UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR SISWA PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS 2 SD NEGERI PURWODADI 02 DENGAN MEDIA PAPAN PINTAR PERKALIAN

Penulis

  • Eko Hidayat Apriyanto

Abstrak

 

ABSTRAK

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan dasar matematika siswa kelas Salah satu faktor yang menyebabkan kemampuan dasar matematika siswa rendah adalah proses pembelajaran masih menggunakan media konvensional yaitu dengan menggunakan papan tulis dan pembelajaran hanya berpusat kepada guru serta membuat siswa pasif. Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk mengetahui apakah media papan pintar perkalian dapat meningkatkan kemapuan dasar matematika permulaan di kelas II. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan kemampuan kemampuan dasar permulaan siswa kelas II . Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dua siklus dengan jumlah siswa 23 orang, setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil tindakan siklus I diperoleh hasil belajar kemampuan dasar matematika materi perkalian siswa dengan nilai rata-ratanya 69 dengan presentase siswa 36 %. Hasil tindakan siklus II diperoleh hasil belajar kemampuan dasar matematika pada materi perkalian siswa dengan nilai rata-ratanya 78,67 dengan presentase siswa 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran Matematika materi perkalian dengan menggunakan papan pintar perkalian  dapat meingkatkan kemampuan dasar matematika materi perkalian di kelas II SD Negeri Purwodadi 02.

Kata kunci:  papan pintar, matematika, perkalian

 

EFFORTS TO IMPROVE STUDENT LEARNING IN MATHEMATICS LESSONS ON MULTIPLICATION MATERIAL FOR GRADE 2 STUDENTS OF SD NEGERI PURWODADI 02 WITH MULTIPLICATION SMART BOARD MEDIA

 

ABSTRACT

The main problem in this study is the low basic mathematical ability of grade students. One of the factors that causes low students' basic math skills is that the learning process still uses conventional media, namely by using a whiteboard and learning is only teacher-centered and makes students passive. The purpose of the research to be achieved is to find out whether multiplication smart board media can improve the basic proficiency of beginning mathematics in grade II. The variable that is subjected to change in this classroom action research is to improve the basic ability of the beginning of grade II students . This Classroom Action Research was carried out in two cycles with a total of 23 students, each cycle consisting of action implementation planning, observation and reflection. From the results of the first cycle of actions, the results of learning basic mathematical abilities of student multiplication material were obtained with an average score of 69 with a student percentage of 36%. The results of the second cycle of actions obtained the results of learning basic mathematical abilities on student multiplication material with an average score of 78.67 with a student percentage of 90%. Thus, it can be concluded that learning Mathematics multiplication material using a multiplication smart board can improve the basic mathematical ability of multiplication material in grade II SD Negeri Purwodadi 02.

Keywords: smart board, math, multiplication

 

Referensi

A., Prianto P. P & Mikarsa H. L. (2012). Pendidikan Anak di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Afandi, Muhamad, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani, and H. Gunarto. 2013. “Model

Afandi, Muhamad, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani, and H. Gunarto. 2013. “Model

Afandi, Muhamad, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani, and H. Gunarto. 2013. “Model

Akhir, M., Agus, M., & Sanytiara, W. (2021). Pengaruh Penggunaan Media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(1), 9–16. https://etdci.org/journal/AUFKLARUNG/article/view/122.

Antara, I. G. W. ., Sudarma, I. K., & Dibia, I. K. (2020). The Assessment Instrument of Mathematics Learning Outcomes Based on HOTS Toward Two-Dimensional Geometry Topic. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(2), 19–24. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25869.

Antara, I. G. W. S., & Dewantara, K. A. K. (2022). E-Scrapbook: The Needs of HOTS Oriented Digital Learning Media in Elementary Schools. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 71–76. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.48533.

Antara, I. G. W. S., Suma, K., & Parmiti, D. P. (2022). E-Scrapbook: Konstruksi Media Pembelajaran Digital Bermuatan Soal-soal Higher Order Thinking Skills. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.47559

Arikunto, Suharsimi. 2021. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Bandung: Rizqi Press

Budiyono, B. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Kesenian Reog Cemandi di Kabupaten Sidoarjo. JPGSD, 10(3), 531–543. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/46014.

Dan Metode Pembelajaran.” Semarang: Unissula

Dan Metode Pembelajaran.” Semarang: Unissula

Dan Metode Pembelajaran.” Semarang: Unissula

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Faseha, H., Evendi, E., & Nugraha, Y. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Perbandingan Berdasarkan Langkah Polya. Journal of Math Tadris, 1(01), 40–54. https://doi.org/10.55099/jmt.v1i01.7

Hamalik, Omear. 1994. Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya Bakti Sadiman, Arif. (1996). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Soelarko. (1980). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

I.G.A.K Wardani, Kuswaya Wihardit; Noehi Nasution, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2006)hal.1.4

Kamaladini, K., Abd Gani, A., & Sari, N. (2021). Pengembangan Media Papan Edukasi Pintar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedagoria, 1, 93–100

Marfu’ah, I., Julaeha, S., & Solihah, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga pada Materi Pokok Dimensi Tiga terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(2), 48–55. https://doi.org/10.30998/sap.v4i2.4261

Mulyasa. (2017). Peran Guru Dalam Kurikulum 2013. Bandung: Rosda Karya

Muslihuddin (2011). Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas.

Nikmah, I. L., Juandi, D., & Prabawanto, S. (2019). Students’ difficulties on solving mathematical problem based on ESD objectives. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032116

Sanjani, Maulana Akbar. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6 (1), 35-42.

Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. Taufiq,

Wetherington. H.C. and W.H. Walt. Burton. 1986. Teknik-teknik Belajar dan Mengajar. (terjemahan) Bandung: Jemmars.

Yosiva, A., Hendrawan, B., & Pratiwi, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar (PAPIN) dan Katalog Ajaib (KAJIB) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Kaliwalu. Jurnal PGSD, 7(2), 20–26. https://doi.org/10.32534/jps.v7i2.2442

Zuschaiya, D., Wari, E., Agustina, Y., & Lailiyah, S. (2021). Pengaruh kesiapan belajar dan kemampuan berhitung terhadap hasil belajar matematika. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 517–528. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.517-528.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles