INOVASI PEMBELAJARAN: MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE DI SDN KALINUSU 03

Penulis

  • Eros Suci Apriliyanti

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V di SDN Kalinusu 03 melalui penerapan inovatif model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan siklus berulang. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Kalinusu 03. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam motivasi belajar matematika siswa setelah menerapkan model TPS. Penerapan model ini mendorong interaksi siswa, meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran, dan merangsang diskusi aktif antar siswa. Selain itu, siswa melaporkan peningkatan minat dan kepercayaan diri dalam menghadapi pelajaran matematika. Temuan ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan strategi pembelajaran yang efektif dan berdaya guna untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V. Oleh karena itu, model pembelajaran Think Pair Share dapat dianggap sebagai inovasi yang sukses dalam meningkatkan pembelajaran matematika di tingkat SD.

Kata kunci: inovasi pembelajaran, motivasi belajar, matematika, Think Pair Share, penelitian tindakan kelas.

LEARNING INNOVATION: INCREASING MATHEMATICS LEARNING MOTIVATION OF GRADE V STUDENTS WITH THINK PAIR SHARE MODEL AT SDN KALINUSU 03

 

ABSTRACT

This  research aims to evaluate and increase the mathematics learning motivation of class V students at SDN Kalinusu 03 through the innovative application of the Think Pair Share (TPS) learning model. The research method used is classroom action research with repeated cycles. The participants in this research were class V students at SDN Kalinusu 03. Data was collected through observation, interviews and analysis of test results. The research results showed a significant increase in students' mathematics learning motivation after implementing the TPS model. The application of this model encourages student interaction, increases their involvement in the learning process, and stimulates active discussions between students. In addition, students reported increased interest and confidence in facing mathematics lessons. These findings provide a positive contribution to the development of effective and effective learning strategies to increase fifth grade students' motivation to learn mathematics. Therefore, the Think Pair Share learning model can be considered a successful innovation in improving mathematics learning at the elementary school level.

Keywords: learning innovation, learning motivation, mathematics, Think Pair Share, classroom action research.

Referensi

Anantyarta, P. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Berbasis Model Latihan Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 1(01), 48-53.

Dimyati dan Mudjiono. (2013) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Depdiknas. Jakarta https://kbbi.web.id/belajar. Kamus versi online/daring (dalam jaringan) diakses 24/2/2023. Pukul 23.39

Maryatun, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Program Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Strategi Promosi Pemasaran Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2014/2015. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi).

Maslow, A. H. (2017). Motivation and Personality (Motivasi dan Kepribadian). Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Mulyasa. (2017). Peran Guru Dalam Kurikulum 2013. Bandung: Rosda Karya

Purwanto. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Emda, Amna. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. 5 (2), 93-196.

Safira, F. E. Representasi Sejarah Indonesia dalam Kumpulan Cerpen Teh dan Pengkhianat Karya Iksaka Banu: Perspektif Humanisme serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suharni. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. V No. 1, Bulan Desember Tahun 2021 p-ISSN: 2541-V782, e- ISSN : 2580-V4V7. Yogyakarta: Universitas PGRI

Mahmudi, Ibnu. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan dan Konseling Islami. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2).

Wardhani, P. S. N. 2017. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Motivasi belajar dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn.

Takariana, J. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode” Think-Pair-Share” Pada Siswa Kelas IX-G SMPN 1 Karangrejo Kabupaten Magetan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 3(2), 51-57.

Sahrudin, dan Sri Irianti. 2011. Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS). http//www.sriudin.com/2011/07/model-pembelajaran-think-pair-andshare.html. Diakses tanggal 20 April 2012 pukul 16.55

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-23

Terbitan

Bagian

Articles