PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA TENTANG MENDESKRIPSIKAN KENAMPAKAN LINGKUNGAN ALAM KABUPATEN BREBES SERTA HUBUNGAN DENGAN KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA MELALUI METODE DISKUSI MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD TANGGERAN 02 KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES
Abstrak
ABSTRAK
Masalah yang utama pada perbaikan dan pembelajaran ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Tanggeran 02 pada mata pelajaran IPS materi pokok kenampakan alam lingkungan kabupaten brebes serta hubunganya dengan sosial budaya. Untuk memecahkan masalah ini digunakan metode diskusi. Hasil dari perbaikan menunjukan pada studi awal siswa yang tuntas belajar dengan nilai 7,50 keatas baru 8 siswa, siklus 1 mencapai 15 siswa, siklus II mencapai 20 siswa dari 23 siswa. Dengan demikian penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode ini sangat baikditerapkan pada kelas keci dengan jumlah kelompok sekitar 3 sampai 4 orang, akan tetapi jika kelas besar akan sangat sulit mengontrolnya atau kurang efektif.
Kata kunci: : prestasi belajar, metode diskusi.
INCREASING STUDENT ACHIEVEMENT ABOUT DESCRIBING THE APPEARANCE OF THE NATURAL ENVIRONMENT OF BREBES REGENCY AND THE RELATIONSHIP WITH SOCIO-CULTURAL DIVERSITY THROUGH THE DISCUSSION METHOD OF SOCIAL STUDIES SUBJECTS GRADE IV SD TANGGERAN 02 TONJONG SUB-DISTRICT, BREBES REGENCY
ABSTRACT
The main problem in this improvement and learning is the low learning achievement of 4th grade students of SD Negeri Tanggeran 02 in social studies subject matter of the natural appearance of the Brebes district environment and its relationship with social culture. To solve this problem the discussion method was used. The results of the improvement showed in the initial study of students who completed learning with a score of 7.50 and above only 8 students, cycle 1 reached 15 students, cycle II reached 20 students out of 23 students. Thus the use of the discussion method can improve student learning achievement.
Keywords: learning achievement, discussion method.
Referensi
Syafruddin, 2017. Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, Vol.1, No.1, Februari 2017, hal. 63-73 ISSN 2549-3698 (printed)/ 2549-3701 (online), file:///C:/Users/Hp/Downloads/1384-2680-1-SM.pdf
Syaifu, Bahri, Djamarah, Aswan Zain. Strategi .2006Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk. Meningkatkan Kinerja Guru Dan Dosen. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.
Moh.Uzer Usman dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan. Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Arief, Armai (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Ciputat Pers
Aziz, Erwati, 2003 . Prinsip Prinsip Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka. Setia,
Ahmadi, Abu, Widodo, Supriyono, 1991, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Rineka Cipta
Ni Made Rusmiati (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas VI Melalui Metode Diskusi Kelompok Kecil. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesa VOL. 6 NO. 1 (2022): APRIL. HTTPS://EJOURNAL.UNDIKSHA.AC.ID/INDEX.PHP/JJL/ARTICLE/VIEW/45486
Wardani, I. G. A. K. Warhadit K., & Nasution N. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.