETERMINING THE NATURE AND ELEMENTS OF BUILDING A LESSON ROOM MATEMΑΤΙΚΑ SD NEGERI JAMasih 03 SEMESTER 2 CLASS IV BREBES REGENCY SUB-DISTRICT OF DEPENDENCY

ABSTRACT

This research is motivated by the low mastery of student material in Mathematics at SD Negeri Jamasih 03, especially in the Basic Competencies "Determining the properties and elements of building spaces, determining the symmetry of flat shapes and using them in problem solving." Improving the mastery, utilization, and development of science and technology is the main goal of national education. Therefore, teachers at SD Negeri Jamasih 03 try to improve learning to improve student achievement. This research was conducted using the Classroom Action Research (PTK) method at SD Negeri Linggapura 04 Tonjong District in class VI. The research subjects were 15 students with diverse abilities. Data collection was done through written tests and performance assessments. The data was analyzed descriptively comparative, comparing learning outcomes between initial conditions, cycle I, and cycle II. The results showed that learning improvement through two cycles was able to improve students' mastery of the material. In cycle I, there was an increase in students' average score by 9.39 points and learning completeness reached 72.72%. Cycle II showed further improvement with the students' average score increasing by 3.28 points and learning completeness reaching 87.88%. The application of the demonstration and group work methods, as well as the use of teaching aids, was able to increase student activeness, positive responses to learning, and satisfactory evaluation results. Nevertheless, this study indicates that further improvement is needed to achieve 100% learning completeness. Concrete and adequate learning is needed according to the concrete operational development stage of elementary school students, in accordance with Jean Piaget's theory.

.

Keywords: achievement improvement, PTK, demonstration method, basic competencies.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles