PENERAPAN METODE INQURY BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI RENGASPENDAWA 04

Penulis

  • Siti Rokhayati

Abstrak

ABSTAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu dampak penggunaan metode inqury based learning pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terhadap peningkatan kualitas dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Rengaspendawa 04. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas dengan urutan kegiatan dimulai dari refleksi hasil pembelajaran, diskusi dengan observer, penyusunan rencana perbaikan, pelaksanaan perbaikan pembelajaran, pengamatan proses pembelajaran, analisis hasil pembelajaran dan kembali pada langkah refleksi. Hasil penerapan metode inqury based learning menunjukan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat dengan skor hasil pengamatan 13 pada Siklus 1  menjadi 15 pada Siklus 2 dengan skor maksimum 16. Demikian juga dengan aspek aktivitas guru yang mengalami perbaikan dari Siklus 1skor pengamatan 31 menjadi 41 pada Siklus 2 dengan skor maksimum 44. Hasil analisis nilai test formatif diperolah data bahwa 84% siswa memperoleh nilai di atas KKM . Rata-rata nilai test formatif meningkat dari 68,67 menjadi 82,33. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan metode inqury based learning dapat meningkatkan prestasi dan kualitas pembelajaran pada siswa kelas IV sekolah dasar.

Kata Kunci : metode inqury based learning, pembelajaran IPS, prestasi belajar

THE APPLICATION OF THE INQURY-BASED LEARNING METHOD IN SOCIAL SCIENCE LEARNING TO IMPROVE THE QUALITY AND LEARNING ACHIEVEMENT OF GRADE IV STUDENTS OF SD NEGERI RENGASPENDAWA 04

 

ABSTAK: This study aims to determine the impact of using the inqury-based learning method on Social Science learning on improving the quality and achievement of grade IV students of SD Negeri Rengaspendawa 04. Research is carried out in the form of Classroom Action Research with a sequence of activities starting from reflection on learning outcomes, discussion with observers, preparation of improvement plans, implementation of learning improvements, observation of the learning process, analysis of learning outcomes and return to the reflection step. The results of the application of the inqury-based learning method showed that student activity in learning increased with an observation score of 13 in Cycle 1 to 15 in Cycle 2 with a maximum score of 16. Likewise, the aspect of teacher activity has improved from Cycle 1 observation score of 31 to 41 in Cycle 2 with a maximum score of 44. The results of the formative test score analysis obtained data that 84% of students obtained scores above KKM. The average formative test score increased from 68.67 to 82.33. Researchers concluded that the use of inqury-based learning methods can improve achievement and quality of learning in grade IV elementary school students.

Keywords : inqury based learning method, social studies learning, learning achievement

Referensi

ABSTAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu dampak penggunaan metode inqury based learning pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terhadap peningkatan kualitas dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Rengaspendawa 04. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas dengan urutan kegiatan dimulai dari refleksi hasil pembelajaran, diskusi dengan observer, penyusunan rencana perbaikan, pelaksanaan perbaikan pembelajaran, pengamatan proses pembelajaran, analisis hasil pembelajaran dan kembali pada langkah refleksi. Hasil penerapan metode inqury based learning menunjukan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat dengan skor hasil pengamatan 13 pada Siklus 1 menjadi 15 pada Siklus 2 dengan skor maksimum 16. Demikian juga dengan aspek aktivitas guru yang mengalami perbaikan dari Siklus 1skor pengamatan 31 menjadi 41 pada Siklus 2 dengan skor maksimum 44. Hasil analisis nilai test formatif diperolah data bahwa 84% siswa memperoleh nilai di atas KKM . Rata-rata nilai test formatif meningkat dari 68,67 menjadi 82,33. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan metode inqury based learning dapat meningkatkan prestasi dan kualitas pembelajaran pada siswa kelas IV sekolah dasar.

Kata Kunci : metode inqury based learning, pembelajaran IPS, prestasi belajar

THE APPLICATION OF THE INQURY-BASED LEARNING METHOD IN SOCIAL SCIENCE LEARNING TO IMPROVE THE QUALITY AND LEARNING ACHIEVEMENT OF GRADE IV STUDENTS OF SD NEGERI RENGASPENDAWA 04

ABSTAK: This study aims to determine the impact of using the inqury-based learning method on Social Science learning on improving the quality and achievement of grade IV students of SD Negeri Rengaspendawa 04. Research is carried out in the form of Classroom Action Research with a sequence of activities starting from reflection on learning outcomes, discussion with observers, preparation of improvement plans, implementation of learning improvements, observation of the learning process, analysis of learning outcomes and return to the reflection step. The results of the application of the inqury-based learning method showed that student activity in learning increased with an observation score of 13 in Cycle 1 to 15 in Cycle 2 with a maximum score of 16. Likewise, the aspect of teacher activity has improved from Cycle 1 observation score of 31 to 41 in Cycle 2 with a maximum score of 44. The results of the formative test score analysis obtained data that 84% of students obtained scores above KKM. The average formative test score increased from 68.67 to 82.33. Researchers concluded that the use of inqury-based learning methods can improve achievement and quality of learning in grade IV elementary school students.

Keywords : inqury based learning method, social studies learning, learning achievement

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-10

Terbitan

Bagian

Articles