UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA KONKRET
Abstrak
ABSTRAK
Prestasi belajar peserta didik kelas I SD Negeri Bentarsari 05 dalam pembelajaran Matematika tentang waktu masih rendah atau belum memenuhi KKM, hal ini disebabkan peserta didik kurang termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Pembelajaran berpusat pada guru, serta pendukung proses pembelajaran seperti media dan alat peraga kurang mencukupi, ini menyebabkan proses pembelajaran tidak menarik perhatian peserta didik, membosankan, tidak bergairah yang pada akhirnya pembelajaran tidak berhasil atau banyak peserta didik yang belum mencapai nilai KKM. Berdasarkan uraian di atas peneliti berusaha meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan media konkret. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika tentang waktu di kelas I SD Negeri Bentarsari 05 Kecamatan Salem Kabupaten Brebes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus yang dilaksanakan pada peserta didik kelas I SD Negeri Bentarsari 05 Kecamatan Salem Kabupaten Brebes. Tiap-tiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif dan kulitatif. Hasil perbaikan pembelajaran menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada siklus I maupun siklus II. Demikian halnya dengan hasil belajar siswa telah menunjukkan peningkatan yaitu pada pra siklus hanya 10 siswa (55,56%) yang tuntas belajar, menjadi 13 siswa (72,22%) yang tuntas belajar pada siklus I dan ketuntasan menjadi 16 siswa (88,88%).
Kata kunci: Media konkret dan hasil belajar Matematika.
EFFORTS TO IMPROVE MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES WITH THE USE OF ABSTRACT CONCRETE MEDIA
The learning achievement of grade I students of SD Negeri Bentarsari 05 in learning Mathematics about time is still low or has not met the KKM, this is because students are less motivated to follow the learning process. Teacher-centered learning, as well as supporting the learning process such as media and teaching aids are insufficient, this causes the learning process not to attract the attention of students, boring, not passionate which in the end learning is not successful or many students have not reached the KKM score. Based on the description above, researchers try to improve the motivation and learning outcomes of students through the use of concrete media. The purpose of this study was to improve the motivation and learning outcomes of students in learning Mathematics about time in grade I SD Negeri Bentarsari 05, Salem District, Brebes Regency. The method used in this study is a classroom action research method carried out in two cycles carried out on grade I students of SD Negeri Bentarsari 05, Salem District, Brebes Regency. Each cycle consists of four stages: planning, action, observation, and reflection. Data collection is carried out by observation, learning outcomes tests and documentation. Data analysis is carried out by quantitative and cutative analysis. The results of learning improvement show an increase in student activity and learning outcomes in cycle I and cycle II. Similarly, student learning outcomes have shown an increase, namely in the pre-cycle only 10 students (55.56%) completed learning, to 13 students (72.22%) who completed learning in the first cycle and completeness to 16 students (88.88%).
Keywords: Concrete media and learning outcomes of Mathematics.
Referensi
Anitah W Sri, 2008, Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta : Universitas Terbuka.
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning)
Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Dikdasmen.
Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Algesindo.
Hamalik, Oemar. 2011. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Dasar, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, 2013. Panduan Teknis Penilaian Di Sekolah Dasar : Jakrata: -
Rokhim, Fathur. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Rosdakarya.
Sanjaya. 2006. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Siregar, Eveline dan Nara, Hartini. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto. 1988. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Bina Aksara.
Sudjana. 2002. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru.
Syah, Muhibin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: rajawali Pers.
Winkel, W.S. 1989. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Iipriyati Murlaeli
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.