PENERAPAN MODEL PJBL (Project Base Learning) UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS DALAM PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DI SD NEGERI BULAKELOR 01

Penulis

  • Dhiyah Eko Sulistiowati

Abstrak

 

ABSTRAK

Penelitian yang berjudul penerapan model project base learning untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam perkembangbiakan  tumbuhan di SD Negeri Bulakelor 01 kabupaten Brebes  dilaksanakan dengan menggunakan PTK sebanyak dua siklus  hasilnya menunjukan bahwa pada siklus satu rata rata siswa secara klasikal berada pada nilai 69 dengan rata rata penilaian aktifitas pada saat proses adalah 70 dan 70% produk yang berhasil tumbuh. Sedangkan pada siklus kedua rata rata siswa secara klasikal berada pada nilai 80 dengan rata rata penilaian aktifitas pada saat proses adalah 85 dan penilaian terhadap produk yang berhasil mencapai 100%.  Tingginya keberhasilan disebabkan oleh adanya sunber belajar yang tak terbatas , serta pemanfaatan sumber informasi tak terbatas.

Kata kunci: PjBL, Kreatifitas, Perkembangbiakan, tumbuhan.

 

APPLICATION OF PJBL (Project Base Learning) MODEL TO INCREASE CREATIVITY IN PLANT BREEDING AT SD NEGERI BULAKELOR 01

 

ABSTRACT

The research entitled application of the project based learning model to increase students' creativity in plant propagation at SD Negeri Bulakelor 01 Brebes district was carried out using PTK for two cycles. The results showed that in the first cycle the average student was classically at a score of 69 with an average activity assessment of during the process is 70 and 70% of the product is successfully grown. Meanwhile, in the second cycle, the average student score was classically 80, with the average assessment of activities during the process being 85 and the assessment of successful products reaching 100%. The high level of success is due to the existence of unlimited learning resources, as well as the use of unlimited information sources.PJBL, Creativity, Breeding, plants

Keywords: PjBL, Creativity, Breeding, plants.

 

Referensi

Amirin. (2011). UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization). [Diakses 22 Januari 2014]

Anjarsari, P. (2014). Literasi sains dalam kurikulum dan pembelajaran IPA SMP. Dalam S. N. Hidayat, dkk (penyunting), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2014 (hlm. 602-607). Surabaya : UNESA

Setiadewi, N. P. L. (2019). Kontribusi Konsep Diri Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Mimbar Ilmu, 24(3), 287. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21421

Handayani. 2017. Perbandingan Keefektifan Model Project Based Learning Dan Problem Based Learning Ditinjau Dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains.VoL. 1 No.1-10

DPKP (Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan) Kabupaten Brebes (2023) . https://dpkp.brebeskab.go.id/data-produksi-bawang-merah/

Nurjanah, T., & Esa, Y. M. (2019). Optimalisasi Hasil Belajar IPA Melalui Model Project Based Learning Pada Peserta Didik Kelas IV. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 1, 59–65

Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2)

Munandar,Utami.(2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta:Rineka cipta

Aris Yulianto, A. Fatchan, I Komang Astina. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 448-453.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rhineka Cipta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles