MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGENAI SOAL CERITA DIKELAS 2 SD NEGERI KEDUNGNENG 01

Penulis

  • Dwi Leli Susanti

Abstrak

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar di kelas 2 Sekolah Dasar Negeri Kedungneng 02 dalam mata Pelajaran matematika mengenai soal cerita. Pra PTK  hanya Sebagian kecil peserta didik yang mampu mencapai hasil belajar sesuai KKM, selain itu  banyak kendala lainnya eperti pembelajaran hanya berpusat pada guru dengan model pembelajaran yang diteraplkan  masih bersifat konvensional (ceramah, tanya jawab), dalam proses pembelajaran siswa cederung pasif dan membosankan. Ketika dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan PBL, siswa lebih menjadi aktif karena adanya dorongan bagi ssiswa untuk mencari sumber belajar yang baru dan tidak hanya disapatkan  dari guru saja. Proses penelitian Tindakan (PTK) melewati dua siklus pembelajatan dimana hasil akhir pada siklus kedua didapatkan . peningkatan sesuai dengan standar KKM yang telah ditentukan .  hasil akhir dari PTK rata rata klasikal adalah 86 dan sebanyak 23 peserta didik dari 24 telah memenuhi sesuai dengan standar KKM yaitu 95.8 % siswa telah tuntas  dalam pembelajaran matematika mengenai soal cerita, sisanya satu orang peserta didik gagal akibat masih kurang lancer dalam membaca, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama Ketika menyelesaikan soal soal  tes..

Kata kunci: PBL, Matematika, PTK, KKM, HOTS.

PBL MODEL TO IMPROVE MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES REGARDING STORY PROBLEMS IN GRADE 2 SD NEGERI KEDUNGNENG 01

 

ABSTRACT

The aim of this research is to improve learning outcomes in class 2 of Kedungneng 02 State Elementary School in the mathematics subject regarding story problems. Pre-PTK only a small percentage of students are able to achieve learning outcomes according to the KKM, apart from that there are many other obstacles such as learning that is only teacher-centred with the learning model applied still being conventional (lectures, questions and answers), in the learning process students tend to be passive and boring. When learning is carried out using PBL, students become more active because there is encouragement for students to look for new learning resources and not only get them from the teacher. The Action Research (PTK) process goes through two learning cycles where the final results in the second cycle are obtained. improvement in accordance with predetermined KKM standards. The final result of the classical PTK average was 86 and as many as 23 students out of 24 had fulfilled the KKM standards, namely 95.8% of students had completed mathematics learning regarding story problems, the remaining one student failed due to still not being fluent in reading, so he needed quite a long time when solving test questions.Keywords: PBL, Mathematics, PTK, KKM, HOTS.

Referensi

Enok Noni Masrinah , Ipin Aripin , Aden Arif Gaffar (2019 ). Program Studi Pendidikan Biologi-FKIP,Universitas Majalengka Email : enoknonny@gmail.com1 , ipin.aripin@unma.ac.id2 , aaghafar@unma.ac.id. PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS . Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019 “Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri 4.0”. 8 Agustus 2019.

Sholihah, Mar’atush (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas VII MTs laboratorium UIN-SU t.p 2017/2018

Ayarsha, R. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika Berdasarkan Kriteria Watson. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif.

Enok, N, M., dkk. (2019). “Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”. Seminar Nasional Pendidikan, 4, hlm. 924-932.

Rerung, N, Iriwi L.S Sinon, Sri Wahyu Widyaningsih (2017 ) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika .Vol 6, No 1 (2017). http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/597.

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles