UPAYA PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGLO 02 MENGGUNAKAN MODEL PBL DENGAN METODE DEMONSTRASI TOPIK PERUBAHAN WUJUD BENDA
Abstrak
ABSTRAK
Setelah Dilaksanakan Penelitian Yang Berjudul Upaya Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Karanglo 02 Menggunakan Model PBL dengan metode demontrasi topik perubahan wujud benda .menggunakanPTL diselesaikan dalam dua siklus pembelajaran . tujuannya untuk menuntaskan capaian pembelajaran. Hasilnya bahwa dengan dua siklus capaian pembelajaran tercapai begitupula dengan aktifitas peserta didik menjadi meningkat dengan cukup besar. Pembelajaran PBL memeberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi seluas luasnya kemudian siswa dituntut aktif berfikir dalam mengkonstruksi setiap pengetahuan yang di,milikinya untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan kehidupan sehari hari. Sehingga hasil yang didapat dari pembelajaran dengan menggunakan PBL inipeserta didik akan semakin cerdas dan kritis serta aktif dalam belajar.
Kata kunci: aktifitas, hasil belajar, PBL, Demontrasi, model Metode.
EFFORTS TO IMPROVE ACTIVITIES AND LEARNING OUTCOMES OF GRADE IV STUDENTS OF SD NEGERI KARANGLO 02 USING THE PBL MODEL WITH A DEMONSTRATION METHOD ON THE TOPIC OF CHANGING THE FORM OF OBJECTS
ABSTRACT
After carrying out research entitled Efforts to Increase Activities and Learning Outcomes of Class IV Students at SD Negeri Karanglo 02 Using the PBL Model with a demonstration method on the topic of changing the shape of objects using PTL, it was completed in two learning cycles. The aim is to complete learning outcomes. The result is that with two cycles learning outcomes have been achieved as well as student activity has increased quite significantly. PBL learning provides students with the opportunity to search for information as widely as possible, then students are required to actively think in constructing any knowledge they have to solve problems related to everyday life. So that the results obtained from learning using PBL will make students more intelligent, critical and active in learning.
Keywords: activities, learning outcomes, PBL, demonstration, method model
Referensi
Amir, Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Linda, T. & Sara, S. (2002). Problems as possibilities: problem-based learning for K–16 education. Alexandria: ASCD
Maggi, S. & Claire H.M. (2004). Foundations of problem-based learning. New York: Open University Press
Muhibbin, Syah. 2000. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sampurno, Agus. 2007. Penerapan Metode Belajar Aktif dan Pembelajaran Berbasis. Proyek. Jakarta: PT Rineka Cipta,
Shahnaz Rayya, 2020. Hakikat dan karakteristik pembelajaran IPA SD.Kompasiana. 7 November 2020 14:17 Diperbarui: 7 November 2020 14:22. https://www.kompasiana.com/shahnazrayya2198/5fa64a1e8ede4819ab130192/hakikat-dan-karakteristik-pembelajaran-ipa
Tan, Oon-Seng. (2003). Problem based learning innovation: Using problems to power learning in the 21st century. Cengage Learning.
Wahidin. (2006). Metode Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Sangga. Buana
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.