PENGGUNAAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Retno Purwanti

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman siswa dalam mempelajari konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan simulasi ubin. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Ihyaul Islam Gunggungan Lor Pakuniran. Metode pengumpulan data adalah observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah mendeskripsikan hasil simulasi dan pengerjaan tes siswa. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa dengan melakukan simulasi ubin siswa dapat menguasai konsep operasi bilangan bulat dengan mudah. Siswa dapat menentukan tindakan apa yang harus dilakukan ketika mendapatkan soal sekaligus merencanakan penyelesaiannya. Belajar dengan simulasi ubin menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan. Siswa dapat mengerjakan tes yang diberikan. Berdasarkan hasil tes terlihat bahwa siswa perempuan lebih teliti dalam menjawab sehingga hasil perhitungan banyak bernilai benar. Sedangkan untuk siswa laki-laki kurang teliti dalam menjawab soal tes yang berakibat kekeliruan dalam menjawab.

Kata Kunci: penjumlahan, bilangan bulat, matematika

USE OF THE CONCEPT OF ADDITION AND SUBTRACTION OF INTEGERS IN ELEMENTARY SCHOOL MATHEMATICS LEARNING

ABSTRACT

This study aims to find out how students understand the concept of addition and subtraction of integers with tile simulation. The approach used is a qualitative approach with the type of descriptive research. The research subjects were fourth grade students of MI Ihyaul Islam Gunggugan Lor Pakuniran. Data collection methods are observation and tests. Analysis of the data used is to describe the results of simulations and student test work. The results of the study found that by doing tile simulation students could master the concept of integer operations easily. Students can determine what action to take when they get a question and plan their solution. Learning with tile simulation makes learning more fun. Students can take the given test. Based on the test results, it can be seen that female students are more thorough in answering so that the results of many calculations are correct. Meanwhile, male students were less thorough in answering test questions which resulted in errors in answering.

Keywords: addition, integer, math

Referensi

Badriyah, B. (2017). Analisis kesalahan dan scaffolding siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan operasi tambah dan kurang bilangan bulat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(1), 50–57.

Batubara, H. H. (2015). Penelitian Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1–12.

Cholily, Y. ., & Rahayu, E. (2018). Pembelajaran Bilangan Bulat dan Operasinya. Prosiding Semnas Pendidikan Matematika, 1.

Dewi, S. R., & Haryanto, H. (2019). Pengembangan multimedia interaktif penjumlahan pada bilangan bulat untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 9. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.3059

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora, 4(2).

Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Journal of Mathematic Education Science and Technology, 2(1), 43–72.

Irawati, T. N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal Gammath, 3(2), 1–7.

Khalid, M., & Embong, Z. (2020). Source and possible causes of errors and misconceptions in operations of integers. IEJME International Electtonic Journal of Mathematics Education, 15(2), 1–13.

Khotimah, S. ., & Risan, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17108

Kurniawati, R. P. (2015). Pembelajaran Matematika Realistik Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum, 5(1), 80–103.

Nahdiyah, F. (2020). Learning By Doing Media Belajar Jam Dinding dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Educreative: Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak, 5(2), 190–196.

Nanang, & Sukandar, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Siswa SDIT Miftahul Ulum Pada Operasi Bilangan Bulat Melalui CAI-Contextual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 71–82. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.627

Nurhaeni, B., Haki Pranata, O., & Respati, R. (2019). Pengaruh Media Kartu Bilangan terhadap Pemahaman Siswa Mengenai Operasi Pengurangan Bilangan Bulat. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 58–67. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-10

Terbitan

Bagian

Articles