PENERAPAN MODEL PJBL (Project Base Learning) UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS DALAM PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DI SD NEGERI BULAKELOR 01
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian yang berjudul penerapan model project base learning untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam perkembangbiakan tumbuhan di SD Negeri Bulakelor 01 kabupaten Brebes dilaksanakan dengan menggunakan PTK sebanyak dua siklus hasilnya menunjukan bahwa pada siklus satu rata rata siswa secara klasikal berada pada nilai 69 dengan rata rata penilaian aktifitas pada saat proses adalah 70 dan 70% produk yang berhasil tumbuh. Sedangkan pada siklus kedua rata rata siswa secara klasikal berada pada nilai 80 dengan rata rata penilaian aktifitas pada saat proses adalah 85 dan penilaian terhadap produk yang berhasil mencapai 100%. Tingginya keberhasilan disebabkan oleh adanya sunber belajar yang tak terbatas , serta pemanfaatan sumber informasi tak terbatas.
Kata kunci: PjBL, Kreatifitas, Perkembangbiakan, tumbuhan.
APPLICATION OF PJBL (Project Base Learning) MODEL TO INCREASE CREATIVITY IN PLANT BREEDING AT SD NEGERI BULAKELOR 01
ABSTRACT
The research entitled application of the project based learning model to increase students' creativity in plant propagation at SD Negeri Bulakelor 01 Brebes district was carried out using PTK for two cycles. The results showed that in the first cycle the average student was classically at a score of 69 with an average activity assessment of during the process is 70 and 70% of the product is successfully grown. Meanwhile, in the second cycle, the average student score was classically 80, with the average assessment of activities during the process being 85 and the assessment of successful products reaching 100%. The high level of success is due to the existence of unlimited learning resources, as well as the use of unlimited information sources.PJBL, Creativity, Breeding, plants
Keywords: PjBL, Creativity, Breeding, plants.
Referensi
Amirin. (2011). UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization). [Diakses 22 Januari 2014]
Anjarsari, P. (2014). Literasi sains dalam kurikulum dan pembelajaran IPA SMP. Dalam S. N. Hidayat, dkk (penyunting), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2014 (hlm. 602-607). Surabaya : UNESA
Setiadewi, N. P. L. (2019). Kontribusi Konsep Diri Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Mimbar Ilmu, 24(3), 287. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21421
Handayani. 2017. Perbandingan Keefektifan Model Project Based Learning Dan Problem Based Learning Ditinjau Dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains.VoL. 1 No.1-10
DPKP (Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan) Kabupaten Brebes (2023) . https://dpkp.brebeskab.go.id/data-produksi-bawang-merah/
Nurjanah, T., & Esa, Y. M. (2019). Optimalisasi Hasil Belajar IPA Melalui Model Project Based Learning Pada Peserta Didik Kelas IV. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 1, 59–65
Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2)
Munandar,Utami.(2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta:Rineka cipta
Aris Yulianto, A. Fatchan, I Komang Astina. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 448-453.
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rhineka Cipta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.