Media Tangga Pintar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas I SD

Penulis

  • Ceria Dewi Haruna

Abstrak

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  positif  media  tangga  pintar terhadap  motivasi  belajar  matematika.  Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian One Group pre-test dan post-test dengan  sampel  peserta  didik  kelas I yang  berjumlah  24  anak. Hasil  penelitian  ini  secara  klasikal  menunjukan  bahwa  rata–rata  nilai post-test peserta didik meningkat setelah menggunakan media pembelajaran tangga pintar dibandingkan dengan rata–rata nilai pre-test. Hal ini terlihat dari 24 siswa 75% berubah menjadi 20,8% yang  mendapat  nilai  dibawah  KKM  dan  25%  berubah  menjadi  79,2%    yang  mendapat nilai  diatas  KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan  pada  penggunaan  media  tangga  pintar  dalam  meningkatkan  motivasi  belajar peserta   didik   pada   pembelajaran   matematika   materi   pengurangan   kelas   I   SD Negeri Slatri 02. Salah satu bentuk media pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah Media Tangga Pintar. Media ini dapat memperlancar pemahaman siswa pada materi tentang operasi pengurangan. Media Tangga Pintar dapat dilakukan secara konkret dan jelas sehingga dapat membantu anak dalam menghadapi pembelajaran metematika.

Kata Kunci: Media Tangga Pintar, Matematika, Motivasi Belajar

Smart Ladder Media to Increase Motivation to Learn Mathematics for Grade I Elementary School Students

 

Abstract

This study aims to determine the positive influence of smart ladder media on motivation to learn mathematics.  The type of research used was quantitative research using the One Group pre-test and post-test research design with a sample of grade I students totaling 24 children. The results of this study classically show that the average post-test score of students increased after using smart ladder learning media compared to the average pre-test score. This can be seen from 24 students, 75% changed to 20.8% who scored below KKM and 25% changed to 79.2% who scored above KKM. Thus, it can be concluded that there is a significant influence on the use of smart ladder media in increasing student motivation in learning mathematics material for grade I reduction material at SD Negeri Slatri 02. One form of mathematics learning media that can improve student learning outcomes is Smart Ladder Media. This media can facilitate students' understanding of the material on subtraction operations. Smart Ladder Media can be done concretely and clearly so that it can help children in dealing with mathematics learning.

Keywords: Smart Ladder Media, Mathematics, Learning Motivation

Referensi

Ananda, Y., & Damri, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Tangga Pintar Bagi Anak Kesulitan Belajar Berhitung Kelas IV di SDN 06 Batang Anai. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1138-1146

Arikunto, S. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi, C. C., & Sitompul, H. (2016). Pengaruh Pemberian Umpan Balik Dan Kemampuan Motorik Terhadap Hasil Belajar Shooting Siswa Smp Negeri Dikecamatan Langsa Kota. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 9(1), 14-25.

Erviana, V. Y., & Muslimah, M. (2019). Pengembangan media pembelajaran tangga pintar materi penjumlahan dan pengurangan kelas I sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(1), 58–68. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i1.23798

Hartatik, S., & Rahayu, D. W. (2018). Inovasi Model Pembelajaran Melalui Permainan Tradisional “Lempar Karet” Untuk Mengajarkan Konsep Perkalian Bagi Siswa Sekolah Dasar. Education and Human Development Journal, 3(2)

Hozainia, H. (2020). Pengembangan Media Petir (Permainan Tangga Pintar) 3d Untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Wiraraja).

Kamsurya, R., & Masnia, M. (2021). Desain Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Konteks Permainan Tradisional Dengklaq Untuk Meningkatkan Keterampilan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 67–73. Https://Doi.Org/10.36312/Jime.V7i4.2368

Lestari, L. W. (2021). Media Tangga Pintar (Smart Stair) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Satuan Alat Ukur. Pemerintahan, Pembangunan, Dan Inovasi Daerah, 3(1), 24–31.

Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Prenadamedia Grup.

Pratama, H., & Yusro, A. C. (2016). Implementasi WhatsApp mobile learning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pokok bahasan Pengenalan Komponen Elektronika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 2(2), 65-69

Suciati, I. (2019). Penggunaan Metode “Satu Gambar, Seribu Kata” Pada Materi Segi Empat. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 9-16.

Suciati, I. (2021). Permainan Ular Tangga Matematika Pada Materi Bilangan Pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-10

Terbitan

Bagian

Articles