PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL SD NEGERI TEMUKEREP 01 BREBES
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian yang berjudul peningkatan hasil belajar matematika tentang bangun ruang dengan menggunakan model Problem based learning.dengantujuan untuk meningkatkatkan capaian pembelajaran sesuai dengan standar yang diiingin kan . Adapun pencapaian yang diharapkan adalah 90% persen sisw bisa mencapai hasil sesuai dengan capaian yang ditentukan untuk bangun ruang kubus adalah rata rata klasikal 75. Dengan capaian sebanyak 85%. Penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan PTK menggunakan model Mc Tagart melalui dua siklus pembelajaran. Hasilnya dengan dua siklus didapatkan capaian mencapai 100% dan rata rata klasikalnya adalah 80,4. Hal ini karena dengan menggunakan PBL dalam pembelajaran menjadikan siswa diajak untuk berpikir dalam menyelesaikan masalah serta diberikan kebebasan untuk mengkontruktiv berdasarkan pemikirian dan pengetahuan siswa. Dalam pembelajaran PBL juga menggunakan media bantu berupa kubus atau balok yang dibuat oleh guru sehingga menjadi alat bantu yang sangat efesien bagi peserta didik. Demikianlah hasil penelitian ini semoga ada manfaatnya bagi yang membaca.
Kata kunci: PBL, PTK, Matematika, bangun ruang.
IMPROVING MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES ABOUT BUILDING SPACE USING THE PBL MODEL OF SD NEGERI TEMUKEREP 01 BREBES
ABSTRACT
The research is entitled improving mathematics learning outcomes about spatial shapes using the problem based learning model, with the aim of increasing learning outcomes in accordance with the desired standards. The expected achievement is that 90% of students can achieve results in accordance with the specified achievement for building a cube, namely a classical average of 75. With an achievement of 85%. Research carried out using PTK uses the Mc Tagart model through two learning cycles. The results obtained with two cycles achieved 100% and the classical average was 80.4. This is because by using PBL in learning, students are invited to think in solving problems and are given the freedom to construct based on students' thoughts and knowledge. PBL learning also uses auxiliary media in the form of cubes or blocks made by the teacher so that it becomes a very efficient tool for students. Thus, we hope that the results of this research will be of benefit to those who read it.
Keywords: PBL, PTK, Mathematics, building space.
Referensi
Sumardjan, Desain Pembelajaran MTK SD Menyenangkan, (Semarang: Formaci Press, 2017),
Suwangsih. E dan Tiurlina (2006), Model Pembelajaran Matematika , UPI Press , Bandung
Isrok'atun, dkk. 2020. Creative Problem Solving dan Disposisi Matematis dalam. Situation-Based Learning. (Sumedang: UPI Sumedang Press).
Annisah, Siti. 2014. Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah. Volume II Nomor 1 Edisi Januari-Juli. Aqib, Zainal. 2011.
Musa, Lisa.( 2018). Alat Peraga Matematika.: Aksara Timur, Makassar
Sumiharsono, Rudy & Hisbiyatul Hasanah. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jawa Timur: CV.Pustaka Abadi.
Sufri Mashuri, 2019. Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Sanjaya. (2007). Metode pembelajaran. Jakarta : Kencana
Asih Widi Wisudawati & Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara
Aris Shoimin. 2018. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Edisi 2018. Ar-Ruzz Media.
Dwi Haryanti Yuyun. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No.2 Edisi Juli 2017
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.