UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP SIFAT CAHAYA DAN CERMIN TEMA 5 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN PANDANSARI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Penulis

  • Ibnu Hajar

Abstrak

ABSTRAK

Permasalahan yang menyangkut proses pembelajaran mata pelajaran IPA di SD adalah bagaimana menerapkan pembelajaran tematik dengan metode eksperimen, dimana dalam proses pelaksanaannya mengalami kesulitan mempelajari materi sehingga hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih banyak yang memperoleh nilai di bawah KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah mengatasi masalah pembelajaran dan hasil belajar peningkatan hasil belajar konsep sifat-sifat cahaya dan cermin tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 melalui metode eksperimen pada siswa  kelas IV SDN Pandansari semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Adapun model yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah dalam penelitian tindakan kelas. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan saintifik dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek peneliti ini adalah siswa kelas IV SDN Pandansari Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Semester 1 Tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data keterampilan siswa menggunakan tes tertulis, kinerja dan evaluasi tes di akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatan hasil belajar siswa pada materi konsep sifat-sifat cahaya dan cermin pada siswa kelas IV SDN Pandansari, terbukti nilai yang di hasilkan pada siklus II lebih meningkat dibandingkan pada silkus I.

Kata kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Konsep Sifat-sifat Cahaya dan Cermin, Metode Eksperimen.

EFFORTS TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES OF THE CONCEPT OF THE NATURE OF LIGHT AND MIRRORS THEME 5 SUBTHEME 2 LEARNING 1 THROUGH EXPERIMENTAL METHODS ON GRADE IV STUDENTS OF SDN PANDANSARI SEMESTER 1 OF THE 2019/2020 ACADEMIC YEAR

 

ABSTRACT

The problem regarding the learning process of science subjects in elementary schools is how to apply thematic learning with experimental methods, where in the process of implementation they have difficulty learning the material so that the learning outcomes of students in science subjects still get scores below KKM. The purpose of this study is to overcome learning problems and learning outcomes to improve learning outcomes of the concept of the properties of light and mirrors theme 5 subtheme 2 learning 1 through experimental methods on grade IV students of SDN Pandansari semester 1 of the 2019/2020 academic year. The model applied in this study uses steps in classroom action research. The approach in this study is a scientific approach with a type of classroom action research. The subject of this researcher is a grade IV student of SDN Pandansari, Brebes District, Brebes Regency Semester 1 of the 2019/2020 academic year. Student skill data collection techniques use written tests, performance and test evaluation at the end of learning. The results showed that the application of experimental methods could improve student learning outcomes on the concept material of the properties of light and mirrors in grade IV students of SDN Pandansari, it was proven that the value produced in cycle II increased compared to silkus I.

Keywords: Increased Study Outcomes, Concepts of Light and Mirror Properties, Experimental Methods.

Referensi

Dimyanti. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Wardani Igak. 2011.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka

Buku Guru Tema 5 Subtema 2, Pusat kurikulum dan perbukuan, Balitbang Kemendikbud Tahun 2018

Buku siswa Tema 5Subtema 2, Pusat kurikulum dan perbukuan, Balitbang Kemendikbud 2018

Sutrisno, Leo dan Hery Kresnadi. Kartono 2007. Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Benny A.Pribadi, 2007. Model Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Dian Rakyat.

Wina Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Strategi Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana

Martinis Yamin. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Referensi.

Jamal Ma’mur Asmani. 2009 Tips menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, Inofatif. Jakarta: Diva

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-10

Terbitan

Bagian

Articles