UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR SISWA PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS 2 SD NEGERI PURWODADI 02 DENGAN MEDIA PAPAN PINTAR PERKALIAN
Abstrak
ABSTRAK
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan dasar matematika siswa kelas Salah satu faktor yang menyebabkan kemampuan dasar matematika siswa rendah adalah proses pembelajaran masih menggunakan media konvensional yaitu dengan menggunakan papan tulis dan pembelajaran hanya berpusat kepada guru serta membuat siswa pasif. Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk mengetahui apakah media papan pintar perkalian dapat meningkatkan kemapuan dasar matematika permulaan di kelas II. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan kemampuan kemampuan dasar permulaan siswa kelas II . Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dua siklus dengan jumlah siswa 23 orang, setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil tindakan siklus I diperoleh hasil belajar kemampuan dasar matematika materi perkalian siswa dengan nilai rata-ratanya 69 dengan presentase siswa 36 %. Hasil tindakan siklus II diperoleh hasil belajar kemampuan dasar matematika pada materi perkalian siswa dengan nilai rata-ratanya 78,67 dengan presentase siswa 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran Matematika materi perkalian dengan menggunakan papan pintar perkalian dapat meingkatkan kemampuan dasar matematika materi perkalian di kelas II SD Negeri Purwodadi 02.
Kata kunci: papan pintar, matematika, perkalian
EFFORTS TO IMPROVE STUDENT LEARNING IN MATHEMATICS LESSONS ON MULTIPLICATION MATERIAL FOR GRADE 2 STUDENTS OF SD NEGERI PURWODADI 02 WITH MULTIPLICATION SMART BOARD MEDIA
ABSTRACT
The main problem in this study is the low basic mathematical ability of grade students. One of the factors that causes low students' basic math skills is that the learning process still uses conventional media, namely by using a whiteboard and learning is only teacher-centered and makes students passive. The purpose of the research to be achieved is to find out whether multiplication smart board media can improve the basic proficiency of beginning mathematics in grade II. The variable that is subjected to change in this classroom action research is to improve the basic ability of the beginning of grade II students . This Classroom Action Research was carried out in two cycles with a total of 23 students, each cycle consisting of action implementation planning, observation and reflection. From the results of the first cycle of actions, the results of learning basic mathematical abilities of student multiplication material were obtained with an average score of 69 with a student percentage of 36%. The results of the second cycle of actions obtained the results of learning basic mathematical abilities on student multiplication material with an average score of 78.67 with a student percentage of 90%. Thus, it can be concluded that learning Mathematics multiplication material using a multiplication smart board can improve the basic mathematical ability of multiplication material in grade II SD Negeri Purwodadi 02.
Keywords: smart board, math, multiplication
Referensi
A., Prianto P. P & Mikarsa H. L. (2012). Pendidikan Anak di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Afandi, Muhamad, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani, and H. Gunarto. 2013. “Model
Afandi, Muhamad, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani, and H. Gunarto. 2013. “Model
Afandi, Muhamad, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani, and H. Gunarto. 2013. “Model
Akhir, M., Agus, M., & Sanytiara, W. (2021). Pengaruh Penggunaan Media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. AUFKLARUNG: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(1), 9–16. https://etdci.org/journal/AUFKLARUNG/article/view/122.
Antara, I. G. W. ., Sudarma, I. K., & Dibia, I. K. (2020). The Assessment Instrument of Mathematics Learning Outcomes Based on HOTS Toward Two-Dimensional Geometry Topic. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(2), 19–24. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25869.
Antara, I. G. W. S., & Dewantara, K. A. K. (2022). E-Scrapbook: The Needs of HOTS Oriented Digital Learning Media in Elementary Schools. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 71–76. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.48533.
Antara, I. G. W. S., Suma, K., & Parmiti, D. P. (2022). E-Scrapbook: Konstruksi Media Pembelajaran Digital Bermuatan Soal-soal Higher Order Thinking Skills. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.47559
Arikunto, Suharsimi. 2021. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Bandung: Rizqi Press
Budiyono, B. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Kesenian Reog Cemandi di Kabupaten Sidoarjo. JPGSD, 10(3), 531–543. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/46014.
Dan Metode Pembelajaran.” Semarang: Unissula
Dan Metode Pembelajaran.” Semarang: Unissula
Dan Metode Pembelajaran.” Semarang: Unissula
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Faseha, H., Evendi, E., & Nugraha, Y. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Perbandingan Berdasarkan Langkah Polya. Journal of Math Tadris, 1(01), 40–54. https://doi.org/10.55099/jmt.v1i01.7
Hamalik, Omear. 1994. Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya Bakti Sadiman, Arif. (1996). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Soelarko. (1980). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
I.G.A.K Wardani, Kuswaya Wihardit; Noehi Nasution, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2006)hal.1.4
Kamaladini, K., Abd Gani, A., & Sari, N. (2021). Pengembangan Media Papan Edukasi Pintar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedagoria, 1, 93–100
Marfu’ah, I., Julaeha, S., & Solihah, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga pada Materi Pokok Dimensi Tiga terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(2), 48–55. https://doi.org/10.30998/sap.v4i2.4261
Mulyasa. (2017). Peran Guru Dalam Kurikulum 2013. Bandung: Rosda Karya
Muslihuddin (2011). Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas.
Nikmah, I. L., Juandi, D., & Prabawanto, S. (2019). Students’ difficulties on solving mathematical problem based on ESD objectives. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032116
Sanjani, Maulana Akbar. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6 (1), 35-42.
Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. Taufiq,
Wetherington. H.C. and W.H. Walt. Burton. 1986. Teknik-teknik Belajar dan Mengajar. (terjemahan) Bandung: Jemmars.
Yosiva, A., Hendrawan, B., & Pratiwi, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar (PAPIN) dan Katalog Ajaib (KAJIB) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Kaliwalu. Jurnal PGSD, 7(2), 20–26. https://doi.org/10.32534/jps.v7i2.2442
Zuschaiya, D., Wari, E., Agustina, Y., & Lailiyah, S. (2021). Pengaruh kesiapan belajar dan kemampuan berhitung terhadap hasil belajar matematika. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 517–528. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.517-528.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.