PENGGUNAAN ALAT PERAGA JAM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PENGUKURAN WAKTU (PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA)
Abstrak
ABSTRAK
Berdasarkan analisis dari hasil mata pelajaran matematika, peneliti perlu melakukan perbaikan pembelajaran untuk mata pelajaran matematika,yaitu melalui Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ).Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Observasi, Tes, dan Studi Dokumentasi. Proses perbaikan pembelajaran persiklus yang dilakukan sesuai dengan rencana perbaikan pembelajaran adalah melalui metode ceramah,latihan, dan unjuk kerja. Menyiapkan sarana dan prasarana penunjang yang dibutuhkan berupa jam.Menentukan teman sejawat sebagai pengamat. Pada siklus 1 pembelajaran matematika dengan tidak menggunakan alat peraga, 3 orang siswa mencapai nilai 75 sedangkan 12 orang belum mencapai nilai 75. Dengan demikian pada siklus yang ke 2 pembelajaran menggunakan alat peraga yaitu menunjukkan sebuah jam. Hasil dari evaluasi siklus ke 2 ada penigkatan nilai memenuhi rata rata batas bawah. Dengan pembelajaran melalui alat peraga langsung,peserta didik sangat termotivasi untuk belajar terutama dalam pembelajaran matematika tentang cara pengukuran jam.Hasil evaluasi terus meningkat,dan hasilnya pun memuaskan.
Kata kunci: matematika; metode penggunaan alat peraga jam; pengukuran waktu
USE OF CLOCK PROPS TO IMPROVE MASTERY OF TIME MEASUREMENT CONCEPTS (IN MATHEMATICS SUBJECTS)
ABSTRACT
Based on the analysis of the results of mathematics subjects, researchers need to make learning improvements for mathematics subjects, namely through Classroom Action Research (PTK). Data collection techniques used in this study are: Observation, Test, and Documentation Study. The process of improving learning cycles carried out in accordance with the learning improvement plan is through lectures, exercises, and performance methods. Prepare the supporting facilities and infrastructure needed in the form of clocks. Define peers as observers. In cycle 1 of mathematics learning by not using teaching aids, 3 students achieved a score of 75 while 12 people had not achieved a score of 75. Thus, in the 2nd cycle of learning using teaching aids, namely showing a clock. The result of the evaluation of the 2nd cycle is an increase in the value of meeting the average lower limit. With learning through direct teaching aids, learners are highly motivated to learn, especially in mathematics learning about how to measure hours. The evaluation results continue to improve, and the results are satisfactory.
Keywords: mathematics; method of using clock props; time measurement
Referensi
Abdul Majid. (2009). Perencanaan Pembelajaran Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Adi, Y. K. & Oktaviani, N. M. (2019). Faktor-faktor penyebab miskonsepsi siswa SD pada materi life processes and living things. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 91-104. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/7988.
Burhan Mustaqim, Ary Astuty. (2008). Ayo Belajar Matematika untuk SD kelas IV Departemen Pendidikan Nasional : Pusat Perbukuan
Drs. Ahmad Thonthowi, Psikologi Pendidikan Penerbit : Angkasa Bandung
Drs. Asep Herry Hermawan, M.Pd., dkk. (2009). Fakultas UPI Bandung, Media Pembelajaran
Drs. Darhim, dkk. (1995). Pendidikan Matematika Jakarta : Universitas Terbuka
Drs. Harun Rasyid, Drs Mansur,M.Pd. (2009). Penilaian Hasil Belajar Bandung : CV Wacana Prima
Drs. Ngalim Purwanto. Psikologi Pendidikan Penerbit Remaja Karya CV Bandung
Drs. Rudi Susilana, M.Si, Cepi Riyana.M.Pd. (2009). Media Pembelajaran CV Wacana Prima
Drs. Uyoh Sadulloh, M.Pd, dkk. (2007). Pedagogik Penerbit : Cipta Utama
Ella Yulaelawati. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Pakar Karya
Mendikbud. (2018). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 37, tahun 2018, tentang perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Muhamad Ramdhan Adi. (2009). Bermain Dengan Matematika. Penerbit PT Sarana Panca Karya
Prof. Dr. H Muhammad Asruri, M.Pd. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Penerbit :CV Wacana Prima
Sardiman, A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta PT Raja Grafindo Persada
Tim pengembang MKPD Kurikulum dan Pembelajaran (2006). Kurikulum dan Pembelajaran Jilid I . Penerbit UPI Press
Udin Syaefudin Sa’ad, M.Pd,Ph.D. Prof. Dr. Abin Syamsuddin Makmun, M.A. (2009). Perencanaan Pembelajaran PT Remaja Rosdakarya : Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
Yogi Kuncoro Adi. (2015). Analisis muatan tematik integratif, scientific approach, dan authentic assessment dalam buku teks kurikulum 2013 kelas II SD tema air bumi dan matahari. Tesis magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Harususilo, Y. E. (2019). 4 Gebrakan merdeka belajar Mendikbud Nadiem, termasuk penghapusan UN!. Diakses tanggal 30 Desember 2019 dari https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/11/13091211/4-gebrakan-merdeka-belajar-mendikbud-nadiem-termasuk-penghapusan-un?page=all.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ikah Atikah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.