PENERAPAN MODEL KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA TENTANG HEWAN DAN LINGKUNGANNYA DIKELAS V SD NEGERI LANGKAP 01
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas berdasarkan permasalahan "Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPA tentang identifikasi hewan terhadap lingkungan untuk mempertahankan hidup pada siswa kelas V SD Negeri Langkap 01 ?". tujuan penelitian adalah menerapkan metode kooperatif untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa SD Negeri Langkap 01 Kecamatan Bumiayu tentang identifikasi hewan. Penelitian dilaksanakan melalui perbaikan pembelajaran di kelas selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus dilaksanakan sesuai prosedur yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Langkap 01 sebanyak 27 anak. Data yang diperoleh berupa hasil observasi kegiatan hasil belajar mengajar dan evaluasi belajar (Tes Formatif). Dari hasil analisis diketahui bahwa prestasi belajar mengalami peningkatan dari studi awal sampai siklus dua Peningkatan digambarkan melalui ketuntasan menunjukan pada studi awal (57,89%), siklus satu (69,70%), siklus dua (80,70%). Simpulan hasil penelitian adalah model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang identifikasi hewan terhadap lingkungan untuk hidup pada siswa kelas V SD Negeri Langkap 01 semester 1 tahun ajaran 2022/2023.
Kata kunci: PTK, IPA, Model Pembelajaran Kooperatif, aktifitas dan hasil belajar.
APPLICATION OF A COOPERATIVE MODEL TO IMPROVE STUDENT ACTIVITIES AND LEARNING OUTCOMES IN SCIENCE LEARNING ABOUT ANIMALS AND THEIR ENVIRONMENT IN CLASS V SD NEGERI LANGKAP 01
ABSTRACT
Classroom Action Research based on the problem "Can the use of cooperative learning models improve the activities and learning outcomes of science about animal identification of the environment to sustain life in grade V students of SD Negeri Langkap 01?". the purpose of the study was to apply cooperative methods to improve the activities and learning outcomes of students of SD Negeri Langkap 01, Bumiayu District on animal identification. The research was carried out through improved learning in the classroom for two cycles, each cycle consisting of two meetings. Each cycle was carried out according to procedures, namely planning, action, observation and reflection. The research subjects were fifth grade students of SD Negeri Langkap 01 as many as 27 children. The data obtained in the form of observation of teaching and learning activities and learning evaluations (Formative Tests). From the analysis, it is known that learning achievement has increased from the initial study to cycle two. The increase is illustrated through the completeness shown in the initial study (57.89%), cycle one (69.70%), cycle two (80.70%). The conclusion of the research is that the cooperative learning model can improve students' activities and learning outcomes in science subjects about animal identification of the environment for life in grade V students of SD Negeri Langkap 01 in the first semester of the 2022/2023 academic year.
Keywords: PTK, Science, Cooperative Learning Model, activities and learning outcomes.
Referensi
Anita Lie. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo
Arikunto, Suharsimi. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi. Aksara
E. Mulyasa, (2006) Menjadi Guru Profesional Menciptakan pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung; Rosda.
Mikarsa, dkk (2003) Pendidikan anak di SD, Jakarta; Universitas terbuka
Mulyani Soemantri, Nana Syaodih (2003) Perkembangan Peserta Didik, Jakarta; UT
Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning.Bandung: Nusa Media.
Sri Anilah, W. (1987). Media Pendidikan (Modul Universitas Terbuka). Jakarta: Depdikbud.
Trianto, Prihantoro Laksmi.2010.Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana
Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Wardani, I.G.A.K, Wihardit K. Nasution, H.N. (2007). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka.
Zaenal Aqib, (2006) Penelitian Tindakan Kelas, Bandung; CV.Y Ramayana
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.