Media Tangga Pintar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas I SD
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif media tangga pintar terhadap motivasi belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian One Group pre-test dan post-test dengan sampel peserta didik kelas I yang berjumlah 24 anak. Hasil penelitian ini secara klasikal menunjukan bahwa rata–rata nilai post-test peserta didik meningkat setelah menggunakan media pembelajaran tangga pintar dibandingkan dengan rata–rata nilai pre-test. Hal ini terlihat dari 24 siswa 75% berubah menjadi 20,8% yang mendapat nilai dibawah KKM dan 25% berubah menjadi 79,2% yang mendapat nilai diatas KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media tangga pintar dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi pengurangan kelas I SD Negeri Slatri 02. Salah satu bentuk media pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah Media Tangga Pintar. Media ini dapat memperlancar pemahaman siswa pada materi tentang operasi pengurangan. Media Tangga Pintar dapat dilakukan secara konkret dan jelas sehingga dapat membantu anak dalam menghadapi pembelajaran metematika.
Kata Kunci: Media Tangga Pintar, Matematika, Motivasi Belajar
Smart Ladder Media to Increase Motivation to Learn Mathematics for Grade I Elementary School Students
Abstract
This study aims to determine the positive influence of smart ladder media on motivation to learn mathematics. The type of research used was quantitative research using the One Group pre-test and post-test research design with a sample of grade I students totaling 24 children. The results of this study classically show that the average post-test score of students increased after using smart ladder learning media compared to the average pre-test score. This can be seen from 24 students, 75% changed to 20.8% who scored below KKM and 25% changed to 79.2% who scored above KKM. Thus, it can be concluded that there is a significant influence on the use of smart ladder media in increasing student motivation in learning mathematics material for grade I reduction material at SD Negeri Slatri 02. One form of mathematics learning media that can improve student learning outcomes is Smart Ladder Media. This media can facilitate students' understanding of the material on subtraction operations. Smart Ladder Media can be done concretely and clearly so that it can help children in dealing with mathematics learning.
Keywords: Smart Ladder Media, Mathematics, Learning Motivation
Referensi
Ananda, Y., & Damri, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Tangga Pintar Bagi Anak Kesulitan Belajar Berhitung Kelas IV di SDN 06 Batang Anai. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1138-1146
Arikunto, S. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Dewi, C. C., & Sitompul, H. (2016). Pengaruh Pemberian Umpan Balik Dan Kemampuan Motorik Terhadap Hasil Belajar Shooting Siswa Smp Negeri Dikecamatan Langsa Kota. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 9(1), 14-25.
Erviana, V. Y., & Muslimah, M. (2019). Pengembangan media pembelajaran tangga pintar materi penjumlahan dan pengurangan kelas I sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(1), 58–68. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i1.23798
Hartatik, S., & Rahayu, D. W. (2018). Inovasi Model Pembelajaran Melalui Permainan Tradisional “Lempar Karet” Untuk Mengajarkan Konsep Perkalian Bagi Siswa Sekolah Dasar. Education and Human Development Journal, 3(2)
Hozainia, H. (2020). Pengembangan Media Petir (Permainan Tangga Pintar) 3d Untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Wiraraja).
Kamsurya, R., & Masnia, M. (2021). Desain Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Konteks Permainan Tradisional Dengklaq Untuk Meningkatkan Keterampilan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 67–73. Https://Doi.Org/10.36312/Jime.V7i4.2368
Lestari, L. W. (2021). Media Tangga Pintar (Smart Stair) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Satuan Alat Ukur. Pemerintahan, Pembangunan, Dan Inovasi Daerah, 3(1), 24–31.
Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Prenadamedia Grup.
Pratama, H., & Yusro, A. C. (2016). Implementasi WhatsApp mobile learning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pokok bahasan Pengenalan Komponen Elektronika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 2(2), 65-69
Suciati, I. (2019). Penggunaan Metode “Satu Gambar, Seribu Kata” Pada Materi Segi Empat. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 9-16.
Suciati, I. (2021). Permainan Ular Tangga Matematika Pada Materi Bilangan Pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ceria Dewi Haruna
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.