PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIC UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Abstrak
ABSTRAK
Dari hasil pengalaman mengajar dan hasil observasi di SD N Kramatsampang 01 Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes proses pendidikan masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga aktivitas siswa terhadap proses pembelajaran rendah, hal tersebut berpengaruh terhadap menurunnya hasil belajar siswa. Berdasarkan kasus tersebut dikembangkan suatu model dengan menggunakan pendekatan Saintific yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Operasi Perkalian Bilangan Bulat kelas VI SD N Kramatsampang 01 yang mana hasil dari beberapa penelitian dapat meningkatkan kompetensi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas 6 SD N Kramatsampang 01 Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 27 siswa, metode pengambilan data menggunakan metode angket, observasi, dan test. Dari analisis data hasil penelitian diketahui bahwa pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 60% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Penerapan Pendekatan Saintific juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dimana pada siklus I aktivitas siswa sebesar 60% meningkat menjadi 90% pada siklus II.
Kata kunci: pendekatan saintific, aktivitas belajar, hasil belajar.
APPLICATION OF A SAINTIFIC APPROACH TO IMPROVE STUDENTS' ACTIVITIES AND LEARNING OUTCOMES IN MATHEMATICS SUBJECTS
ABSTRACT
From the results of teaching experience and observation results at SD N Kramatsampang 01, Kersana District, Brebes Regency, the educational process still uses conventional learning models, so that student activity in the learning process is low, this has an impact on decreasing student learning outcomes. Based on this case, a model was developed using a scientific approach which aims to improve students' activities and learning outcomes in the 6th grade Integer Multiplication Operations material at SD N Kramatsampang 01, where the results of several studies can increase competence. This type of research is Classroom Action Research which uses two cycles with the research subjects being 6th grade students at SD N Kramatsampang, Kersana District, Brebes Regency for the 2023/2024 academic year, totaling 27 students, the data collection method uses questionnaires, observation and tests. From the analysis of research data, it is known that in cycle I the average value of student learning outcomes was 60%, increasing to 90% in cycle II. The application of the Scientific Approach can also increase student learning activity, where in cycle I student activity was 60%, increasing to 90% in cycle II.
Keywords: scientific approach, learning activities, learning outcomes.
Referensi
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Pt Rineka Cipta
Darsono, Max. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : Penerbit IKIP Semarang Press.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta : Penerbit Gava Media.
Fauziah, Resti. 2014. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. INVOTEC, IX (2), hlm. 165-178.
Huda, Miftahul. 2015. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Penerbit PT Bumi Aksara.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.
Komara, Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung : Penerbit PT Refika Aditama.
Machin, Achmad. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (1), hlm. 28-35.
Sadirman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Penerbit Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2010).Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Penerbit Kencana Prenada Media Group.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Philipus Wisnu Hari P
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.