UPAYA PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGLO 02 MENGGUNAKAN MODEL PBL DENGAN METODE DEMONSTRASI TOPIK PERUBAHAN WUJUD BENDA

Penulis

  • Dwi Sri Mubarokah

Abstrak

 

ABSTRAK

Setelah Dilaksanakan Penelitian Yang Berjudul Upaya Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Karanglo 02 Menggunakan Model PBL dengan metode demontrasi topik perubahan wujud benda .menggunakanPTL diselesaikan dalam dua siklus pembelajaran . tujuannya untuk menuntaskan  capaian pembelajaran. Hasilnya bahwa dengan dua siklus capaian pembelajaran tercapai begitupula dengan aktifitas peserta didik  menjadi meningkat dengan cukup besar. Pembelajaran PBL memeberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi seluas luasnya kemudian siswa dituntut aktif berfikir dalam mengkonstruksi setiap pengetahuan yang di,milikinya untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan kehidupan sehari hari. Sehingga hasil yang didapat dari pembelajaran dengan menggunakan PBL inipeserta didik akan semakin cerdas dan kritis serta  aktif dalam belajar.

Kata kunci: aktifitas, hasil belajar, PBL, Demontrasi, model Metode.

EFFORTS TO IMPROVE ACTIVITIES AND LEARNING OUTCOMES OF GRADE IV STUDENTS OF SD NEGERI KARANGLO 02 USING THE PBL MODEL WITH A DEMONSTRATION METHOD ON THE TOPIC OF CHANGING THE FORM OF OBJECTS

 

ABSTRACT

After carrying out research entitled Efforts to Increase Activities and Learning Outcomes of Class IV Students at SD Negeri Karanglo 02 Using the PBL Model with a demonstration method on the topic of changing the shape of objects using PTL, it was completed in two learning cycles. The aim is to complete learning outcomes. The result is that with two cycles learning outcomes have been achieved as well as student activity has increased quite significantly. PBL learning provides students with the opportunity to search for information as widely as possible, then students are required to actively think in constructing any knowledge they have to solve problems related to everyday life. So that the results obtained from learning using PBL will make students more intelligent, critical and active in learning.

Keywords: activities, learning outcomes, PBL, demonstration, method model

Referensi

Amir, Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Linda, T. & Sara, S. (2002). Problems as possibilities: problem-based learning for K–16 education. Alexandria: ASCD

Maggi, S. & Claire H.M. (2004). Foundations of problem-based learning. New York: Open University Press

Muhibbin, Syah. 2000. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sampurno, Agus. 2007. Penerapan Metode Belajar Aktif dan Pembelajaran Berbasis. Proyek. Jakarta: PT Rineka Cipta,

Shahnaz Rayya, 2020. Hakikat dan karakteristik pembelajaran IPA SD.Kompasiana. 7 November 2020 14:17 Diperbarui: 7 November 2020 14:22. https://www.kompasiana.com/shahnazrayya2198/5fa64a1e8ede4819ab130192/hakikat-dan-karakteristik-pembelajaran-ipa

Tan, Oon-Seng. (2003). Problem based learning innovation: Using problems to power learning in the 21st century. Cengage Learning.

Wahidin. (2006). Metode Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Sangga. Buana

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles