PENERAPAN METODE INQURY BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI RENGASPENDAWA 04
Abstrak
ABSTAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu dampak penggunaan metode inqury based learning pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terhadap peningkatan kualitas dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Rengaspendawa 04. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas dengan urutan kegiatan dimulai dari refleksi hasil pembelajaran, diskusi dengan observer, penyusunan rencana perbaikan, pelaksanaan perbaikan pembelajaran, pengamatan proses pembelajaran, analisis hasil pembelajaran dan kembali pada langkah refleksi. Hasil penerapan metode inqury based learning menunjukan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat dengan skor hasil pengamatan 13 pada Siklus 1 menjadi 15 pada Siklus 2 dengan skor maksimum 16. Demikian juga dengan aspek aktivitas guru yang mengalami perbaikan dari Siklus 1skor pengamatan 31 menjadi 41 pada Siklus 2 dengan skor maksimum 44. Hasil analisis nilai test formatif diperolah data bahwa 84% siswa memperoleh nilai di atas KKM . Rata-rata nilai test formatif meningkat dari 68,67 menjadi 82,33. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan metode inqury based learning dapat meningkatkan prestasi dan kualitas pembelajaran pada siswa kelas IV sekolah dasar.
Kata Kunci : metode inqury based learning, pembelajaran IPS, prestasi belajar
THE APPLICATION OF THE INQURY-BASED LEARNING METHOD IN SOCIAL SCIENCE LEARNING TO IMPROVE THE QUALITY AND LEARNING ACHIEVEMENT OF GRADE IV STUDENTS OF SD NEGERI RENGASPENDAWA 04
ABSTAK: This study aims to determine the impact of using the inqury-based learning method on Social Science learning on improving the quality and achievement of grade IV students of SD Negeri Rengaspendawa 04. Research is carried out in the form of Classroom Action Research with a sequence of activities starting from reflection on learning outcomes, discussion with observers, preparation of improvement plans, implementation of learning improvements, observation of the learning process, analysis of learning outcomes and return to the reflection step. The results of the application of the inqury-based learning method showed that student activity in learning increased with an observation score of 13 in Cycle 1 to 15 in Cycle 2 with a maximum score of 16. Likewise, the aspect of teacher activity has improved from Cycle 1 observation score of 31 to 41 in Cycle 2 with a maximum score of 44. The results of the formative test score analysis obtained data that 84% of students obtained scores above KKM. The average formative test score increased from 68.67 to 82.33. Researchers concluded that the use of inqury-based learning methods can improve achievement and quality of learning in grade IV elementary school students.
Keywords : inqury based learning method, social studies learning, learning achievement
Referensi
ABSTAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu dampak penggunaan metode inqury based learning pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terhadap peningkatan kualitas dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Rengaspendawa 04. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas dengan urutan kegiatan dimulai dari refleksi hasil pembelajaran, diskusi dengan observer, penyusunan rencana perbaikan, pelaksanaan perbaikan pembelajaran, pengamatan proses pembelajaran, analisis hasil pembelajaran dan kembali pada langkah refleksi. Hasil penerapan metode inqury based learning menunjukan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat dengan skor hasil pengamatan 13 pada Siklus 1 menjadi 15 pada Siklus 2 dengan skor maksimum 16. Demikian juga dengan aspek aktivitas guru yang mengalami perbaikan dari Siklus 1skor pengamatan 31 menjadi 41 pada Siklus 2 dengan skor maksimum 44. Hasil analisis nilai test formatif diperolah data bahwa 84% siswa memperoleh nilai di atas KKM . Rata-rata nilai test formatif meningkat dari 68,67 menjadi 82,33. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan metode inqury based learning dapat meningkatkan prestasi dan kualitas pembelajaran pada siswa kelas IV sekolah dasar.
Kata Kunci : metode inqury based learning, pembelajaran IPS, prestasi belajar
THE APPLICATION OF THE INQURY-BASED LEARNING METHOD IN SOCIAL SCIENCE LEARNING TO IMPROVE THE QUALITY AND LEARNING ACHIEVEMENT OF GRADE IV STUDENTS OF SD NEGERI RENGASPENDAWA 04
ABSTAK: This study aims to determine the impact of using the inqury-based learning method on Social Science learning on improving the quality and achievement of grade IV students of SD Negeri Rengaspendawa 04. Research is carried out in the form of Classroom Action Research with a sequence of activities starting from reflection on learning outcomes, discussion with observers, preparation of improvement plans, implementation of learning improvements, observation of the learning process, analysis of learning outcomes and return to the reflection step. The results of the application of the inqury-based learning method showed that student activity in learning increased with an observation score of 13 in Cycle 1 to 15 in Cycle 2 with a maximum score of 16. Likewise, the aspect of teacher activity has improved from Cycle 1 observation score of 31 to 41 in Cycle 2 with a maximum score of 44. The results of the formative test score analysis obtained data that 84% of students obtained scores above KKM. The average formative test score increased from 68.67 to 82.33. Researchers concluded that the use of inqury-based learning methods can improve achievement and quality of learning in grade IV elementary school students.
Keywords : inqury based learning method, social studies learning, learning achievement
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Siti Rokhayati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.