PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SD
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I di SD Negeri Limbangan Kulon 01 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes pada pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Limbangan Kulon 01 sebanyak 31 anak yang terdiri dari 17 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan kondisi awal sebelum tindakan dengan hasil setelah tindakan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dalam ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan. Dalam ranah pengetahuan hasil belajar meningkat dari persentase ketuntasan 48% dengan rata-rata 68,87% menjadi 84% dengan rata-rata kelas 82,74%. Sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam tiga ranah yaitu pengetahuan, sikap dan ketrampilan.
Kata kunci: PBL, hasil belajar, pembelajaran matematika kelas 1
APPLICATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MODEL IN IMPROING THE MATHEMATICS LEARNING ACHIEVEMENT OF CLASS 1 STUDENTS OF STATE PRIMARY SCHOOL LIMANGAN KULON 01 KEC. BREBES
ABSTRACT
This research aims to improve the learning outcomes of class I students at SD Negeri Limbangan Kulon 01, Brebes District, Brebes Regency in mathematics learning through the application of the Problem Based Learning (PBL) learning model. The subjects of this research were 31 class I students at SD Negeri Limbangan Kulon 01, consisting of 17 boys and 14 girls. Data analysis was carried out using comparative descriptive analysis, namely comparing the initial conditions before the action with the results after the action. The research results show an increase in learning outcomes in the domains of knowledge, attitudes and skills. In the knowledge domain, learning outcomes increased from a completion percentage of 48% with an average of 68.87 to 84% with a class average of 82.74%. So it can be concluded that the application of the Problem Based Learning learning model can improve student learning outcomes in three domains, namely knowledge, attitudes and skills.
Keywords: PBL, learning outcomes, grade 1 mathematics learning
Referensi
Dihamri, D., Haimah, H., & Srifitriani, A. (2018). Pelatihan penelitian tindakan kelas (ptk) bagi guru sd negeri di kecamatan sukaraja kabupaten seluma. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 2(1), 60-66.
Purnaningsih, W., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Kelas I SD. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 367-375.
Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan hasil belajar menggunakan model problem based Learning (PBL) pada siswa kelas 5 SD. Jartika, 1(2), 99-108.
Utama, K. H., & Kristin, F. (2020). Meta-Analysis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 889-898.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sugiarti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.