PENGGUNAAN METODE TUGAS, KERJA KELOMPOK DAN TANYA JAWAB DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KKM DAN AKTIVITAS SISWA KELAS V DI SD NEGERI DUKUHBADAG KECAMATAN CIBINGBIN KABUPATEN KUNINGAN

Penulis

  • Usep Supriadi

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian mengenai peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas tanya jawab kelas V SD Negeri Dukuhbadag Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan pada mata pelajaran Matematika topik Pecahan dalam Perbandingan dan Skala dengan menggunakan metode penugasan kerja kelompok. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April 2017, yang melatar belakangi penelitian ini adalah hasil belajar siswa sekitar 31,57% masih rendah dan sebagian besar siswa pasif dalam kegiatan pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas melalui dua siklus perbaikan pembelajaran. Data yang dikumpulkan adalah melalui hasil observasi dan evaluasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa nilai rata-rata siswa selama proses perbaikan siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan mencapai 84,21% dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 65 dan selama kegiatan perbaikan pembelajaran keaktifan siswa juga mengalami peningkatan, sehingga pada akhir perbaikan pembelajaran siklus II diperoleh rata-rata dari tiga aspek yang dinilai yakni kerjasama, aktivitas bertanya dan menjawab dengan kategori baik sebesar 47,37%, kategori cukup baik 38,60% dan kurang baik menjadi berkurang yakni 14,04%. Dari hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas dari siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode penugasan kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Dukuhbadag Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan pada mata pelajaran Matematika topik Pecahan dalam Perbandingan dan Skala.

Kata kunci:  Hasil Belajar, Penugasan Kerja Kelompok, Tanya Jawab

THE USE OF GROUP WORK TASK AND QUESTION AND ANSWER METHODS IN LEARNING MATHEMATICS TO IMPROVE KKM AND STUDENT ACTIVITY IN CLASS V AT DUKUHBADAG PUBLIC ELEMENTARY SCHOOL CIBINGBIN SUB-DISTRICT, BRASS DISTRICT

 

ABSTRACT

activities of class V SD Negeri Dukuhbadag Cibingbin District, Kuningan Regency in Mathematics subject on the topic of Fractions in Comparison and Scale by using the group work assignment method. This research has been conducted in April 2017, the background of this research is that student learning outcomes of around 31.57% are still low and most students are passive in learning activities. this research aims to improve student learning outcomes and student activeness in learning activities. The type of research used is classroom action research through two cycles of learning improvement. The data collected is through observation and evaluation results. From the results of the study it was found that the average score of students during the improvement process from cycle I to cycle II increased to 84.21% of the Minimum Completion Criteria value of 65 and during the learning improvement activities student activeness also increased, so that at the end of the learning improvement cycle II the average of the three aspects assessed was obtained, namely cooperation, questioning and answering activities with a good category of 47.37%, a fairly good category of 38.60% and less good to be reduced, namely 14.04%. From the results of the implementation of class action research from cycle I and cycle II, it can be concluded that learning by using the group work assignment method can improve the learning outcomes of grade V students of Dukuhbadag Elementary School, Cibingbin District, Kuningan Regency in Mathematics subjects on the topic of Fractions in Comparison and Scale.

Keywords: Learning Outcomes, Group Work Assignment, Q&A

Referensi

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.

Jakarta PT. Rineka Cipta.

Andayani, 2007, Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi, 1992, Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Karso, dkk. (1993). Dasar-Dasar Pendidikan MIPA. Jakarta : Depdikbud

Sudjana, Nana. (1995). Penilaian Hasil Prosses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya

Sukmadinata, S.N (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suratinah Tirtonegoro. 2001. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-08

Terbitan

Bagian

Articles