PENGGUNAAN ALAT PERAGA JAM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PENGUKURAN WAKTU (PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA)

Penulis

  • Ikah Atikah

Abstrak

 

ABSTRAK

Berdasarkan analisis dari hasil mata pelajaran matematika, peneliti perlu melakukan perbaikan pembelajaran untuk mata pelajaran matematika,yaitu melalui Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ).Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Observasi, Tes, dan Studi Dokumentasi. Proses perbaikan pembelajaran persiklus yang dilakukan sesuai dengan rencana perbaikan pembelajaran adalah melalui metode ceramah,latihan, dan unjuk kerja. Menyiapkan sarana dan prasarana penunjang yang dibutuhkan berupa jam.Menentukan teman sejawat sebagai pengamat. Pada siklus 1 pembelajaran matematika dengan tidak menggunakan alat peraga, 3 orang siswa mencapai nilai 75 sedangkan 12 orang  belum mencapai nilai 75. Dengan demikian pada siklus yang ke 2  pembelajaran menggunakan alat peraga yaitu menunjukkan sebuah jam. Hasil dari evaluasi siklus ke 2 ada penigkatan nilai memenuhi rata rata batas bawah. Dengan pembelajaran melalui alat peraga langsung,peserta didik sangat termotivasi untuk belajar terutama dalam pembelajaran matematika tentang cara pengukuran jam.Hasil evaluasi terus meningkat,dan hasilnya pun memuaskan.

Kata kunci:  matematika; metode penggunaan alat peraga jam; pengukuran waktu

 

USE OF CLOCK PROPS TO IMPROVE MASTERY OF TIME MEASUREMENT CONCEPTS (IN MATHEMATICS SUBJECTS)

 

ABSTRACT

Based on the analysis of the results of mathematics subjects, researchers need to make learning improvements for mathematics subjects, namely through Classroom Action Research (PTK). Data collection techniques used in this study are: Observation, Test, and Documentation Study. The process of improving learning cycles carried out in accordance with the learning improvement plan is through lectures, exercises, and performance methods. Prepare the supporting facilities and infrastructure needed in the form of clocks. Define peers as observers. In cycle 1 of mathematics learning by not using teaching aids, 3 students achieved a score of 75 while 12 people had not achieved a score of 75. Thus, in the 2nd cycle of learning using teaching aids, namely showing a clock. The result of the evaluation of the 2nd cycle is an increase in the value of meeting the average lower limit. With learning through direct teaching aids, learners are highly motivated to learn, especially in mathematics learning about how to measure hours. The evaluation results continue to improve, and the results are satisfactory.

Keywords:  mathematics; method of using clock props; time measurement

Referensi

Abdul Majid. (2009). Perencanaan Pembelajaran Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Adi, Y. K. & Oktaviani, N. M. (2019). Faktor-faktor penyebab miskonsepsi siswa SD pada materi life processes and living things. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 91-104. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/7988.

Burhan Mustaqim, Ary Astuty. (2008). Ayo Belajar Matematika untuk SD kelas IV Departemen Pendidikan Nasional : Pusat Perbukuan

Drs. Ahmad Thonthowi, Psikologi Pendidikan Penerbit : Angkasa Bandung

Drs. Asep Herry Hermawan, M.Pd., dkk. (2009). Fakultas UPI Bandung, Media Pembelajaran

Drs. Darhim, dkk. (1995). Pendidikan Matematika Jakarta : Universitas Terbuka

Drs. Harun Rasyid, Drs Mansur,M.Pd. (2009). Penilaian Hasil Belajar Bandung : CV Wacana Prima

Drs. Ngalim Purwanto. Psikologi Pendidikan Penerbit Remaja Karya CV Bandung

Drs. Rudi Susilana, M.Si, Cepi Riyana.M.Pd. (2009). Media Pembelajaran CV Wacana Prima

Drs. Uyoh Sadulloh, M.Pd, dkk. (2007). Pedagogik Penerbit : Cipta Utama

Ella Yulaelawati. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Pakar Karya

Mendikbud. (2018). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 37, tahun 2018, tentang perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Muhamad Ramdhan Adi. (2009). Bermain Dengan Matematika. Penerbit PT Sarana Panca Karya

Prof. Dr. H Muhammad Asruri, M.Pd. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Penerbit :CV Wacana Prima

Sardiman, A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta PT Raja Grafindo Persada

Tim pengembang MKPD Kurikulum dan Pembelajaran (2006). Kurikulum dan Pembelajaran Jilid I . Penerbit UPI Press

Udin Syaefudin Sa’ad, M.Pd,Ph.D. Prof. Dr. Abin Syamsuddin Makmun, M.A. (2009). Perencanaan Pembelajaran PT Remaja Rosdakarya : Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia

Yogi Kuncoro Adi. (2015). Analisis muatan tematik integratif, scientific approach, dan authentic assessment dalam buku teks kurikulum 2013 kelas II SD tema air bumi dan matahari. Tesis magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Harususilo, Y. E. (2019). 4 Gebrakan merdeka belajar Mendikbud Nadiem, termasuk penghapusan UN!. Diakses tanggal 30 Desember 2019 dari https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/11/13091211/4-gebrakan-merdeka-belajar-mendikbud-nadiem-termasuk-penghapusan-un?page=all.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-10

Terbitan

Bagian

Articles