UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BAGI SISWA KELAS VI NEGERI LINGGAPURA 04 KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstrak
ABSTRAK
Hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri Linggapura 04 dalam pembelajaran Matematika materi Volume Bangun Ruang masih rendah atau belum memenuhi KKM, hal ini disebabkan peserta didik kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran Pembelajaran berpusat pada guru, serta pendukung proses pembelajaran seperti media dan alat peraga kurang mencukupi, ini menyebabkan proses pembelajaran tidak menarik perhatian peserta didik, membosankan, tidak bergairah yang pada akhirnya pembelajaran tidak berhasil atau banyak peserta didik yang belum mencapai nilai KKM. Berdasarkan uraian di atas peneliti berusaha meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika materi Volume Bangun Ruang di kelas VI SD Negeri Linggapura 04. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus yang dilaksanakan pada peserta didik kelas VI SD Negeri Linggapura 04 Tiap-tiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi Pengambilan data dilakukan dengan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. data dilakukan dengan analisis kuantitatif dan kulitatif. Hasil perbaikan pembelajaran menunjukkan peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I maupun siklus II. Demikian halnya dengan hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan yaitu pada kondisi awal hanya 4 siswa (26,67%) yang tuntas belajar, menjadi 7 siswa (46,67%) yang tuntas belajar pada siklus I dan ketuntasan menjadi 14 siswa (93,33%) pada siklus II.
Kata kunci: Model pembelajaran Jigsaw, aktivitas dan hasil belajar Matematika.
EFFORTS TO IMPROVE MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES OF VOLUME MATERIAL BUILD SPACE THROUGH THE APPLICATION OF A JIGSAW TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL FOR GRADE VI STUDENTS OF LINGGAPURA 04 STATE, TONJONG DISTRICT, BREBES REGENCY IN THE FIRST SEMESTER OF THE 2019/2020 ACADEMIC YEAR
ABSTRACT
The learning outcomes of students in class VI SD Negeri Linggapura 04 in learning Mathematics of the material Volume of Space Buildings are still low or have not met the KKM, this is because students are less motivated to participate in teacher-centered learning, as well as supporting the learning process such as media and props are insufficient, this causes the learning process to not attract the attention of students, boring, not passionate which in the end learning is not successful or many students have not reached the KKM score. Based on the description above, the researcher tries to improve the activity and learning outcomes of students through the application of the Jigsaw type learning model. The purpose of this study is to improve the activity and learning outcomes of students in learning Mathematics material on the Volume of Space Buildings in class VI SD Negeri Linggapura 04. The method used in this research is classroom action research method carried out in two cycles carried out on grade VI students of SD Negeri Linggapura 04 Each cycle consists of four stages, namely planning, action, observation, and reflection Data collection is done by observation, learning outcomes tests and documentation. data is done by quantitative and skinative analysis. The results of learning improvement show an increase in student learning activities in cycle I and cycle II. Likewise, student learning outcomes also showed an increase, namely in the initial condition only 4 students (26.67%) who completed learning, to 7 students (46.67%) who completed learning in cycle I and completeness to 14 students (93.33%) in cycle II.
Keywords : Jigsaw learning model, activity and learning outcomes of Mathematics.
Referensi
Anitah W Sri, 2008, Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta Universitas Terbuka
Arikunto 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta Rincka Cipta
Arnis Kamar. 2002. Strategi Pembelajaran.Jakarta. Kencan
Arsyad, Azhar 2009. Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Pers
Depdiknas 2003 Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Jakarta Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Dikdasmen
Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta Rincka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Jamil Suprihatiningrum, 2016. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi, AR-Ruzz Media,
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Dasar, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, 2013. Panduan Teknis Pen
Isjoni (2009). “Cooperative Learning”. Bandung : Alfabeta.ilaian Di Sekolah Dasar: Jakrata-
Lie, Anita (2007). “Cooperative Learning”. Jakarta : Grasindo.
Rokhim, Fathur 2004. Media Pembelajaran. Jakarta Rosdakarya 2006. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada
Siregar, Eveline dan Nara, Hartini. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor Ghalia Indonesia.
Siti Hawa. 2008. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas
Slameto. 1988. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Bina Aksara
Sudjana 2002 Pembinaan dan Pengembangan Kurikulan di Sekolah. Bandung Sinar Baru
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.