PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL SD NEGERI TEMUKEREP 01 BREBES

Penulis

  • Faizin Faizin

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian yang berjudul peningkatan hasil belajar matematika tentang bangun ruang dengan menggunakan model Problem based learning.dengantujuan untuk meningkatkatkan capaian pembelajaran sesuai dengan standar yang diiingin kan . Adapun pencapaian yang diharapkan adalah 90% persen sisw bisa mencapai hasil sesuai dengan capaian yang ditentukan untuk bangun ruang kubus adalah  rata rata klasikal 75. Dengan capaian sebanyak 85%. Penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan PTK menggunakan model Mc Tagart melalui dua siklus pembelajaran. Hasilnya  dengan dua siklus didapatkan capaian mencapai 100% dan rata rata klasikalnya adalah 80,4. Hal ini karena dengan menggunakan PBL dalam pembelajaran menjadikan siswa diajak untuk berpikir dalam menyelesaikan masalah serta diberikan kebebasan untuk mengkontruktiv berdasarkan pemikirian  dan pengetahuan siswa. Dalam pembelajaran PBL juga menggunakan media bantu berupa kubus atau balok yang dibuat oleh guru sehingga menjadi alat bantu yang sangat efesien bagi peserta didik. Demikianlah hasil penelitian ini semoga ada manfaatnya bagi yang membaca.

Kata kunci: PBL, PTK, Matematika, bangun ruang.

 

IMPROVING MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES ABOUT BUILDING SPACE USING THE PBL MODEL OF SD NEGERI TEMUKEREP 01 BREBES

 

ABSTRACT

The research is entitled improving mathematics learning outcomes about spatial shapes using the problem based learning model, with the aim of increasing learning outcomes in accordance with the desired standards. The expected achievement is that 90% of students can achieve results in accordance with the specified achievement for building a cube, namely a classical average of 75. With an achievement of 85%. Research carried out using PTK uses the Mc Tagart model through two learning cycles. The results obtained with two cycles achieved 100% and the classical average was 80.4. This is because by using PBL in learning, students are invited to think in solving problems and are given the freedom to construct based on students' thoughts and knowledge. PBL learning also uses auxiliary media in the form of cubes or blocks made by the teacher so that it becomes a very efficient tool for students. Thus, we hope that the results of this research will be of benefit to those who read it.

Keywords: PBL, PTK, Mathematics, building space.

 

Referensi

Sumardjan, Desain Pembelajaran MTK SD Menyenangkan, (Semarang: Formaci Press, 2017),

Suwangsih. E dan Tiurlina (2006), Model Pembelajaran Matematika , UPI Press , Bandung

Isrok'atun, dkk. 2020. Creative Problem Solving dan Disposisi Matematis dalam. Situation-Based Learning. (Sumedang: UPI Sumedang Press).

Annisah, Siti. 2014. Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah. Volume II Nomor 1 Edisi Januari-Juli. Aqib, Zainal. 2011.

Musa, Lisa.( 2018). Alat Peraga Matematika.: Aksara Timur, Makassar

Sumiharsono, Rudy & Hisbiyatul Hasanah. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jawa Timur: CV.Pustaka Abadi.

Sufri Mashuri, 2019. Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Sanjaya. (2007). Metode pembelajaran. Jakarta : Kencana

Asih Widi Wisudawati & Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara

Aris Shoimin. 2018. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Edisi 2018. Ar-Ruzz Media.

Dwi Haryanti Yuyun. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No.2 Edisi Juli 2017

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles