PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SD

Penulis

  • Sugiarti

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I di SD Negeri Limbangan Kulon 01 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes pada pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Limbangan Kulon 01 sebanyak 31 anak yang terdiri dari 17 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan kondisi awal sebelum tindakan dengan hasil setelah tindakan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dalam ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan. Dalam ranah pengetahuan hasil belajar meningkat dari persentase ketuntasan 48% dengan rata-rata 68,87% menjadi 84% dengan rata-rata kelas 82,74%. Sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam tiga ranah yaitu pengetahuan, sikap dan ketrampilan.

Kata kunci: PBL, hasil belajar, pembelajaran matematika kelas 1

APPLICATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MODEL IN IMPROING THE MATHEMATICS LEARNING ACHIEVEMENT OF CLASS 1 STUDENTS OF STATE PRIMARY SCHOOL LIMANGAN KULON 01 KEC. BREBES

ABSTRACT

This research aims to improve the learning outcomes of class I students at SD Negeri Limbangan Kulon 01, Brebes District, Brebes Regency in mathematics learning through the application of the Problem Based Learning (PBL) learning model. The subjects of this research were 31 class I students at SD Negeri Limbangan Kulon 01, consisting of 17 boys and 14 girls. Data analysis was carried out using comparative descriptive analysis, namely comparing the initial conditions before the action with the results after the action. The research results show an increase in learning outcomes in the domains of knowledge, attitudes and skills. In the knowledge domain, learning outcomes increased from a completion percentage of 48% with an average of 68.87 to 84% with a class average of 82.74%. So it can be concluded that the application of the Problem Based Learning learning model can improve student learning outcomes in three domains, namely knowledge, attitudes and skills.

Keywords: PBL, learning outcomes, grade 1 mathematics learning

Referensi

Dihamri, D., Haimah, H., & Srifitriani, A. (2018). Pelatihan penelitian tindakan kelas (ptk) bagi guru sd negeri di kecamatan sukaraja kabupaten seluma. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 2(1), 60-66.

Purnaningsih, W., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Kelas I SD. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 367-375.

Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan hasil belajar menggunakan model problem based Learning (PBL) pada siswa kelas 5 SD. Jartika, 1(2), 99-108.

Utama, K. H., & Kristin, F. (2020). Meta-Analysis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 889-898.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-10

Terbitan

Bagian

Articles