MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PECAHAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PAMULIAN 01
Abstrak
ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran matematika tentang pecahan melalui penggunaan media gambar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan kelas yang dilakukan pada penelitian ini adalah melakukan perbaikan pembelajaran pada penggunaan media pembelajaran. Tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dengan merefleksi pembelajaran pada siklus 1 untuk perbaikan pada siklus 2. Berdasarkan analisis data hasil penilaian pada siswa menunjukan adanya peningkatan hasil belajar matematika tentang pecahan pada siklus 2. Hal tersebut menjadikan dasar penyimpulan bahwa penggunaan media gambar pada pembelajaran matematika tentang pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Media gambar, hasil belajar, matematika
IMPROVING MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES ABOUT SIMPLE FRACTIONS BY USING IMAGE MEDIA IN GRADE III STUDENTS OF SD NEGERI PAMULIAN 01
ABSTRACT : This study aims to improve mathematics learning about fractions through the use of image media, so as to improve student learning outcomes. The research method used is a descriptive method with a type of research, namely Classroom Action Research (PTK). The class action carried out in this study is to make learning improvements in the use of learning media. Class actions are carried out in 2 (two) cycles by reflecting on learning in cycle 1 for improvement in cycle 2. Based on data analysis of assessment results in students showed an increase in mathematics learning outcomes about fractions in cycle 2. This makes the basis for the conclusion that the use of image media in mathematics learning about fractions can improve student learning outcomes.
Keywords : Image media, learning outcomes, mathematics
Referensi
Amir, Almira. 2016. Penggunaan Media Gambardalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eksakta Volume 2 Nomor 1, 2016
Amnah Sari Hasibuan, 2020. Hubungan Kesiapan Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Taujih. Volume 6 No. 1 Januari-Juni 2020 Hal 37 - 43
Anggraeni Krisda Titis. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 1 SD Negeri Pandeyan Yogyakarta, Skripsi : Universitas Negeri Yogyakarta
Arikunto. Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi.2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2.Jakarta: Bumi Aksara
Herlina, dkk, 2021. Teori Belajar dan Pembelajaran. Klaten : Penerbit Lakeisha
Magdalena, Ina.2021. Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Di SD Negeri 09 Kamal Pagi, PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Volume 3, Nomor 2, Agustus 2021; 334-346 https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Mulyani,Dessy.2013.Konselor Jurnal Ilmiah Konseling
Rusandi dkk, 2019. Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. http://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/aujpsi
Sadiman, Arief S, dkk. 1996. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: Raja Grafindo.
Sugiyono.2011. Statistik Untuk Penelitian.Bandung:Alfabet
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Hernawati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.