PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD NEGERI 02 KALILANGKAP
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar matematika Siswa Kelas 2 SD Negeri Kalilangkap 02 melalui Penerapan Metode Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Metode Demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian derkriptif kuantitatif. Penelitian nini dilakukan di SDN Kalilangkap 02. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas 2 SDN Kalilangkap 02. Data dikumpulkan dengan menggunakan intrumen Lembar kerja siswa, observasi dan tes formatif. Teknis analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil yang didaptkan dalam penelitian ini yaitu menunjukkan pembelajaran Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Metode Demonstrasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (65,00%), siklus II (75,00%), siklus III (85,00%).
Kata kunci: Model pembelajaran, Problem Based Learning, metode demonstrasi, prestasi belajar siswa.
APPLICATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) LEARNING MODEL WITH A DEMONSTRATION METHOD TO IMPROVE STUDENT ACHIEVEMENT OF SD NEGERI 02 KALILANGKAP
ABSTRACT
This study aims to improve mathematics learning achievement of Grade 2 Students of SD Negeri Kalilangkap 02 through the Application of the Problem Based Learning (PBL) Learning Model Method with the Demonstration Method. The research method used is classroom action research with a type of quantitative derivative research. This research was conducted at SDN Kalilangkap 02. The participants of this study were grade 2 students of SDN Kalilangkap 02. Data were collected using student worksheets, observations and formative tests. Technical data analysis using qualitative descriptive. The results obtained in this study show that learning the Problem Based Learning (PBL) Learning Model with the Demonstration Method has a positive impact on improving student achievement which is characterized by an increase in student learning completeness in each cycle, namely cycle I (65.00%), cycle II (75.00%), cycle III (85.00%).
Keywords: Learning models, Problem Based Learning, demonstration methods, student achievement.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2021. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Combs. Arthur. W. 1984. The Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Balai Pustaka.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Felder, Richard M. 1994. Cooperative Learning in Technical Corse, (online), (PclldMy % DocumentCoop % 20 Report.
Gemnafle, Mathias dan J. R. Batlolona. (2021). Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia, 1 (1), 28-42.
Hadi, Sutrisno. 1981. Metodogi Research. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Yoyakarta.
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hudoyo, H. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.
KBBI. 1996. Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.
Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.
Margono, S. 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta.
Mursell, James ( - ). Succesfull Teaching (terjemahan). Bandung: Jemmars.
Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nur, Muhammad. 1996. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Purwanto, N. 1988. Prinsip-prinsip dan Teknis Evaluasi Pengajaran. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Putrayasa, I Nyoman. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Materi Tari Daerah Lain Menggunakan Media Video Youtobe Kelas Xi Smk Negeri 3 Sukawati. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 53-58.
Ratnawati, Etty. (2016). Karakteristik Teori-Teori Belajar dalam Proses Pendidikan (Perkembangan Psikologis dan Aplikasi). Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, 4 (2).
Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sanjani, Maulana Akbar. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6 (1), 35-42.
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya Usaha Nasional.
Sudjana, N dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Surakhmad, Winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahyuni, Dwi. 2001. Studi Tentang Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika. Malang: Program Sarjana Universitas Negeri Malang.
Wetherington. H.C. and W.H. Walt. Burton. 1986. Teknik-teknik Belajar dan Mengajar. (terjemahan) Bandung: Jemmars.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.