PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BIDANG DATAR DI SD NEGERI SITANGGAL 02
Abstrak
ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian mengenai Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil bejajar Matematika Materi Bidang Datar di SD Negeri Sitanggal 02. Penelitian dengan menggunakan PTK model Hopkins dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantu media pembelajaran matematika serta penerapan metode demontrasi. Hasilnya setelah dilakukan penelitian selama dua siklus 96% siswa tuntas dengan rata rata klasikal 75, swedngkan keaktifan siswa menunjukan trend semakin tinggi dari mulai pra PTK sampai siklus 2. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model PBL berhasil dalam Pembelajaran matematika dan bisa menuntaskan capaian pembelajaran pada materi bidang datar di SD Neegri Sitanggal 02.
Kata kunci: PBL, Matematika Bidang Datar, PTK.
THE USE OF THE PROBLEM-BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES OF FLAT FIELD MATERIAL IN SD NEGERI SIDATED 02
ABSTRACT
Research has been carried out regarding the use of the Problem Based Learning Model to improve Mathematics learning outcomes on Flat Field Material at the Siangkat 02 Public Elementary School. The research used the Hopkins model PTK using the Problem Based Learning (PBL) learning model with the help of mathematics learning media and the application of the demonstration method. The results after conducting research for two cycles were 96% of students completed with a classical average of 75, while student activity showed an increasingly higher trend from pre-PTK to cycle 2. From the results of this research it can be concluded that the PBL model is successful in learning mathematics and can complete learning outcomes on flat plane material at Neegri Si Date 02 Elementary School.
Keywords: PBL, Flat Field Mathematics, PTK.
Referensi
Masroza, Fitria. 2013. “Prevalensi Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Pauh Padang”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. No. 1 Vol 1 http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu
Ety Mukhlesi Yeni. 2015. Kesulitan belajar matematika di Sekolah Dasar. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar) 2 (2), 2015.
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka
Ngalim Purwanto. 2017. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda. Karya
Sugiyanto.2008. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : UNS Press
Wiratmaja, Rochiati, 2005 . Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosda karya,
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran . Jogjakarta : DIVA Pres.
Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.