PENERAPAN MODEL KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA TENTANG HEWAN DAN LINGKUNGANNYA DIKELAS V SD NEGERI LANGKAP 01

Penulis

  • Pitriasih

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian Tindakan Kelas berdasarkan permasalahan "Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPA tentang identifikasi hewan terhadap lingkungan untuk mempertahankan hidup pada siswa kelas V SD Negeri Langkap 01 ?". tujuan penelitian adalah menerapkan metode kooperatif untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa SD Negeri Langkap 01 Kecamatan Bumiayu tentang identifikasi hewan. Penelitian dilaksanakan melalui perbaikan pembelajaran di kelas selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus dilaksanakan sesuai prosedur yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Langkap 01 sebanyak 27 anak. Data yang diperoleh berupa hasil observasi kegiatan hasil belajar mengajar dan evaluasi belajar (Tes Formatif). Dari hasil analisis diketahui bahwa prestasi belajar mengalami peningkatan dari studi awal sampai siklus dua Peningkatan digambarkan melalui ketuntasan menunjukan pada studi awal  (57,89%), siklus satu (69,70%), siklus dua (80,70%). Simpulan hasil penelitian adalah model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang identifikasi hewan terhadap lingkungan untuk hidup pada siswa kelas V SD Negeri Langkap 01 semester 1 tahun ajaran 2022/2023.

Kata kunci:  PTK, IPA, Model Pembelajaran Kooperatif, aktifitas dan hasil belajar.

APPLICATION OF A COOPERATIVE MODEL TO IMPROVE STUDENT ACTIVITIES AND LEARNING OUTCOMES IN SCIENCE LEARNING ABOUT ANIMALS AND THEIR ENVIRONMENT IN CLASS V SD NEGERI LANGKAP 01

ABSTRACT

Classroom Action Research based on the problem "Can the use of cooperative learning models improve the activities and learning outcomes of science about animal identification of the environment to sustain life in grade V students of SD Negeri Langkap 01?". the purpose of the study was to apply cooperative methods to improve the activities and learning outcomes of students of SD Negeri Langkap 01, Bumiayu District on animal identification. The research was carried out through improved learning in the classroom for two cycles, each cycle consisting of two meetings. Each cycle was carried out according to procedures, namely planning, action, observation and reflection. The research subjects were fifth grade students of SD Negeri Langkap 01 as many as 27 children. The data obtained in the form of observation of teaching and learning activities and learning evaluations (Formative Tests). From the analysis, it is known that learning achievement has increased from the initial study to cycle two. The increase is illustrated through the completeness shown in the initial study (57.89%), cycle one (69.70%), cycle two (80.70%). The conclusion of the research is that the cooperative learning model can improve students' activities and learning outcomes in science subjects about animal identification of the environment for life in grade V students of SD Negeri Langkap 01 in the first semester of the 2022/2023 academic year.

Keywords: PTK, Science, Cooperative Learning Model, activities and learning outcomes.

 

Referensi

Anita Lie. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo

Arikunto, Suharsimi. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi. Aksara

E. Mulyasa, (2006) Menjadi Guru Profesional Menciptakan pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung; Rosda.

Mikarsa, dkk (2003) Pendidikan anak di SD, Jakarta; Universitas terbuka

Mulyani Soemantri, Nana Syaodih (2003) Perkembangan Peserta Didik, Jakarta; UT

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning.Bandung: Nusa Media.

Sri Anilah, W. (1987). Media Pendidikan (Modul Universitas Terbuka). Jakarta: Depdikbud.

Trianto, Prihantoro Laksmi.2010.Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana

Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Wardani, I.G.A.K, Wihardit K. Nasution, H.N. (2007). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaenal Aqib, (2006) Penelitian Tindakan Kelas, Bandung; CV.Y Ramayana

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles