UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP SIFAT CAHAYA DAN CERMIN TEMA 5 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN PANDANSARI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstrak
ABSTRAK
Permasalahan yang menyangkut proses pembelajaran mata pelajaran IPA di SD adalah bagaimana menerapkan pembelajaran tematik dengan metode eksperimen, dimana dalam proses pelaksanaannya mengalami kesulitan mempelajari materi sehingga hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih banyak yang memperoleh nilai di bawah KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah mengatasi masalah pembelajaran dan hasil belajar peningkatan hasil belajar konsep sifat-sifat cahaya dan cermin tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 melalui metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN Pandansari semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Adapun model yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah dalam penelitian tindakan kelas. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan saintifik dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek peneliti ini adalah siswa kelas IV SDN Pandansari Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Semester 1 Tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data keterampilan siswa menggunakan tes tertulis, kinerja dan evaluasi tes di akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatan hasil belajar siswa pada materi konsep sifat-sifat cahaya dan cermin pada siswa kelas IV SDN Pandansari, terbukti nilai yang di hasilkan pada siklus II lebih meningkat dibandingkan pada silkus I.
Kata kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Konsep Sifat-sifat Cahaya dan Cermin, Metode Eksperimen.
EFFORTS TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES OF THE CONCEPT OF THE NATURE OF LIGHT AND MIRRORS THEME 5 SUBTHEME 2 LEARNING 1 THROUGH EXPERIMENTAL METHODS ON GRADE IV STUDENTS OF SDN PANDANSARI SEMESTER 1 OF THE 2019/2020 ACADEMIC YEAR
ABSTRACT
The problem regarding the learning process of science subjects in elementary schools is how to apply thematic learning with experimental methods, where in the process of implementation they have difficulty learning the material so that the learning outcomes of students in science subjects still get scores below KKM. The purpose of this study is to overcome learning problems and learning outcomes to improve learning outcomes of the concept of the properties of light and mirrors theme 5 subtheme 2 learning 1 through experimental methods on grade IV students of SDN Pandansari semester 1 of the 2019/2020 academic year. The model applied in this study uses steps in classroom action research. The approach in this study is a scientific approach with a type of classroom action research. The subject of this researcher is a grade IV student of SDN Pandansari, Brebes District, Brebes Regency Semester 1 of the 2019/2020 academic year. Student skill data collection techniques use written tests, performance and test evaluation at the end of learning. The results showed that the application of experimental methods could improve student learning outcomes on the concept material of the properties of light and mirrors in grade IV students of SDN Pandansari, it was proven that the value produced in cycle II increased compared to silkus I.
Keywords: Increased Study Outcomes, Concepts of Light and Mirror Properties, Experimental Methods.
Referensi
Dimyanti. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Wardani Igak. 2011.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka
Buku Guru Tema 5 Subtema 2, Pusat kurikulum dan perbukuan, Balitbang Kemendikbud Tahun 2018
Buku siswa Tema 5Subtema 2, Pusat kurikulum dan perbukuan, Balitbang Kemendikbud 2018
Sutrisno, Leo dan Hery Kresnadi. Kartono 2007. Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Benny A.Pribadi, 2007. Model Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Dian Rakyat.
Wina Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Strategi Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana
Martinis Yamin. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Referensi.
Jamal Ma’mur Asmani. 2009 Tips menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, Inofatif. Jakarta: Diva
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ibnu Hajar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.